Skip to main content
Submitted by admin on Wed, 05/31/2017 - 11:14
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 2 | April 2017
AlkiPEDIA / AlkiMedia :: Matius 28: Kebangkitan Kristus dan Amanat Agung Kegiatan #Ayo_PA! :: Informasi Seputar Gerakan #Ayo_PA! di Situs ayo-pa.org PA Bersama di YLSA :: Kitab Yakobus Artikel PA21 :: Bagaimana Membaca Alkitab untuk Mendapat Semua Manfaat/Nilainya Alkitab + Science :: Alphabet Tertua Diinterpretasi sebagai Alphabet Ibrani

EDITORIAL

Shalom,

Kami senang sekali bisa bertemu lagi dengan Anda pada edisi kedua publikasi PA21 April ini. Kami berdoa agar kiranya publikasi PA21 dapat menjadi sarana yang bermanfaat untuk menolong Anda semakin mencintai firman Tuhan. Sajian kami antara lain, kolom AlkiPEDIA / AlkiMedia yang mengambil tema Kebangkitan Tuhan Yesus dan Amanat Agung, kolom PA Bersama di YLSA yang membahas metode PA yang menarik untuk mempelajari kitab Yakobus, ulasan situs ayo-pa.org untuk menyampaikan informasi yang lengkap tentang gerakan #Ayo_PA!, dan artikel tentang cara menafsirkan Alkitab dan penelitian alfabet Ibrani yang terukir pada lempengan-lempengan hieroglif di Mesir.

Besar harapan kami, Anda semakin bergairah membaca bahan-bahan yang kami sajikan. Jika ada usulan-usulan bahan lain, kami mendorong Anda untuk menulis email ke redaksi agar publikasi PA21 ini dapat menghadirkan sajian yang makin bermutu. Demikian pengantar dari kami. Segenap redaksi mengucapkan selamat membaca, semoga menjadi berkat.

In Christ,

Aji

Pemimpin Redaksi PA21,
Aji

 
ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

MATIUS 28: KEBANGKITAN KRISTUS DAN AMANAT AGUNG

 

I. Dari AlkiPEDIA

Tema: Kebangkitan Kristus

Esensi Pasal: Kebangkitan Yesus. Yesus di Galilea dan Amanat Agung.

Ringkasan Pasal:

28:1 == Kebangkitan Kristus dinyatakan oleh seorang malaikat kepada para wanita.
28:9 == Dia menampakkan Diri kepada mereka.
28:11 == Imam kepala menyuap para prajurit untuk mengatakan bahwa Dia dicuri dari kubur-Nya.
28:16 == Kristus muncul di antara para murid-Nya,
28:18 == dan mengutus mereka untuk membaptis dan menjadikan semua bangsa murid-Nya.

Tokoh:
Allah, Yesus, Roh Kudus, 2 Maria, murid-murid.

Nama dan Tempat:
Galilea, Magdalena, Maria, Maria Magdalena, Roh Kudus, Sabat, Tuhan, Yahudi, Yesus

Rangkuman pasal: Yesus Kristus dinyatakan sebagai Anak Allah dengan kuasa, melalui kebangkitan-Nya dari kematian (ay. 18; Rm 1:4) dan diterima oleh Bapa. Karya-Nya yang menebus di atas kayu salib menjamin semua orang yang akan menerimanya. Mereka yang dipelihara di dalam kesadaran akan kehadiran-Nya (ay. 20) pasti menyelesaikan apa yang sudah ditetapkan-Nya, yaitu menyampaikan kabar keselamatan kepada semua manusia.

Fakta: Kebangkitan adalah pusat dari semua kisah ajaib--matahari tetap memelihara mereka tetap di orbit mereka. Ini adalah dikalahkannya ketidaksetiaan. Jika Dia tidak secara harfiah bangkit dari kubur, bukan hanya kejujuran-Nya yang dipertaruhkan, tetapi iman sia-sia (ay. 14, 17); kesaksian para murid palsu (ay. 15); kita tetap di dalam dosa kita (ay. 17); orang-orang mati binasa (ay. 18), dan keadaan kita adalah yang paling menyedihkan (ay. 19) -- NAMUN -- DIA BANGKIT.

Storyboard:

Storyboard: Matius 28

Selengkapnya: AlkiPEDIA Matius 28

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio Matius 28:

Video tentang Matius 14 -- 28:

Video tentang Matius 14-28

Infografis Matius:

Infografis Matius

Selengkapnya: AlkiMedia Matius 28

KEGIATAN #AYO_PA!

INFORMASI SEPUTAR GERAKAN #AYO_PA! DI SITUS AYO-PA.ORG

 

Situs ayo-pa.org adalah situs utama untuk mendapatkan informasi mengenai latar belakang, visi, dan misi gerakan #Ayo_PA! yang dicanangkan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Karena gerakan ini terkait dengan tema PA abad ke-21, dalam situs ini YLSA juga menyertakan publikasi PA21--sebagai suara gerakan #Ayo_PA!--supaya publikasi tersebut bisa diakses oleh siapa saja. Silakan menyimak publikasi tersebut pada menu PA21. Pengunjung juga bisa mempelajari metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa+Diskusi, Aplikasi) yang secara khusus dirancang untuk melakukan PA dengan gadget. Seperti apa caranya? Simak lebih jauh pada menu Metode. Di samping metode S.A.B.D.A., YLSA membahas berbagai cara/metode PA lainnya karena semakin banyak metode PA yang kita ketahui, semakin mudah kita menemukan metode yang cocok untuk kebutuhan kita. Anda bisa menyimak berbagai metode tersebut di bawah submenu S.A.B.D.A. pada menu Metode.

Abad ke-21 ditandai dengan berbagai kemajuan teknologi informasi. Oleh karena itu, PA abad ini harus dilengkapi dengan alat-alat yang tepat dan mudah untuk mengakses bahan-bahan digital yang menunjang pembelajaran firman Tuhan. Situs ayo-pa.org telah menyediakan halaman-halaman khusus tempat Anda bisa mendapatkan aplikasi dan bahan-bahan digital tersebut melalui menu Resources. Ada artikel-artikel, galeri, bahan-bahan multimedia, bahan PowerPoint, dan tentunya berbagai aplikasi Alkitab, dan bahan-bahan biblika yang seluruhnya bisa didapatkan secara gratis. Situs ayo-pa.org juga terintegrasi dengan komunitas #Ayo-PA! di situs ayo-pa.net, serta situs ayo-pa.com tempat Anda bisa ber-PA secara daring (redaksi akan membahas kedua situs ini pada kesempatan lain - Red.). Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh serba-serbi gerakan #Ayo_PA!, keterangan tersebut bisa Anda peroleh melalui menu FAQ (Frequently Asked Questions).

Melalui situs ayo-pa.org, YLSA berharap semua pihak bisa belajar tentang gerakan #Ayo_PA! dan PA abad ke-21. YLSA juga mendorong agar informasi ini bisa disebarkan kepada rekan-rekan Anda, khususnya kaum muda, agar mereka bisa terdorong untuk memiliki kebiasaan ber-PA dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan generasi mereka. Jika masih ada pertanyaan tentang situs ini, silakan menghubungi Admin melalui alamat e-mail info@ayo-pa.org.


PA BERSAMA DI YLSA

PENDALAMAN ALKITAB: KITAB YAKOBUS

 

Pada Maret-April 2017, staf YLSA meneruskan pembelajaran kitab hikmat dengan mempelajari satu-satunya kitab hikmat yang ada di Perjanjian Baru, yaitu kitab Yakobus. Menurut sejarah, Yakobus adalah kerabat Yesus, dan seorang yang banyak membaca kitab Amsal, Pengkhotbah, Ayub, atau khotbah-khotbah Yesus di bukit pada kitab-kitab Injil. Tidak mengherankan, pengajaran-pengajarannya banyak memiliki kemiripan dengan atau dipengaruhi oleh ajaran kitab-kitab hikmat PL dan ucapan-ucapan Yesus. Sebelum memulai pembelajaran kitab Yakobus, sekali lagi kami mencoba melihat gambaran umum kitab Yakobus dengan menyimak video kitab Yakobus yang dibuat oleh tim The Bible Project berupa animasi infografis. Kemudian, kami menerapkan lima metode PA berikut ini sebagai sarana untuk membantu mempelajarinya. Berikut penjelasannya.

1. Mencari Topik/Tema Besar (Yakobus 1).
PA kitab Yakobus kami mulai dengan mempelajari Yakobus pasal 1. Kitab Yakobus pasal 1 merupakan ringkasan ajaran hikmat Yakobus yang ada pada pasal 2-5. Oleh karena itu, mencari topik/tema adalah hal yang penting pada pasal ini untuk melihat keseluruhan ajaran hikmat Yakobus. Untuk melakukannya, kami membentuk kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 orang dan mendiskusikan tema-tema besar pengajaran Yakobus. Kemudian, pada PA pertemuan berikutnya, kami membagikan hasil pencarian tema-tema tersebut dalam kelompok besar. Metode ini menolong peserta untuk jeli mencari sebanyak mungkin pokok-pokok ajaran dalam kitab Yakobus.
2. Metode S.A.B.D.A. (Yakobus 2-4).
Setelah selesai mempelajari pasal 1, kami berpindah ke Yakobus 2-4 dengan menggunakan metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa+Diskusi, Aplikasi) yang pelatihannya sudah kami lakukan dalam banyak roadshow #Ayo_PA!. Selain menggunakan Alkitab SABDA Android untuk menyimak kitab Yakobus, kami juga memanfaatkan aplikasi Tafsiran, Kamus Alkitab, dan AlkiPEDIA untuk membantu memperdalam pengertian kami. Secara ringkas, kami melakukan PA dengan menyimak seluruh perikop dalam Yakobus 2-4. Kami mencermati dan memahami konteks ajaran, menganalisis data-data yang disebutkan, mengambil kesimpulan, menentukan aplikasi, dan berbagi pokok doa. Lalu, kami membagikan hasil "Belajar" kami sekaligus "Aplikasi"-nya dalam kelompok besar. Bagi Anda yang belum familier dengan metode S.A.B.D.A., silakan mempelajarinya dengan mengunjungi halaman Metode S.A.B.D.A. Anda juga bisa melakukan PA secara daring menggunakan metode S.A.B.D.A. pada situs ayo-pa.com atau melakukan PA bersama dalam komunitas #Ayo_PA!.
3. Mencari Rincian Ajaran Hikmat (Yakobus 1-5). (....)
4. Guided Questions (Yakobus pasal 5). (....)
5. Paralelisme antara Yakobus-Matius (Yakobus seluruh pasal -- Matius 5-7). (....)

Sebagian catatan PA Yakobus ini dapat Anda akses dalam halaman catatan.

 

Rostika S. Novantina

Bersyukur dapat belajar banyak dari PA kitab Yakobus. Setelah dikupas lebih dalam, banyak sekali referensi silang setiap ayatnya dengan Injil. Salah satunya adalah Khotbah di Bukit. Saya kembali diingatkan bahwa hidup seorang pengikut Kristus bukan lagi berbicara mengenai kehendak pribadi, melainkan kehendak Allah.

[Rostika S. Novantina, staf YLSA]

Widodo

Kitab Yakobus benar-benar mengoreksi fokus hidup saya. Saya belajar untuk lebih mencari hikmat Tuhan daripada sekadar mengandalkan hikmat dunia dan diri sendiri. Keinginan-keinginan daging atau diri sendiri harus diletakkan di bawah kaki Kristus.

[Widodo Suhartono, staf YLSA]

Selengkapnya: Pendalaman Alkitab ....

ARTIKEL PA21

BAGAIMANA MEMBACA ALKITAB UNTUK MENDAPAT SEMUA MANFAAT/NILAINYA

Dalam buku How to Read the Bible for All Its Worth, para penulisnya, Gordon D. Fee dan Douglas Stuart, memperlengkapi pembaca dengan sebuah panduan yang baik tentang bagaimana mempelajari tiap versi Alkitab dan membacanya secara cerdas. Ini adalah satu dari sepuluh buku untuk penggunaan Alkitab terfavorit saya. Berikut ini adalah sejumlah informasi kecil dari dua bab pertama.

Gambar: Membaca Alkitab

Alkitab bersifat manusiawi dan spiritual pada waktu yang bersamaan--itu adalah firman Allah yang diberikan dalam bahasa manusia dalam sejarah.

Alkitab bukanlah serangkaian dalil dan perintah; itu bukanlah semata-mata koleksi "Perkataan dari Allah Sang Kepala".

Satu persoalan serius yang dimiliki masyarakat tentang Alkitab bukanlah kurangnya pemahaman ..., melainkan kurangnya ketaatan terhadapnya--mewujudkannya dalam praktik.

Selengkapnya: Membaca Alkitab ....

ALKITAB + SCIENCE

ALPHABET TERTUA DIINTERPRETASI SEBAGAI ALPHABET IBRANI

SAN ANTONIO -- Alfabet tertua di dunia, yang terpahat pada lempengan-lempengan batu di sejumlah situs bersejarah di Mesir adalah abjad Ibrani tertua, dan disebut sebagai satu hasil penelitian baru yang kontroversial.

Gambar: Alphabet Tertua

Orang-orang Israel yang hidup di Mesir mengonversikan huruf hieroglif menjadi abjad Ibrani versi pertama lebih dari 3.800 tahun yang lalu, pada masa ketika menurut Perjanjian Lama (PL) orang-orang Yahudi hidup di Mesir, demikian menurut ahli arkeologi dan epigrafi, Douglas Petrovich, dari Universitas Wilfrid Laurier di Waterloo, Kanada. Para penutur bahasa Ibrani mencoba berkomunikasi secara tertulis dengan orang-orang Yahudi Mesir lainnya menggunakan tulisan hieroglif yang disederhanakan ke dalam 22 huruf abjad, seperti yang dikatakan Petrovich pada 17 November, pada pertemuan tahunan American Schools of Oriental Research.

"Ada hubungan antara naskah-naskah kuno Mesir dan abjad-abjad yang kami temukan," kata Petrovich.

Selengkapnya: Alphabet Tertua ....
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Aji, Davida, dan Yulia.
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2017 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!