Skip to main content

Menafsirkan Majas

Persoalan
  • Ini adalah salah satu kemampuan yang paling disalahpahami dalam menafsirkan Alkitab.
  • Saat Yesus berkata, "Akulah pintu", apakah Dia benar-benar bermaksud seperti itu?
  • Tidak. Tentu saja Dia tidak bermaksud bahwa Dia punya gagang dan engsel.
  • Namun, Dia benar-benar bermaksud kalau Dia adalah pintu menuju Allah.
  • Ketika Anda berbicara tentang realita spiritual, Anda harus memakai analogi realita fisik.
  • Allah tidak berada di satu tempat sehingga kita tidak dapat berharap ada sebuah pintu fisik yang akan menuntun kepada-Nya. Namun, seperti kita juga membutuhkan pintu-pintu untuk masuk ke berbagai ruangan, dan perlu tahu di mana mereka serta pintu mana yang benar, Yesus memberi tahu kita bahwa Dialah pintu menuju Allah, itu benar dan penting.
  • Ketika seorang penulis atau pembicara merujuk ke sesuatu yang tidak bisa dirasakan secara langsung oleh pancaindra, penulis akan memakai majas.
  • Ada banyak tipe yang berbeda-beda dan belajar mengenali dan menafsirkan mereka adalah kemampuan yang sangat penting.
  • Pelajari secara mendalam daftar di bawah ini agar Anda dapat dengan mudah mengenali majas yang paling umum.

 

Solusi

  1. Kenalilah fakta bahwa penulis menggunakan majas.
  2. Tentukan tipe bahasa kiasan yang dipakai.
  3. Tafsirkan apa maksud penulis melalui majas tertentu yang dipakai.
  4. Terjemahkan bahasa kiasan (figuratif) menjadi bahasa non-figuratif.

(Arthur, Kay. How to Study Your Bible. 1994)

Sumber

(Catatan: Materi di bawah ini telah dimodifikasi secara ekstensif dari catatan dari Rod Jamison yang didasarkan pada sebuah kelas yang diambil di Biblical Theological Seminary)

Tautan lain:

  • Sistem kategorisasi majas yang diperinci secara ekstrem
  • Daftar majas disertai beberapa contoh
  • Diskusi teknis panjang disertai contoh-contoh
  • Lembar kerja dengan beberapa contoh
  • Artikel pendek disertai contoh-contoh
  • Penjelasan 8 majas
  • Majas dalam puisi Robert Frost
  • Contoh menarik yang tidak alkitabiah
  • Visualisasi menawan dari hubungan majas

Daftarnya

  • Simile
  • Metafora
  • Metonimia
  • Sinekdoke
  • Personifikasi
  • Eufemisme
  • Apostrof
  • Litotes
  • Hiperbola
  • Ironi
  • Simbol
  • Fabel
  • Perumpamaan
  • Alegori

Simile

Majas yang mana ada dua hal yang secara esensi berbeda dibandingkan, terkadang di dalam frasa ditampilkan dengan "like" atau "as" (seperti), seperti di dalam "How like the winter hath my absence been (Seperti musim dingin memiliki ketidakhadiranku)" atau "So are you to my thoughts as food to life (Betapa dirimu untuk pikiranku seperti makanan untuk hidup)" (Shakespeare).

- Amos 2:9 (AYT)

"Akulah yang membinasakan orang Amori di hadapan mereka, yang tingginya seperti tinggi pohon Aras dan kuatnya seperti pohon Tarbantin. Namun, Aku telah membinasakan buah yang di atas dan akar-akar yang di bawah."

- Yesaya 53:6 (AYT)

"Kita semua seperti domba yang tersesat, setiap orang mengambil jalan mereka sendiri. Akan tetapi, TUHAN telah membebankan ke atasnya seluruh kejahatan kita."

- Lukas 13:34 (AYT)

"Yerusalem, Yerusalem! Kamu membunuh para nabi dan merajam orang yang diutus kepadamu! Berulang kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam yang mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya. Akan tetapi, kamu tidak mau."

- Yeremia 23:29 (AYT)

"Bukankah firman-Ku seperti api?" firman TUHAN, "dan seperti palu yang menghancurkan batu berkeping-keping?"

- Wahyu 1:14-15 (AYT)

"Kepala dan rambut-Nya putih seperti bulu domba, seputih salju; dan mata-Nya seperti nyala api. Kaki-Nya mengilap seperti tembaga yang membara dalam perapian dan suara-Nya seperti gemuruh air bah."

- Mazmur 42:1 (AYT)

"Seperti rusa yang rindu akan aliran-aliran sungai, begitu juga jiwaku terhadap Engkau, ya Allah."

Metafora

Membandingkan dua benda dan memberikan poin kesamaannya, tetapi berbeda dengan simile yang perbandingannya tidak dibuat eksplisit (formal) dengan pemakaian kata "seperti" atau "sebagai". Sebaliknya, perbandingannya dibiarkan implisit (langsung). Dua benda yang dibandingkan ternyata disamakan.

- Yesaya 56:10 (AYT)

"Para penjaganya buta, mereka semua tidak tahu apa-apa. Mereka semua adalah anjing bisu, tidak dapat menggonggong. Mereka berbaring, berkhayal, dan suka tidur." (Para penjaga ini bukanlah kawanan anjing, tetapi lebih kepada karena mereka tidak berguna.)

- Matius 10:6 (AYT)

"melainkan pergilah kepada domba-domba yang tersesat dari antara umat Israel." (Para murid tidak sedang pergi ke kawanan domba di Israel, tetapi ke orang-orang yang diibaratkan seperti domba.)

- 1 Yohanes 1:5 (AYT)

"Inilah berita yang sudah kami dengar tentang Dia dan kami sampaikan kepadamu, yaitu Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan." (Allah bukanlah lampu, tetapi diibaratkan seperti terang di beberapa konteks)

- Yohanes 15:5 (AYT)

"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya." (Yesus adalah orang dan bukan pohon anggur, tetapi relasi dengan Dia diibaratkan seperti pohon anggur dan ranting.)

Perbandingan

Metonimia

me.to.ni.mia (métonimia)

Majas yang mana satu kata atau frasa diganti dengan kata atau frasa lain yang punya kaitan erat, seperti pemakaian Washington untuk pemerintahan Amerika Serikat.

Relasi asosiatif ini mungkin saja sementara, spasial, atau logis. Kata pena (kata tertulis) lebih berkuasa dari pedang (kekerasan).

- Lukas 16:29 (AYT)

"Namun, Abraham berkata, 'Mereka mempunyai Hukum Musa dan kitab para nabi, biarlah mereka mengetahui dari semuanya itu.'" (Musa dan para nabi melambangkan kitab-kitab Perjanjian Lama)

- Roma 3:30 (AYT)

"sebab Allah adalah satu yang akan membenarkan orang-orang yang bersunat karena iman, dan yang tidak bersunat melalui iman." (bersunat: bangsa Yahudi, tidak bersunat: bangsa non-Yahudi)

- 1 Korintus 11:26 (AYT)

"Sebab, setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang." (Anda tidak meminum cawannya, tetapi isi dari cawan itu.)

Sinekdoke

si.nek.do.ke /sinékdoké/

Majas yang mana suatu bagian dipakai untuk menggantikan keseluruhan (misalnya: tangan untuk menggantikan penjahit), keseluruhan untuk menggantikan bagiannya (misalnya: hukum untuk menggantikan petugas kepolisian), sesuatu yang khusus untuk menggantikan yang umum (misalnya: kejam/mematikan untuk menggantikan pembunuh), yang umum untuk menggantikan yang khusus (misalnya: pencuri untuk menggantikan pencopet), atau bahan sebagai pengganti nama barang yang terbuat dari bahan itu (misalnya: besi untuk menggantikan pedang).

- Kejadian 42:38 (AYT)

Dia berkata, "Anakku tidak akan turut bersamamu sebab kakaknya sudah mati, dan tinggal dia sendiri. Jika kejahatan menimpanya di jalan yang kamu lewati, kamu akan menurunkan aku yang beruban ini dalam dukacita ke dunia orang mati." (aku yang beruban = seluruh tubuh Yakub)

- Lukas 10:23 (AYT)

"Kemudian, Yesus berpaling kepada murid-murid-Nya dan berbicara kepada mereka secara pribadi, "Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat, ...."

- Kisah Para Rasul 5:9 (AYT)

Kemudian Petrus berkata kepadanya, "Mengapa kamu dan suamimu bersepakat bersama untuk mencobai Roh Tuhan? Lihat, jejak-jejak kaki orang yang telah mengubur suamimu masih ada di depan pintu dan mereka juga akan mengusungmu ke luar."

Metonimia vs Sinekdoke

- Metonimia: hubungan erat

+ Gedung Putih berkata: Presiden berkata

- Sinekdoke: satu bagian untuk semua atau semua untuk satu bagian

+ Beri aku uluran tangan: Anda sebenarnya menginginkan seluruh badan dari seseorang

Eufemisme

Kata atau ungkapan yang lebih halus untuk mengganti kata atau ungkapan yang berpotensi ofensif; sering berkaitan dengan fungsi tubuh, seks, atau kematian. Contohnya: kamar kecil untuk menggantikan toilet, atau wanita malam untuk menggantikan pekerja seks. Nazi memakai majas eufemisme saat merujuk kepada rencana mereka membantai kaum Yahudi di dunia sebagai "the Final Solution (Solusi Final)".

Digunakan dalam PB untuk Allah, kematian, bangsa-bangsa non-Yahudi, dan seks.

- Yohanes 19:11 (AYT)

Yesus menjawab, "Engkau tidak memiliki kuasa apa pun atas diri-Ku, kecuali kuasa itu diberikan kepadamu dari atas. Itulah sebabnya, orang yang menyerahkan Aku kepadamu lebih besar dosanya."

(Kata "atas" adalah cara tidak langsung untuk merujuk kepada Allah.)

- Filipi 1:23 (AYT)

"Aku terjepit di antara dua pilihan itu. Keinginanku adalah meninggalkan hidup ini dan bersama Kristus, karena itu jauh lebih baik."

(Frasa "meninggalkan hidup ini dan bersama Kristus" adalah cara lebih halus untuk kata "mati".)

- Kisah Para Rasul 2:39 (AYT)

"Sebab, janji ini adalah untukmu, dan anak-anakmu, dan untuk semua orang yang masih jauh, sebanyak yang Tuhan Allah kita akan memanggilnya." (Frasa "semua orang yang masih jauh" adalah cara untuk mengatakan bangsa-bangsa non-Yahudi tanpa harus memakai kata itu.)

- Matius 1:25 (AYT)

"tetapi tidak bersetubuh dengan Maria sampai dia melahirkan Anak laki-lakinya. Dan, Yusuf menamai-Nya, Yesus." (Frasa "tidak bersetubuh" adalah cara lebih halus untuk mengatakan bahwa mereka tidak melakukan hubungan seksual)

Personifikasi

Majas yang menggambarkan benda mati atau abstrak diberi kualitas manusia atau digambarkan memiliki bentuk manusia, seperti dalam "kelaparan duduk menggigil di jalan" atau "bunga menari-nari di halaman".

- Bilangan 16:32 (AYT)

"Bumi membuka mulutnya dan menelan mereka, seisi rumah mereka, dan semua orang yang menjadi bagian dari Korah beserta segala milik mereka." (Bumi tidak punya mulut seperti manusia.)

- Matius 6:34 (AYT)

"Jadi, jangan khawatir tentang hari esok karena hari esok akan mengkhawatirkan dirinya sendiri. Cukuplah suatu hari dengan kesusahannya sendiri." (Hari tidak merasa khawatir seperti manusia.)

- Mazmur 114:3-6 (AYT)

"Laut menyaksikan dan melarikan diri, Sungai Yordan berbalik mundur. Gunung-gunung melompat-lompat seperti domba-domba jantan, bukit-bukit seperti anak-anak domba. Mengapa gerangan, hai laut, sehingga kamu melarikan diri? Hai Yordan, sehingga kamu berbalik mundur? Hai gunung-gunung, mengapa kamu melompat-lompat seperti domba-domba jantan? Hai bukit-bukit, seperti anak-anak domba?"

(Masing-masing dari fenomena alam alam ini digambarkan sebagai manusia.)

- Roma 7:11 (AYT)

"Sebab, dosa mengambil kesempatan melalui perintah itu untuk menipuku dan melaluinya membunuhku." (Dosa tidak menipu, manusia yang menipu.)

- Mazmur 73:9 (AYT)

"Mereka membuka mulut menentang langit, dan lidah mereka menjelajahi bumi." (Lidah tidak menjelajah seperti manusia.)

- Kejadian 4:10-11 (AYT)

Kain menjawab, "Aku tidak tahu. Apakah aku penjaga adikku?" TUHAN berkata, "Apa yang sudah kamu lakukan? Suara darah adikmu itu menjerit kepada-Ku dari dalam tanah." (Darah tidak menjerit, manusia yang menjerit.)

Apostrof

Majas yang menganggap ada orang, benda mati yang dipersonifikasikan, dan abstraksi yang tidak ada. Istilah ini disarikan dari kata Yunani yang berarti "berpaling", dan pemahaman ini dipertahankan saat utas narasi atau dramatis dirusak untuk bicara melantur dengan cara berbicara secara langsung dengan seseorang yang tidak ada di sana. Contohnya: "Envy, be silent and attend! (Iri, diam dan hadiri!)" - Alexander Pope, dalam karyanya "On a Certain Lady at Court".

- Mazmur 114:5-7 (AYT)

"Mengapa gerangan, hai laut, sehingga kamu melarikan diri? Hai Yordan, sehingga kamu berbalik mundur? Hai gunung-gunung, mengapa kamu melompat-lompat seperti domba-domba jantan? Hai bukit-bukit, seperti anak-anak domba?"

- Zakharia 4:7 (AYT)

"Siapakah kamu, hai gunung yang besar? Di hadapan Zerubabel, kamu akan menjadi tanah yang rata. Lalu, dia akan membawa keluar batu utama di tengah-tengah kegemparan: Bagus! Bagus sekali batu itu!"

- 2 Samuel 18:33 (AYT)

"Raja sangat sedih, lalu naik ke ruangan atas pintu gerbang dan menangis. Inilah perkataannya sambil berjalan, "Anakku Absalom! Anakku, anakku, Absalom! Sekiranya aku mati menggantikanmu, oh Absalom, anakku, anakku!"

- Wahyu 18:10 (AYT)

berdiri jauh-jauh karena takut terhadap siksaannya, dan menangis, "Celaka! Celakalah, kota yang besar, Babel, kota yang kuat itu! Sebab, dalam satu jam saja penghakimanmu sudah datang!"

Personifikasi vs Apostrof

- Dalam personifikasi semua benda mati digambarkan sebagai manusia.

- Dalam personifikasi, karakteristik benda dinyatakan langsung.

+ Gershwin -- "cinta masuk ke dalam"

- Dalam apostrof, suatu benda digambarkan seolah-olah dia adalah manusia (atau seolah-olah ada manusia di situ).

+ Simon -- "halo kegelapan, teman lamaku"
+ Hart -- "bulan biru, kau melihatku berdiri sendiri"
+ Mercer -- "Moon River, aku melewatimu dengan gaya suatu hari nanti"

Litotes

li.to.tes /litotès/

Majas yang menyatakan sesuatu dengan mengindikasikan kebalikan dan lawan katanya. Contohnya: "tidak banyak", yang berarti "sedikit". Dalam bentuk ironi, litotes dimaksudkan untuk memberi penekanan (pada sesuatu) dengan cara meremehkan. Ini adalah kebalikan dari hiperbola.

- Markus 9:41 (AYT)

"Sebab, sesungguhnya, Aku berkata kepadamu, siapa yang memberimu segelas air untuk minum karena kamu pengikut Kristus, dia tidak akan kehilangan upahnya." (Benar-benar akan mendapatkan upah.)

- Kisah Para Rasul 21:39 (AYT)

Namun, Paulus berkata, "Aku adalah orang Yahudi dari Tarsus, Kilikia, seorang warga dari kota yang penting. Aku mohon, izinkan aku berbicara kepada orang-orang itu." (Tarsus adalah kota yang penting.)

- Roma 1:16 (AYT)

"Sebab, Aku tidak malu akan Injil karena Injil adalah kuasa Allah untuk keselamatan setiap orang yang percaya; pertama-tama untuk orang Yahudi, dan juga untuk orang Yunani." (Paulus bangga dengan Injil dan mendeklarasikannya ke semua orang.)

- 1 Korintus 1:26 (AYT)

"Lihatlah keadaanmu ketika kamu dipanggil, Saudara-saudara, tidak banyak yang bijaksana menurut daging, tidak banyak yang berkuasa, tidak banyak yang terpandang," (Tidak banyak, hanya sedikit.)

Hiperbola

Majas yang mana kata-kata yang sangat berlebihan sengaja dipakai untuk memberi penekanan bukan sebagai penipuan.

- Markus 9:43-47 (AYT)

"Jika tanganmu menyebabkan kamu berbuat dosa, potonglah tanganmu itu. Lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan buntung daripada dengan dua tangan, tetapi masuk ke dalam neraka, ke dalam api yang tidak terpadamkan, tempat ulat tidak mati dan api tidak padam. Jika kakimu menyebabkan kamu berbuat dosa, potonglah kakimu itu. Lebih baik bagi kamu masuk ke dalam hidup dengan kaki buntung daripada dengan dua kaki, tetapi dilemparkan ke dalam neraka, tempat ulat tidak mati dan api tidak padam. Jika matamu menyebabkan kamu berbuat dosa, cungkillah matamu itu. Lebih baik bagi kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan satu mata daripada dengan dua mata, tetapi dilemparkan ke dalam neraka,"

- Lukas 14:26 (AYT)

"Jika seseorang datang kepada-Ku, tetapi tidak membenci ayah dan ibunya, istri dan anak-anaknya, saudara laki-laki dan saudara perempuannya, bahkan hidupnya sendiri, ia tidak bisa menjadi murid-Ku."

- Yohanes 12:19 (AYT)

Lalu, orang-orang Farisi berkata satu sama lain, "Kamu lihat, apa yang kita rencanakan tidak berhasil. Lihatlah, seluruh dunia telah mengikut Dia!"

- Yohanes 21:25 (AYT)

"Masih ada banyak hal lain lagi yang telah Yesus lakukan, yang jika dituliskan satu per satu, aku rasa seluruh dunia ini pun tidak akan cukup untuk semua kitab yang harus ditulis itu."

- Keluaran 8:17 (AYT)

"Semua debu tanah itu menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir."

- Ulangan 1:28 (AYT)

"... kota-kotanya besar dan memiliki benteng dengan tembok-tembok setinggi langit."

Contoh Hiperbola

- "Saudarimu sangat bodoh, dia lewat YMCA dan mengira kalau mereka salah mengeja MACY." Alicia, dari Shannon Elementary School, Pinole, California, Amerika Serikat.

- "Aku memikirkanmu berjuta kali dalam sehari." Vern Sal, dari Jose Rizal Memorial State College, Dipolog City, Filipina

- "Ujiannya sangat sulit, saat aku menyelesaikannya, aku sudah berusia 100 tahun." Ranada, dari Larose M.S., Larose, Louisiana, Amerika Serikat.

- "Saskatchewan sangat datar, bahkan kamu bisa melihat anjingmu kabur selama 4 hari!" Jenna, dari Olympic Heights School, Calgary

- "Ibumu sangat bodoh, dia bisa terkunci di toserba dan mati kelaparan." Vicky Moreno, dari T.C. Marsh M.S., Dallas, Texas, Amerika Serikat

- "Ibumu sangat bodoh, dia mengira TACO BELL adalah perusahaan telefon dari Meksiko." Nyonya Jonas dari Kelas Periode ke-4, T.C. Marsh M.S., Dallas, Texas, Amerika Serikat

- "Ini sangat dingin, bahkan beruang kutub memakai jaket." Elizabeth, dari Covington, Amerika Serikat

- "Perpustakaan kita sangatlah tua, bahkan halaman-halaman pada bukunya dinomori dengan angka Romawi ... oleh orang-orang Roma!" Bobby W.

- "Pacarku sangat populer, dia bahkan punya nomor 900-nya sendiri." Ed, dari Lebanon, Amerika Serikat

- "Mata anak itu sangat besar, mereka seperti mau lompat dan menangkapmu." Ashley Clarke

- "Sahabatku ini sangat pelupa, bahkan beberapa kali aku harus mengingatkan namanya!" Katie Holmes

- "Menara Eiffel sangat besar, saat aku melihat ke atasnya aku hampir salah urat!" Kerri, dari Dexter, Missouri

Litotes vs Hiperbola

- Litotes adalah pernyataan yang merendahkan/menurunkan dampak dari sesuatu:

+ Dia bukanlah Einstein: dia tidak terlalu pintar

- Hiperbola adalah pernyataan yang melebih-lebihkan dampak dari sesuatu:

+ "Saudarimu sangat kurus, dia bahkan harus berlarian mengitari pancuran mandi supaya bisa basah." Cliff, dari Valley View Elementary School, in Richmond, California, Amerika Serikat

Ironi

Majas yang mana kalimat yang dinyatakan memiliki arti sebaliknya. Pengguna majas ironi mengasumsikan pembaca atau pendengarnya memahami makna tersembunyi dari kalimatnya. Kemungkinan, bentuk paling sederhana dari ironi adalah ironi retorika, ketika, misalnya, pembicara mengatakan makna sebaliknya dari apa yang dimaksud.

- 1 Raja-raja 18:27 (AYT)

Saat siang hari, Elia mengejek mereka, katanya, "Panggil dengan suara nyaring! Sebab dialah ilah. Mungkin dia sedang dalam perenungan, atau mungkin sedang ada urusan, atau mungkin dia sedang berada di jalan, mungkin dia sedang tidur dan harus dibangunkan." (Elia tidak percaya kalau "dia" adalah Allah)

- Ayub 12:1-2 (AYT)

Kemudian, Ayub menjawab, katanya, "Tidak diragukan lagi, kamulah orang-orang itu, dan hikmat akan mati bersamamu." (Ayub tidak menganggap mereka bijak atau hikmat itu akan mati bersama mereka)

- 1 Korintus 4:8, 10 (AYT)

"Kamu sudah dikenyangkan, kamu sudah menjadi kaya! Tanpa kami, kamu sudah menjadi raja! Aku sungguh berharap kamu benar-benar sudah menjadi raja supaya kami juga dapat memerintah bersamamu. ... Kami bodoh demi Kristus, tetapi kamu bijaksana dalam Kristus. Kami lemah, tetapi kamu kuat. Kamu terhormat, tetapi kami hina."

Hiperbola vs Ironi

Ada tumpang tindih di antara ke duanya.

- Hiperbola dipakai ketika sesuatu itu dilebih-lebihkan.

+ "Guru sejarahku sangat tua, dia sudah melalui semua hal yang sudah kami pelajari tentang Yunani Kuno." Ryan, CFS, Willingboro, Amerika Serikat (Gurunya memang tua, tetapi tidak setua itu.)

- Ironi mengatakan sebaliknya.

+ Para pemimpin Yahudi berkata kepada Kristus: Salam, Raja orang Yahudi! (Para pemimpin Yahudi tidak mengakui Kristus sebagai Raja mereka.)

Simbol

Sebuah gambaran yang ditransfer oleh sesuatu yang berdiri untuk atau mewakili hal lain, seperti bendera untuk negara, atau musim gugur untuk kematangan. Simbol dapat menyampaikan ide yang diwujudkan di dalam gambar tapan harus menyatakannya.

Simbol juga bisa menjadi ambigu jika tidak ada "kunci" yang diberikan kepada penafsirnya, misalnya jumlah binatang buas, 666, merupakan simbol-simbol yang ambigu.

- Keluaran 13:21-22 (AYT)

"TUHAN berjalan di depan mereka dalam tiang awan pada siang hari untuk menuntun mereka di jalan, dan dalam tiang api pada malam hari untuk memberikan terang kepada mereka supaya mereka dapat berjalan pada siang dan malam hari. Dia tidak menyingkirkan tiang awan pada siang hari begitu pula dengan tiang api pada malam hari dari hadapan mereka."

- Kejadian 9:13 (AYT)

"Aku akan menaruh busur-Ku di awan dan itu akan menjadi bukti perjanjian antara Aku dan bumi."

- Matius 26:26-28 (AYT)

Ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti. Dan, setelah memberkatinya, Yesus memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada para murid serta berkata, "Ambillah dan makanlah, ini adalah tubuh-Ku." Kemudian, Dia mengambil cawan, mengucap syukur, dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya, "Kamu semua, minumlah darinya. Sebab, ini adalah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan untuk banyak orang untuk pengampunan dosa-dosa."

Fabel

Cerita puitis yang menggambarkan moral atau mengajarkan pengajaran, biasanya di dalam binatang atau benda mati yang direpresentasikan sebagai karakter.

- Hakim-hakim 9:6-21 (AYT)

Seluruh penduduk Sikhem dan seluruh Bet-Milo berkumpul. Mereka pergi menobatkan Abimelekh menjadi raja di dekat pohon Tarbantin di tugu peringatan yang berada di Sikhem. Ketika Yotam mendengar hal itu, dia pergi dan berdiri di puncak Gunung Gerizim. Dengan suara nyaring, dia berseru, "Dengarkanlah aku, penduduk Sikhem, maka Allah akan mendengarkan kamu. Sekali peristiwa, pohon-pohon pergi untuk mengurapi raja atas mereka. Mereka berkata kepada pohon Zaitun, 'Memerintahlah atas kami.' Pohon zaitun menjawab kepada mereka, 'Haruskah aku meninggalkan minyakku yang dipakai untuk menghormati Allah dan manusia, lalu pergi melayang-layang di atas pohon-pohon?'

- 2 Raja-raja 14:8-9 (AYT)

Pada waktu itu, Amazia mengirim utusan kepada Yoas, anak Yoahas, anak Yehu, raja Israel, dengan pesan, "Mari, kita saling berhadapan." Lalu, Yoas, raja Israel, mengirim orang kepada Amazia, raja Yehuda dengan berkata, "Duri di Gunung Lebanon mengirim pesan kepada pohon Aras di Gunung Lebanon, yang berbunyi: Berikanlah anak perempuanmu untuk menjadi istri anak lelakiku. Namun, binatang hutan di Gunung Lebanon melewatinya dan menginjak-injak duri itu."

Perumpamaan

Sebuah cerita sederhana yang menggambarkan pelajaran moral atau religius.

Simile yang diperluas - Kerajaan Surga itu seperti ...

Daftar Perumpamaan Alkitabiah

|Nama |Matius |Markus |Lukas |Yohanes |

|Tukang bangunan yang bijak dan bodoh |7:24-27 |- |- |- |

|Penabur |13:3-23 |4:1-20 |8:5-15 |- |

|Lalang |13:24-30 |- |- |- |

|Biji Sesawi |13:31-32 |4:30-32 |13:18-19 |- |

|Ragi |13:33 |- |13:20-21 |- |

|Harta yang Terpendam |13:44 |- |- |- |

|Mutiara yang Bernilai Tinggi |13:45-46 |- |- |- |

|Menarik Ikan di Jala |13:47-50 |- |- |- |

|Domba yang Hilang |18:12-14 |- |14:3-7 |- |

|Hamba yang Jahat |18:23-35 |- |- |- |

|Para Pekerja Kebun Anggur |20:1-16 |- |- |- |

|Dua Anak |21:28-32 |- |- |- |

|Petani yang Jahat |21:33-44 |12:1-12 |20:9-18 |- |

|Pernikahan Anak Raja |22:1-14 |- |- |- |

|Daun Pohon Ara |24:32 |- |- |- |

|10 Gadis |25:1-13 |- |- |- |

|10 Talenta |25:14-30 |- |- |- |

|Benih yang Tumbuh Secara Rahasia |- |4:26-29 |- |- |

|Daun Pohon Ara |- |13:28-29 |- |- |

|Orang yang Pergi Melakukan Perjalanan |- |13:34-37 |- |- |

|Dua Penagih Utang |- |- |7:41-47 |- |

|Orang Samaria yang Baik Hati |- |- |10:30-37 |- |

|Teman yang Datang Malam-malam |- |- |11:5-8 |- |

|Orang Kaya yang Bodoh |- |- |12:16-21 |- |

|Para Hamba yang Menunggu Tuan Mereka |- |- |12:35-40 |- |

|Pohon Ara yang Tidak Berbuah |- |- |13:6-9 |- |

|Perjamuan Besar |- |- |14:15-24 |- |

|Uang yang Hilang |- |- |15:8-10 |- |

|Anak yang Hilang |- |- |15:11-32 |- |

|Pelayan yang tidak Jujur |- |- |16:1-9 |- |

|Orang Kaya dan Lazarus si Pengemis |- |- |16:19-31 |- |

|Janda yang Mengganggu |- |- |18:1-8 |- |

|Orang-orang Farisi dan Pengumpul Pajak |- |- |18:9-14 |- |

|Perumpamaan tentang Uang Mina |- |- |19:11-27 |- |

|Gembala yang Baik |- |- |- |10:11-18|

|Pokok Anggur |- |- |- |15:1-5 |

Alegori

Metafora yang diperluas.

Representasi dari ide abstrak atau prinsip dalam bentuk karakter, peristiwa dan narasi, dramatis, atau bergambar.

- Yesaya 5:1-7

Alegori tentang Kebun Anggur.

- Yohanes 10:1-16

Alegori tentang Kandang Domba (Yesus adalah Gembala yang Baik)

- Yohanes 15:1-16

Alegori tentang Pokok Anggur dan Rantingnya (Yesus adalah Pokok Anggurnya, kita adalah ranting)

Contoh Alegori:

  • John Bunyan Pilgrim's Progress
  • George Orwell Animal Farm
  • William Golding Lord of the Flies
  • Herman Melville Moby Dick

Alegori vs Fabel vs Perumpamaan

Latihan Sederhana: Menafsirkan Majas

  1. Ayat: Matius 5:14-16 (AYT)
  2. Teks: "Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas bukit tidak dapat disembunyikan. Orang-orang juga tidak menyalakan pelita dan meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki pelita, dan ia menerangi semua yang ada di dalam rumah. Biarlah terangmu juga bercahaya dengan cara yang sama supaya mereka dapat melihat perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga."
  3. Tipe majas: Metafora
  4. Penjelasan majas: Orang Kristen bukanlah terang secara harfiah. Orang Kristen dimaksudkan untuk menjadi "terang" dalam cara yang spesifik. Terang ada agar orang lain bisa melihat sesuatu yang lain selain terang itu sendiri. Kita harus membiarkan terang kita bercahaya, itu berarti lakukan perbuatan baik kita sehingga melalui "terang" perbuatan baik itu, orang lain akan melihat Allah dan memuliakan Dia. (t/Nikos)
Diterjemahkan dari:
Nama situs : Anderson University
Alamat situs : http://users.anderson.edu/~glg/3200/Lectures/Notes/Interpreting%20Figures.htm
Judul asli artikel : Interpreting Figures of Speech
Penulis artikel : G. Lee Griffith, Ph.D.