Skip to main content
Submitted by admin on Wed, 11/29/2017 - 12:53
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 8 | Oktober 2017
Kegiatan #Ayo_PA! :: Pelatihan #Ayo_PA! Sepanjang September -- Oktober 2017 Alkitab Project Indonesia :: Video: Perjanjian / Covenant PA Bersama di YLSA :: Hasil Belajar PA: 1 Korintus 1-16 AlkiPEDIA / AlkiMedia :: 1 Korintus 15: Mengenai Kebangkitan Kristus Artikel untuk PA21 :: Apakah Anda Bahkan Sudah Membuka Buku Itu? Alkitab + Science :: Para Arkeolog Menemukan Permakaman Filistin Pertama di Israel Berita PA21 :: Liputan Alkitab Pintar // DVD Media Alkitab // Apps AlkiMEDIA

EDITORIAL

Shalom,

Acara presentasi dan diskusi Alkitab Pintar sudah terlaksana pada 2 Oktober 2017. Namun, proses pengerjaan proyek-proyek Alkitab Pintar sedang dan akan terus berjalan. Melalui Publikasi PA21, kami akan terus menyajikan perkembangan-perkembangan seputar Alkitab Pintar, baik mengenai proyeknya, ulasan metode belajar Alkitab secara pintar, penjelasan tentang alat-alat untuk belajar Alkitab secara pintar, dan sebagainya. Kalau Tuhan menghendaki, kami merencanakan akan menerbitkan beberapa edisi khusus tentang Alkitab Pintar di luar penerbitan rutin PA21.

Memasuki edisi PA21 ke-8 ini, kami mengumumkan bahwa mulai edisi lalu, kami menambahkan satu kolom baru, yaitu "Berita PA21". Kolom ini berisi berita-berita terkini dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sehubungan dengan proyek-proyek Alkitab yang selesai, sedang, dan akan dikerjakan. Jangan lewatkan pula sajian-sajian kami lainnya, di antaranya hasil belajar dari PA 1 Korintus, ulasan video "Perjanjian" (The Bible Project), materi dari AlkiPEDIA / AlkiMedia seputar kebangkitan Kristus, dan artikel-artikel penunjang tentang pentingnya membaca Alkitab pada saat ini. Redaksi PA21 mengucapkan selamat membaca kepada Saudara semua. Semoga materi yang kami berikan semakin melengkapi pengalaman Saudara dalam membaca dan menggali Alkitab secara smart. Tuhan Yesus memberkati.

In Christ,

Aji

Pemimpin Redaksi PA21,
Aji

 
KEGIATAN #AYO_PA!

PELATIHAN #AYO_PA! SEPANJANG SEPTEMBER -- OKTOBER 2017

Bersyukur karena sepanjang September -- Oktober 2017, tim #Ayo_PA! mendapat kesempatan untuk memberikan pelatihan #Ayo_PA! kepada lebih banyak orang dari seluruh Indonesia! Kesempatan-kesempatan tersebut antara lain terjadi dalam kegiatan-kegiatan berikut ini.

1. Seminar Pelayanan Anak di Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara Malang

Gambar: Seminar Pelayanan Anak di STAN Malang

Pada 4 September 2017, tim #Ayo_PA! mendapat kesempatan untuk memberikan pelatihan PA menggunakan HP di Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) Malang. Kesempatan ini kami dapatkan melalui Pak Igrea Siswanto yang pada saat itu memberikan seminar tentang pelayanan anak kepada mahasiswa STAN. Kurang lebih 80 mahasiswa yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia hadir dan mengikuti pelatihan itu dengan antusias. Kiranya pelatihan ini dapat mereka bagikan kepada lebih banyak orang di daerahnya masing-masing.
2. Temu Raya Pelayan Anak dan Remaja Gereja Kemah Injil Indonesia

Gambar: Temu Raya Pelayan Anak dan Remaja Gereja Kemah Injil Indonesia

Sebanyak 350 guru sekolah minggu dan pembina remaja dari seluruh Gereja Kemah Injil Indonesia berkumpul di Wisma Taman Eden, Kaliurang, Yogyakarta, pada 20 -- 24 September 2017. Ini adalah jumlah peserta terbanyak pelatihan #Ayo_PA! sejauh ini. Seluruh peserta antusias mengikuti pelatihan yang diadakan dan sangat bersyukur karena sekarang, dengan gawainya mereka dapat belajar Alkitab dengan cara yang tepat. Harapan kami, mereka juga dapat mengajarkan kebenaran firman Tuhan dengan lebih bertanggung jawab kepada setiap anak dan remaja yang mereka layani.
3. Pelatihan #Ayo_PA! di Tanjung Pinang dan Batam

Gambar: Pelatihan #Ayo_PA! di Tanjung Pinang dan Batam

Pada 11 -- 15 Oktober 2017, tim #Ayo_PA! melakukan perjalanan ke Tanjung Pinang dan Batam untuk memberikan pelatihan PA dengan menggunakan gawai. Kegiatan ini mendapat animo yang luar biasa dari jemaat, baik di Tanjung Pinang maupun di Batam. Di Batam, peserta yang hadir mencapai lebih dari 200 orang. Kiranya setiap peserta pulang dengan animo yang lebih besar lagi untuk belajar firman Tuhan dengan lebih smart.

API -- ALKITAB PROJECT INDONESIA

VIDEO: PERJANJIAN / COVENANT

Alkitab menggambarkan relasi kita dengan Allah melalui banyak cara: Allah sebagai Pencipta, sebagai Sahabat, sebagai Guru, atau Bapa kita. Akan tetapi, ada satu aspek penting lain yang disampaikan oleh Alkitab mengenai relasi ini, yaitu gagasan tentang kemitraan manusia dengan Allah sebagai Penciptanya. Kemitraan adalah seperti bekerja berdampingan dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama-sama, dan inilah sebenarnya yang kita jumpai pada bagian awal narasi Alkitab. Allah menciptakan dunia yang baik ini, dan manusia dipanggil oleh Allah untuk memaksimalkan semua potensinya, bersama-sama bekerja sesuai dengan kehendak-Nya. Namun, manusia tidak ingin bermitra dengan Allah dengan cara yang Ia kehendaki. Mereka memberontak dan mencoba mengatur dunia ini menurut caranya sendiri. Kemitraan yang rusak ini kemudian menjadi penjelasan Alkitab tentang mengapa dunia yang kita tempati saat ini dipenuhi dengan kejahatan dan ketidakadilan. Tidak hanya satu atau dua orang yang telah meninggalkan kemitraan dengan Allah. Dalam Alkitab, dikisahkan bahwa setiap orang telah meninggalkan kemitraan dengan Dia.

Akibat rusaknya kemitraan tersebut, Allah memilih sekelompok kecil manusia untuk membuat kemitraan baru yang disebut sebagai "Ikatan Perjanjian". Allah menggunakan ikatan perjanjian baru ini sedemikian rupa sehingga nantinya akan memulihkan kemitraan-Nya dengan semua orang. Lantas, siapa sajakah mereka yang ditunjuk sebagai mitra khusus Allah? Seperti apakah peran sekelompok orang ini untuk mengembalikan relasi semua orang dengan Allah? Mari kita menyimak penjelasannya melalui video dari The Bible Project yang berjudul "Perjanjian". Silakan klik thumbnail video di bawah ini untuk membukanya:

Video Perjanjian

Versi bahasa Inggris video ini, yang berjudul "Covenant", juga bisa Anda temukan di YouTube. Untuk menyimpan video ini ke dalam hard disk Anda, klik Menu dan tekan pilihan "Save Page As". Kemudian, simpan dalam format .mp4. Selamat menikmati.


PA BERSAMA DI YLSA

HASIL BELAJAR PENDALAMAN ALKITAB: 1 KORINTUS 1-16

Dalam kegiatan Pendalaman Alkitab (PA) sebelumnya, seluruh staf YLSA mempelajari kitab 1 Korintus pasal 1 -- 4 dan pasal 8 -- 11. Kami membaca tentang Rasul Paulus yang dengan tekun menasihati jemaat Korintus agar menghidupi iman Kristen mereka dengan sungguh-sungguh. Berkaitan dengan hal itu, masih ada pasal-pasal tersisa dalam kitab ini yang belum kami dalami, yakni pasal 5 -- 7 dan pasal 12 -- 16. Topik-topik yang dibicarakan berkisar tentang permasalahan dalam jemaat Korintus, yang kurang menghidupi iman Kristen yang mereka percayai sehingga Paulus harus meresponsnya dengan pesan-pesan Injil. Kami kembali ber-PA dari kitab 1 Korintus agar pelajaran-pelajaran penting dalam kitab ini dapat kami peroleh seluruhnya. Langkah-langkah untuk menggali pasal-pasal tersebut masih sama dengan PA pada tahap pertama. Silakan baca publikasi PA21 edisi 7 untuk melihatnya kembali.

Setelah semua pasal kami gali dan diskusikan, kami mengambil kesimpulan bahwa ada lima masalah utama dalam kehidupan jemaat Korintus:

  1. Perihal Perpecahan (Pasal 1 -- 4). [....]
  2. Perihal Dosa Seksual (Pasal 5 -- 7). [....]
  3. Perihal Makanan (Pasal 8 -- 10). [....]
  4. Perihal Pertemuan (Pasal 11 -- 14). [....]
  5. Perihal Kebangkitan (Pasal 15). [....]

Hasil Belajar Pendalaman Alkitab ....


ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

1 KORINTUS 15: MENGENAI KEBANGKITAN KRISTUS

I. Dari AlkiPEDIA

Esensi Pasal: Kebangkitan Kristus dan kebangkitan kembali orang-orang percaya sebagai hasilnya.

Ringkasan Pasal:

15:1 == Dengan kebangkitan Kristus,
15:12 == Dia (Paulus) menunjukkan pentingnya kebangkitan kita dan menentang semua yang menyangkali kebangkitan tubuh.
15:21 == Buah sulung (Kristus sebagai sulung yang dibangkitkan dari antara orang mati),
15:35 == dan caranya (Bagaimana orang mati dibangkitkan? Dengan tubuh apakah mereka akan datang lagi?),
15:51 == dan perubahan dalam diri orang yang hidup pada akhir zaman.

Tokoh:
Allah, Kristus, Tuhan, Yesus, Efesus, Injil, Paulus, Kefas, Yakobus, Adam, Kerajaan Allah, Kitab Suci, Taurat.

Rangkuman Pasal: Kebangkitan Kristus, bersama dengan karya penebusan-Nya, adalah dasar dari semua ajaran Kristen. Itu adalah bukti bahwa dosa telah dihapuskan. Hal ini merupakan dasar untuk iman yang menyelamatkan dan janji bahwa semua yang dipersatukan dalam Tubuh Kristus akan dibangkitkan pada saat kedatangan-Nya untuk menerima tubuh kemuliaan seperti milik-Nya sendiri dan memakai rupa surgawi selamanya.

Fakta: Jika tubuh Kristus masih terbaring di kuburan yang tidak bernama, tidak ada pengharapan bagi orang percaya, dan Injil tidak berarti apa pun, kecuali kehampaan. Bagaimana kita tahu bahwa pengorbanan-Nya untuk dosa itu diterima? Bagaimana kita bisa berharap untuk kebangkitan dan keabadian kita sendiri? "Dalam Kristus, semua akan dihidupkan kembali".

Storyboard:

Storyboard: 1 Korintus 15

Selengkapnya: AlkiPEDIA 1 Korintus 15

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio 1 Korintus 15:

Video 1 Korintus:

Video 1 Korintus

Infografis 1 Korintus:

Infografis 1 Korintus

Selengkapnya: AlkiMedia 1 Korintus 15

ARTIKEL UNTUK PA21

APAKAH ANDA BAHKAN SUDAH MEMBUKA BUKU ITU

Anda tidak dapat menghindarinya kali ini. Ini waktunya untuk membuka Buku Itu.

Berhentilah mondar-mandir. Berhentilah menimbang-nimbang. Dan, (tolong) berhentilah berbicara terlalu banyak. Duduklah. Diamlah. Ini waktunya untuk membuka Buku Itu.

Gambar: Apakah Anda Bahkan Sudah Membuka Buku Itu

Tidak pada Minggu atau suatu hari nanti -- tetapi pada hari ini.

Sebelum Anda mengangkat telepon, inilah saatnya untuk membawa dilema dan kesedihan hati Anda ke takhta.

Sebelum Anda menonton (tayangan) Oprah, bertanya kepada Dr. Oz, atau mengikuti nasihat Osteen ..., sudah waktunya membuka Buku Itu.

Tidak ada yang akan melakukannya untuk Anda. Anda bisa menunggu di stasiun sepanjang hari. Namun, Anda menunggu kereta yang tidak akan datang. Kali ini, sifatnya pribadi. Sudah waktunya membuka Buku Itu.

Tidak ada yang menyimpan rahasia Anda. Semuanya ada di sana. Di dalam Buku Itu.

Selengkapnya: Apakah Anda Bahkan Sudah Membuka Buku Itu


ALKITAB + SCIENCE

PARA ARKEOLOG MENEMUKAN PERMAKAMAN FILISTIN PERTAMA DI ISRAEL

Permakaman dari era Ashkelon kuno, yang berusia 2700--3000 tahun, membuktikan bahwa orang Filistin berasal dari wilayah Laut Aegea, dan bahwa mereka, berbeda dengan pemahaman yang dikenal secara umum, adalah rakyat yang hidup dengan damai.

Gambar: Permakaman Filistin pertama di Israel

Sebuah permakaman besar Filistin berusia kira-kira 3000 tahun ditemukan di pelabuhan Mediterania Ashkelon. Cara penguburannya membuktikan, untuk pertama kalinya, bahwa orang Filistin pasti datang dari wilayah Laut Aegea, dan mereka memiliki hubungan yang sangat dekat dengan bangsa Fenisia.

"Sembilan puluh sembilan persen dari bab dan artikel yang ditulis tentang tradisi pemakaman Filistin kini harus diperbaiki atau diabaikan karena kita mempunyai makam Filistin yang pertama dan satu-satunya," kata Lawrence E. Stager, Profesor Dorot bidang Arkeologi Israel, Emeritus, di Universitas Harvard.

Permakaman tersebut ditemukan tepat di luar tembok kota Tel Ashkelon, salah satu dari lima kota utama Filistin di Israel kuno.

Permakaman yang ditemukan memiliki lebih dari 150 makam pribadi yang berasal dari abad ke-11 sampai ke-8 SM. Kuburan yang belum tersentuh tersebut memberikan titik terang bagi misteri yang telah membingungkan para arkeolog selama beberapa dekade: asal-usul bangsa Filistin.

"Pertanyaan mendasar yang ingin kami ketahui adalah dari mana asal orang-orang ini," kata Dr. Sherry Fox, seorang antropolog fisik yang mengambil sampel tulang untuk dianalisis, termasuk untuk studi DNA, dan studi radiokarbon serta jarak biologis.

Selengkapnya: Para Arkeolog Menemukan ....

BERITA PA21
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Aji, Davida, dan Yulia.
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2017 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!