Skip to main content
Submitted by admin on Wed, 12/13/2017 - 19:38
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 9 | November 2017
Kegiatan #Ayo_PA! :: SABDA Bot: Bahan-Bahan PA Seputar Natal dalam Aplikasi Chatting Alkitab Project Indonesia :: Video: Injil Kerajaan Allah PA Bersama di YLSA :: Diskusi tentang PA yang "Cerdas" AlkiPEDIA / AlkiMedia :: Yesaya 7: Kristus Dijanjikan Artikel untuk PA21 :: Alkitab dan Susunannya Alkitab + Science :: Temuan Baru Arkeologi Menegaskan Cerita Alkitab tentang Penaklukan Babel atas Yerusalem Berita PA21 :: Playlist Video Alkitab Natal // Sekolah Alkitab Audio Natal // Lowongan untuk Proyek AYT

EDITORIAL

Pembaca Publikasi PA21 yang terkasih,

Memasuki masa adven, kiranya hati kita semakin dipenuhi dengan sukacita dan kerinduan untuk memaknai hari kelahiran Kristus secara khusus. Ada banyak bahan pendalaman Alkitab (PA) digital seputar Natal yang akan menolong kita memaknai Natal dengan lebih baik. Beberapa informasi seputar sumber bahan tersebut dapat kita simak dalam publikasi PA21 edisi ini, yaitu bahan Natal dalam SABDA Bot dan bahan PA dari Yesaya 7 tentang nubuatan kelahiran Kristus.

Artikel PA21 edisi November ini juga menyajikan informasi yang menarik tentang Alkitab dan susunannya. Mengetahui inti dari Alkitab dan bagaimana ia disusun akan menolong kita mengetahui maksud Allah di balik firman-Nya. Tidak lupa, kami mengingatkan para pembaca sekalian agar terus memiliki kerinduan untuk dekat dengan Tuhan sehingga hidup dan hati kita terus mengarah kepada Tuhan. Melalui sajian edisi ini, kiranya kita juga digerakkan untuk semakin giat memakai teknologi, bukan hanya untuk belajar firman Tuhan, melainkan juga membagikan-Nya kepada mereka yang membutuhkan.

In Christ,

Davida

Staf Redaksi PA21,
Davida

 
KEGIATAN #AYO_PA!

SABDA BOT: BAHAN-BAHAN PA SEPUTAR NATAL DALAM APLIKASI CHATTING

Gambar: Logo SABDA Bot

Dalam berbagai kesempatan, tim #Ayo_PA! sering memperkenalkan SABDA Bot bagi para peserta pelatihan. Karena itu, mari kita mengenal apa itu SABDA Bot. SABDA Bot adalah pelayanan mesin otomatis (robot) berbasis chat yang dapat memberikan ayat Alkitab dalam berbagai versi serta berbagai bahan biblika yang berguna untuk mempelajari dan menggali Alkitab. Aplikasi chatting yang digunakan adalah Telegram.

Dalam kesempatan menyambut Natal tahun ini, SABDA Bot juga menyediakan bahan-bahan Natal, antara lain:

  • Nas Alkitab seputar Natal
  • Renungan Natal
  • Cerita Alkitab Bergambar tentang Kelahiran Yesus
  • Video Natal
  • Audio Artikel Natal
  • dsb..

Bagaimana cara mendapatkannya?

  1. Instal aplikasi Telegram jika Anda belum memilikinya. [Instal Telegram dalam ponsel]
  2. Temukan SABDA Bot dengan fitur pencarian dalam Telegram. [Menemukan SABDA Bot]
  3. Ketik /Natal atau Natal dalam kotak pesan, kemudian akan muncul tombol-tombol yang mengarahkan kita ke bahan-bahan Natal yang tersedia dalam SABDA Bot.

Kiranya teknologi yang sudah "akrab" kita gunakan sehari-hari ini mendorong kita untuk semakin giat mendalami firman-Nya. Selamat memaknai Natal yang sejati melalui penggalian kebenaran firman Tuhan dengan SABDA Bot. (Evie)


API -- ALKITAB PROJECT INDONESIA

VIDEO: INJIL KERAJAAN ALLAH

Selama 70 tahun lamanya, umat Israel pernah mengalami pembuangan ke Babel. Peristiwa ini terjadi pada zaman Nabi Yesaya, dan berawal dari serbuan tentara Babel yang meluluhlantakkan kota itu. Pada saat itu, tembok-tembok kota Yerusalem dihancurkan, terjadi perampokan dan penjarahan atas seluruh kota, bahkan kuil Salomo yang menjadi simbol kehadiran Allah dirobohkan. Menurut kitab Yesaya, kehancuran kota Yerusalem tersebut lebih disebabkan karena ulah bangsa Israel sendiri. Mereka menjadi sangat jahat dan mengabaikan hukum-hukum Allah, termasuk pengabaian umat Israel terhadap peraturan hari Sabat. Para nabi sebenarnya sudah memperingatkan umat Israel atas kemerosotan iman mereka dan memperingatkan bahwa tindakan mereka bisa mendatangkan murka Allah. Namun, pada akhirnya, Allah mengizinkan kehancuran itu terjadi karena umat Israel tidak berbalik dari dosa-dosa mereka.

Walaupun demikian, Allah membuktikan bahwa Ia tetap setia kepada umat Israel. Rancangan keselamatan-Nya atas Israel tidak berhenti dengan penghancuran kota Yerusalem. Kitab Nabi Yesaya melukiskan bahwa ada seorang utusan yang berlari mendatangi kota Yerusalem dan memberitakan bahwa Allah akan memulihkan kembali kota itu (lih. Yesaya 52:7). Utusan tersebut juga mengabarkan pesan pengharapan bahwa Allah Israel masih memerintah sebagai Raja. Pada suatu hari nanti, Allah sendiri yang akan datang ke kota ini, mengambil takhta-Nya kembali, dan membawa damai sejahtera bagi semua orang. Kabar baik yang disampaikan oleh "utusan yang belari" ini merupakan gambaran dari pemberitaan Kabar Baik yang terangkum dalam kitab-kitab Injil. Alkitab mengatakan bahwa Yesus berjalan berkeliling untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah dan membawa pesan perdamaian kepada umat manusia yang sudah jatuh dalam dosa.

Berkenaan dengan kisah penghancuran kota Yerusalem, kami mengajak Anda untuk menyimak video dari The Bible Project yang berjudul "Injil Kerajaan". Video ini menjelaskan tentang esensi Kabar Baik yang dibawakan oleh utusan dalam kitab Yesaya, yang di kemudian hari disampaikan oleh Tuhan Yesus dalam masa pelayanan-Nya di bumi. Video ini juga mengeksplorasi bagaimana Kerajaan Allah menjalankan pemerintahannya di atas bumi dan tugas orang percaya berkenaan dengan pemberitaan Injil. Video ini sudah tersedia dalam dwibahasa (Bahasa Inggris dan Indonesia). Bagikan juga kepada teman-teman Anda agar esensi Injil Kerajaan Allah semakin dimengerti oleh banyak orang. Silakan klik thumbnail video di bawah ini untuk menonton dan mendapatkan videonya. (Aji)

Video: Injil Kerajaan Allah


PA BERSAMA DI YLSA

DISKUSI TENTANG PA YANG "CERDAS"

Pada pertengahan Oktober, seluruh staf YLSA melakukan pendalaman Alkitab dengan cara yang berbeda. Kali ini, kami tidak secara langsung membaca dan menggali teks Alkitab, tetapi mencoba mendiskusikan beberapa subjek penting seputar cara belajar dan menggali Alkitab yang "smart". Ada empat topik yang kami bahas pada PA kali ini, yaitu:

a. Hal-hal yang membantu dan tidak membantu dalam proses belajar Alkitab.

 

Hal-hal yang membantu belajar Alkitab dapat dikelompokkan ke dalam "alat" dan "sikap" dalam pembelajaran Alkitab. Alat-alat penunjang dalam belajar Alkitab meliputi versi Alkitab yang berbeda-beda, kamus, ensiklopedia, tafsiran, metode, planning, dan komunitas. Sementara itu, hal-hal yang berkaitan dengan "sikap" meliputi kerinduan untuk belajar, disiplin waktu, keterlibatan diri dalam komunitas, dan pengaplikasian hasil belajar.

b. Alasan mengapa tidak membagikan firman Tuhan.

 

.... Setelah berdiskusi dalam kelompok masing-masing, muncul tiga alasan utama yang menjadi perhatian seluruh kelompok, yaitu:

  • tidak memiliki kasih kepada orang lain agar mereka mendengar Kabar Baik dan diselamatkan,
  • merasa belum menjalankan firman Tuhan dengan sungguh-sungguh,
  • adanya rasa malas untuk berbagi.
c. Bahaya penggunaan Alkitab digital.

 

Melalui diskusi kelompok kecil dan sharing kelompok besar, kami mengemukakan bahwa bahaya terbesar penggunaan Alkitab digital adalah berkaitan dengan gangguan notifikasi dari berbagai aplikasi yang terdapat pada gawai, dan banyaknya pilihan konten yang tersedia sehingga membuat seseorang sulit berfokus mempelajari firman Tuhan.

d. Pelajaran apa yang didapat dari +TED Alkitab Pintar pada 2 Oktober 2017 dan respons orang lain mengenai Alkitab Pintar.

 

.... Rata-rata peserta PA mengungkapkan bahwa Alkitab Pintar merupakan media yang sangat penting agar orang percaya bisa menggali firman Tuhan dengan lebih mendalam. Orang-orang yang kami informasikan mengenai Alkitab Pintar rata-rata menyambut baik adanya Alkitab Pintar, hanya belum mengerti konsepnya secara utuh sehingga YLSA perlu terus-menerus memberi edukasi kepada masyarakat Kristen.

Selengkapnya: Diskusi tentang PA yang "Cerdas"


ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

YESAYA 7: KRISTUS DIJANJIKAN

I. Dari AlkiPEDIA

Esensi Pasal: Persekongkolan jahat antara Rezin dan Pekah. Tanda Anak yang lahir dari Perawan. Ramalan tentang penyerangan Yehuda yang akan terjadi.

Ringkasan Pasal:

7:7 == Ahas, yang gemetar ketakutan karena Rezin dan Pekah, ditenangkan oleh Yesaya.
7:10 == Ahas, diberi kebebasan untuk memilih suatu tanda, dan menolaknya, mendapat sebuah tanda, Kristus dijanjikan.
7:17 == Hukuman atas dirinya dinubuatkan akan muncul dari Asyur.

Tokoh:
Allah, Kristus, TUHAN, Ahaz, Rezin, Pekah, Yesaya, Syear Yasyub, Aram, Asyur, Damsyik, Daud, Efraim, Efrat, Imanuel, Israel, Nil, Remalya, Samaria, Tabeel, Uzia, Yehuda, Yerusalem, Yotam.

Rangkuman Pasal: Dosa suatu negeri pastilah mendatangkan penyerangan dari negeri asing dan menimbulkan segala macam kesukaran. Namun, Allah memberikan penghiburan yang nyata kepada mereka yang mau percaya kepada-Nya. Itu adalah pelipur yang paling kuat di tengah masa-masa sulit, yang berasal dari pengharapan akan Kristus.

Fakta: Ayat 14. Anak dari Perawan, Imanuel, Allah beserta kita, digenapi dalam Yesus. Matius 1:21-25. Jika Dia bukan Imanuel, Allah beserta kita, Dia tidak mungkin Yesus (seorang Juru Selamat).

Storyboard:

Storyboard: Yesaya 7

Selengkapnya: AlkiPEDIA Yesaya 7

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio Yesaya 7:

Video Yesaya 1-39:

Video Yesaya 1-39

Infografis Yesaya:

Infografis Yesaya

Selengkapnya: AlkiMedia Yesaya 7

ARTIKEL UNTUK PA21

ALKITAB DAN SUSUNANNYA

Sebelum memulai studi masing-masing kitab dalam Alkitab, mari kita memahami Alkitab itu sendiri secara keseluruhan. Mengapa Alkitab disebut demikian, dan mengapa Alkitab juga sering disebut “Kitab Suci”?

Kata “Alkitab” berasal dari kata “biblia” yang merupakan bentuk jamak dari kata “kitab” dalam bahasa Latin. Jadi “Alkitab” berarti “koleksi kitab” -- tepatnya sebanyak 66 kitab. Kata suci berarti “sesuatu kepunyaan Allah” atau “sesuatu yang berasal dari Allah.” Jadi, Kitab Suci secara harfiah berarti “Kitab-kitab suci dari Allah”, atau “koleksi kitab kepunyaan Allah dan berasal dari Allah”. Alkitab juga disebut sebagai Firman Allah. Mengapa? Karena pernyataan yang dibuat oleh para rasul, seperti Petrus dan Paulus. Kitab 2 Timotius 3:16-17 adalah contoh yang baik: “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

Gambar: Alkitab dan Susunannya

Berulang-ulang, kita diyakinkan bahwa Alkitab bukanlah sekadar koleksi tulisan manusia tentang Allah. Alkitab adalah Firman Allah sendiri, yang ditulis melalui pena manusia, mungkin hingga 40 orang atau lebih, dalam kurun waktu antara 1500 hingga 1600 tahun. Proses dengan mana Allah menggerakkan orang-orang ini untuk menulis kitab-kitab ini disebut inspirasi, yang secara harfiah berarti “mengilhamkan”. Dalam 2 Petrus 1:21, Petrus menggambarkannya begini: “... tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.”

Kata “didorong” di sini memberikan gambaran yang indah dalam bahasa Yunaninya, yaitu “phero”. Coba Anda membayangkan berada di suatu perahu yang didorong oleh gelombang atau layarnya ditiup angin, maka Anda menangkap ide inspirasi seperti yang digambarkan oleh Petrus di sini.

Selengkapnya: Alkitab dan Susunannya


ALKITAB + SCIENCE

TEMUAN BARU ARKEOLOGI MENEGASKAN CERITA ALKITAB TENTANG PENAKLUKAN BABEL ATAS YERUSALEM

Suatu penemuan arkeologi yang baru mengonfirmasi cerita Perjanjian Lama tentang penaklukan Yerusalem oleh Kekaisaran Babel pada abad ke-6 sM. Penggalian yang dilakukan oleh Israel Antiquities Authority (IAA) di Taman Nasional Tembok Yerusalem, yang didanai oleh City of David Foundation, menemukan bukti kuat kerusakan akibat kebakaran sejak kota tersebut dikuasai oleh orang-orang Babel.

Gambar: Artefak-artefak dari penghancuran kota Yerusalem

Pada akhir Juli, dalam satu video YouTube, IAA menjelaskan bahwa berbagai temuan yang baru-baru ini digali meliputi kayu yang hangus, biji anggur, tembikar, sisik ikan dan tulang, dan artefak langka yang unik. "Temuan-temuan ini menggambarkan kemakmuran dan karakter Yerusalem, ibu kota Kerajaan Yudea, dan bukti mengagumkan tentang kematian kota tersebut di tangan orang Babel," demikian penjelasan dalam video YouTube itu.

Selengkapnya: Temuan Baru Arkeologi ....

BERITA PA21
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Aji, Davida, dan Yulia.
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2017 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!