Skip to main content

Metode KTBK

 

Metode KTBK merupakan metode penggalian Alkitab yang dilakukan dalam kelompok-kelompok yang diberi nama KTBK atau Kelompok Temu Belajar Kontekstual. Dalam proses penggalian Alkitab, metode ini menggunakan seri bahan-bahan yang sudah dipersiapkan lebih dulu yang akan memandu Anda belajar kitab suci, di antaranya:

  1. Seri Jalan Kebenaran
  2. Seri KTB Kontekstual
  3. Seri Pelajaran Alkitab Mengenai Kehidupan Kristen
  4. Seri Pelajaran-pelajaran Dasar Kehidupan Kristen, dan
  5. Seri Tongkat Gembala

Adapun prinsip dalam penggalian Alkitab menggunakan metode ini ada delapan yaitu:

  1. Berdoalah terlebih dahulu untuk setiap pelaksanaan KTBK. Mohon pimpinan Roh Kudus agar menerangi Firman-Nya.
  2. Rencanakanlah pelaksanaan persekutuan KTBK secara teratur 1x dalam seminggu. Gunakan waktu 2 jam untuk setiap pertemuan KTBK. Pujian, Penyembahan, dan doa selama 20 menit, PA Induktif 60 menit dan 40 menit untuk Diskusi, Aksi, dan Evaluasi serta Doa.
  3. Pelajarilah terlebih dahulu bahan yang akan dibahas dalam KTBK. Hal ini akan mendukung terciptanya interaksi dan komunikasi timbal balik dalam setiap persekutuan KTBK.
  4. Aktiflah dalam membahas materi KTBK dengan bekerja-sama antara anggota secara seimbang dengan pemimpin demi tercapainya tujuan setiap pertemuan KTBK.
  5. Disiplinlah dalam waktu pelaksanaan tepat mulai dan tepat mengakhiri. Disiplinlah dalam ketaatan melaksanakan aksi yang ditugaskan berdasarkan kasih Kristus.
  6. Kasihilah rekan anggota KTBK dengan saling menasehati, membangun, menegor, mengontrol, dan mendoakan supaya semua menjadi dewasa dalam Kristus.
  7. Kembangkanlah KTBK baru. Setelah selesai KTBK ini mulailah memimpin KTBK baru dengan bahan yang sudah dipahami agar berlipat ganda.
  8. Koordinirlah semua anggota KTBK. Pemimpin berperan secara fungsional dan jadilah Pendorong bagi semua anggota KTB untuk berpartisipasi secara aktif dalam setiap persekutuan.

Untuk memahami lebih jauh metode KTBK dan mendapatkan bahan-bahanya secara lengkap, silahkan Anda mengunjungi situs berikut.

Beberapa informasi tambahan mengenai Metode ini, antara lain: Mengenal KTB Kontekstual, Prinsip dan bahan KTBK, Struktur umum bahan KTBK.

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!