Skip to main content
Submitted by admin on Wed, 05/02/2018 - 07:19
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 14 | April 2018
Kegiatan #Ayo_PA! :: Pelayanan Tim #Ayo_PA! pada April 2018 Alkitab Project Indonesia :: Video: Roh Kudus PA Bersama di YLSA :: Langkah-Langkah Ber-PA “Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah” AlkiPEDIA / AlkiMedia :: Kisah Para Rasul 2: Khotbah Petrus Alkitab + Science :: Cenacle: Tempat Perjamuan Malam Terakhir dan Turunnya Roh Kudus Artikel untuk PA21 :: Roh Kudus yang Dijanjikan Berita PA21 :: Proyek Pengembangan Aplikasi AlkiPEDIA dan AlkiMedia // Proyek Penerjemahan Komik Alkitab // Studi Alkitab Menggunakan Software SABDA 5.0

EDITORIAL

Shalom para pembaca,

Tidak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan kelima tahun ini. Artinya, peringatan Pentakosta sudah di depan mata. Dua ribu tahun yang lalu, Roh Kudus dicurahkan kepada murid-murid Yesus di Yerusalem, dan dengan demikian memberi otoritas dan kuasa kepada gereja untuk meneruskan pekerjaan-Nya. Sampai hari ini, Roh Kudus terus berkarya di tengah-tengah orang percaya. Akan tetapi, siapakah Roh Kudus itu, dan bagaimana cara Dia bekerja?

Edisi PA21 kali ini secara khusus memfokuskan bahasan tentang Pribadi dan karya Roh Kudus sebagaimana diwahyukan dalam Kitab Suci. Video tematik yang tersaji dalam kolom API secara sistematis akan mengulas topik ini. Khotbah Petrus yang fenomenal dalam Kisah Para Rasul 2, sebagai buah karya Roh Kudus, juga dibahas dengan terperinci dalam kolom AlkiPEDIA / AlkiMedia. Untuk renungan dan refleksi pribadi terkait dengan Roh Kudus, jangan lewatkan artikel PA21 berjudul Roh Kudus yang Dijanjikan. Bukan hanya hikmat spiritual yang kami bagikan, edisi kali ini juga mengulas situs arkeologi tempat turunnya Roh Kudus atas Para Rasul. Simak pula laporan kegiatan #Ayo_PA! sepanjang bulan April dan langkah-langkah ber-PA menggunakan buku Michael Densmoor yang kiranya bisa menjadi inspirasi bagi Saudara.

Selamat menikmati rangkaian sajian kami, dan bagikan berkat yang Saudara dapatkan lewat alamat kontak yang tersedia. Tuhan Yesus memberkati.

In Christ,

Aji

Pemimpin Redaksi PA21,
Aji

 
KEGIATAN #AYO_PA!

PELAYANAN TIM #AYO_PA! PADA APRIL 2018

1. STT AIMI, Surakarta: Studi Alkitab pada Era Digital

Roadshow #Ayo_PA! di STT AIMI

Kegiatan #Ayo_PA! yang pertama pada April 2018 adalah pelatihan Studi Alkitab pada Era Digital (satu dari total empat pelatihan) di STT AIMI, Surakarta, yang dilaksanakan pada tanggal 5. Materi pelatihan ini merupakan pengembangan dari materi #Ayo_PA! sebelumnya. Akan ada empat kali pertemuan, dan setiap pertemuan akan membahas secara spesifik langkah-langkah metode PA dengan metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa+Diskusi, Aplikasi). Pelatihan tahap pertama ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta, yang terdiri dari anggota komunitas pendeta, dosen, dan mahasiswa/i STT AIMI. Materi yang disampaikan dalam pertemuan pertama ini adalah pengantar pendalaman Alkitab, bahan-bahan studi Alkitab dan platform digitalnya, penjelasan metode S.A.B.D.A., dan pemaparan langkah Simak. Pada pertemuan yang kedua, tim #Ayo_PA! akan memaparkan materi tentang langkah Analisa serta bahan/alat PA yang dapat digunakan.

2. GKI Ngupasan, Yogyakarta: Pendalaman Alkitab dengan HP

Roadshow #Ayo_PA! di GKI Ngupasan, Yogyakarta

Kurang lebih 80 peserta mengikuti pelatihan #Ayo_PA! yang diselenggarakan di GKI Ngupasan, Yogyakarta pada 10 April 2018. Hampir semua peserta adalah digital immigrant. Meski demikian, mereka sangat antusias mengikuti setiap penjelasan yang disampaikan oleh tim #Ayo_PA!. Peserta yang hadir adalah mereka yang memang sudah rutin melakukan PA secara berkelompok. Kegiatan kali ini sangat menolong mereka untuk melakukan PA dengan lebih mendalam dan menyenangkan karena sekarang di HP mereka sudah ada lima aplikasi Android untuk ber-PA (Alkitab yang terintegrasi dengan berbagai alat dan bahan untuk mendalami Alkitab).

3. Kelompok-Kelompok Persekutuan di Surakarta: Pendalaman Alkitab dengan HP

Roadshow #Ayo_PA! di kelompok-kelompok persekutuan Surakarta

Pada tanggal 7, 11, 13, dan 21 April 2018, tim #Ayo_PA! memberikan pelatihan melakukan PA pada era digital kepada anggota kelompok-kelompok persekutuan di Surakarta. Ada empat tempat pelaksanaan dengan peserta yang berbeda-beda. Banyak peserta yang baru memahami arti penting PA, baik itu secara pribadi maupun berkelompok. Mereka juga mendapatkan pengetahuan yang baru mengenai Alkitab dalam versi digital dan integrasinya dengan bahan-bahan biblika lainnya. Kiranya Tuhan menolong setiap peserta yang telah mengikuti pelatihan untuk dapat melakukan PA dengan efektif pada era digital ini.


API -- ALKITAB PROJECT INDONESIA

VIDEO: ROH KUDUS

Roh Kudus, Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal, sering kali mendapat perhatian dan pembahasan yang tidak terlalu banyak di kalangan kristiani. Hal itu tidak mengherankan, sebab bila dibandingkan dengan Pribadi Allah Bapa, apalagi Allah Anak (Yesus) yang pernah menjadi manusia, sosok Roh Kudus memang tampak paling abstrak. Keberadaan-Nya kerap dimengerti sebagai kuasa atau tenaga atau pekerjaan Allah semata sehingga eksistensi-Nya sebagai Pribadi menjadi kabur dan kurang mendapat perhatian. Padahal, Ialah yang berkarya di bumi pascakenaikan Yesus, untuk menyertai orang percaya (lihat Yohanes 14:16-17), membuat kita mengerti firman Tuhan (lihat Yohanes 14:26), menjadi jaminan penggenapan keselamatan (lihat Efesus 1:14), dan masih banyak lagi peranan-Nya dalam kehidupan kita. Ia adalah suara lembut yang menegur kita ketika kita berdosa, dorongan yang menggerakkan kita untuk berdoa, kuasa ajaib yang menaruh perkataan ke dalam mulut kita saat kita tidak berdaya. Singkatnya, seluruh hidup kekristenan kita ditopang oleh Roh Kudus.

Oleh sebab itu, sebagai orang percaya, kita harus mengenal Allah kita ini sebagaimana Ia ingin dikenal sehingga ketakjuban dan penyembahan kita kepada-Nya menjadi semakin dalam. Guna membantu kita lebih memahami doktrin Roh Kudus dan mempertajam pengenalan akan Dia, Redaksi mengajak Anda menyaksikan video berjudul Roh Kudus dari The Bible Project Indonesia. Seluruh materinya memiliki landasan alkitabiah, dan bisa melengkapi pembelajaran Anda mengenai Roh Kudus dari membaca Kitab Suci. Di dalamnya, Anda akan menjumpai beberapa poin pembahasan, seperti:

  • Kata dan pengertian Roh Kudus dalam bahasa aslinya (Ibrani);
  • Roh Kudus dalam Perjanjian Lama;
  • Roh Kudus dalam Perjanjian Baru;
  • Peranan Roh Kudus dalam pertobatan manusia;
  • Roh Kudus dan Yesus;
  • Peranan Roh Kudus dalam ciptaan baru;
  • Kesinambungan karya Roh Kudus sejak dahulu hingga sekarang.

Video ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan bisa Anda buka melalui thumbnail di bawah ini:

Video: Roh Kudus

Dapatkan pula video di atas melalui situs YouTube. Selamat menyaksikan. Semoga membawa berkat.


PA BERSAMA DI YLSA

LANGKAH-LANGKAH BER-PA “DITETAPKAN UNTUK MENGHASILKAN BUAH”

Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah karya Michael Densmoor masih menjadi bahan PA staf SABDA selama April ini. Sistematika bahan dan kedalaman pembahasan ayat melalui renungan yang disampaikan sangat menolong kami dalam ber-PA. Kami bisa menggali ayat secara sistematis, sebab setiap renungan menggunakan ayat yang berurutan. Sementara itu, renungan yang disajikan sangatlah mendalam dan memberi pengertian-pengertian baru bagi kami untuk senantiasa melekat kepada Tuhan dan hidup seturut dengan firman-Nya sehingga hidup kami bisa berbuah, bahkan berbuah banyak (lihat Yohanes 15:5). Setiap materi dalam buku renungan ini terdiri dari empat bagian pokok, yaitu:

  1. Ayat kunci
  2. Bacaan Alkitab
  3. Renungan
  4. Pertanyaan Refleksi

Gambar: Buku Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah

Fokus PA dalam bulan ini adalah Yohanes 14 dan 15. Dalam pelaksanaannya, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok PA. Setiap kelompok terdiri dari 3 -- 4 orang. Pada dasarnya, kami memakai prinsip-prinsip metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa+Diskusi, Aplikasi) untuk melakukan PA dengan buku ini. Adapun langkah-langkah PA yang kami terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Membaca Ayat Kunci dan Bacaan Alkitab yang dicantumkan menggunakan beberapa versi Alkitab, juga menggunakan AlkiPEDIA atau Kamus Alkitab untuk mendalami kata-kata penting dalam ayat tersebut
  2. Menganalisis Ayat Kunci dan mempelajari maknanya, serta mempelajari keterkaitan antara Ayat Kunci dan Bacaan Alkitab.
  3. Membagikan hasil belajar di atas kepada anggota kelompok.
  4. Membaca dan merefleksikan Renungan sekaligus pertanyaan.
  5. Saling mengemukakan kesimpulan hasil belajar, renungan, dan jawaban pertanyaan.
  6. Berbagi aplikasi dan tindakan yang akan dilakukan sebagai respons terhadap firman Tuhan yang baru saja dipelajari.

Pada bagian akhir proses PA, setiap anggota menyampaikan pokok doa untuk didoakan bersama sekaligus mendoakan aplikasinya. Saudara sekalian bisa ber-PA dengan langkah yang bervariasi, tetapi yang terpenting adalah memahami firman Tuhan, taat, dan melakukan kehendak-Nya. Kiranya Tuhan membukakan hati dan pikiran kita sehingga kita dimampukan untuk terus melekat kepada Kristus, pokok anggur kita.


ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

KISAH PARA RASUL 2: KHOTBAH PETRUS

I. Dari AlkiPEDIA

Esensi Pasal: Datangnya Roh Kudus pada hari Pentakosta. Injil diberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi. Khotbah besar Petrus tentang Kristus yang bangkit dan pertobatan orang-orang.

Ringkasan Pasal:

2:1 == Para rasul, dipenuhi oleh Roh Kudus, dan berbicara dalam berbagai bahasa, dikagumi oleh beberapa orang, tetapi dianggap mabuk oleh yang lain;
2:14 == yang ditegur oleh Petrus;
2:37 == dia membaptis sejumlah besar orang yang bertobat;
2:41 == yang kemudian bertekun dan hidup berbagi bersama-sama; para rasul mengadakan banyak mukjizat, dan setiap hari Allah menambahkan jumlah mereka.

Nama dan Tempat:
Allah, Yesus, Kristus, Mesias, Tuhan, Roh Kudus, Bait Allah, Israel, Pentakosta, Arab, Asia, Daud, Elam, Frigia, Galilea, Kapadokia, Kirene, Kreta, Libia, Media, Mesir, Mesopotamia, Nazaret, Pamfilia, Partia, Petrus, Pontus, Roma, Yahudi, Yerusalem, Yudea

Rangkuman Pasal: Sampai Yesus Kristus kembali ke surga. Dia mencurahkan Roh Kudus atas milik kepunyaan-Nya, membuktikan kedatangan-Nya sebagai Anak Domba Allah yang dikurbankan, dan mengkhususkan para pengikut-Nya sebagai pembawa berita dari surga. Kepenuhan Roh Kudus diperlukan untuk pemahaman yang benar tentang Kitab Suci dan untuk memperkenalkan Yesus Kristus dengan kuasa yang meyakinkan kepada manusia yang belum selamat.

Fakta: ay. 32-34. Tiga bukti yang meyakinkan di sini diberikan bahwa Yesus Kristus bangkit dari kematian. 1) Dia dilihat oleh para murid. 2) Roh Kudus telah turun ke atas manusia dan janji ini dipersiapkan oleh Yesus pada kebangkitan-Nya. 3) Nubuat-nubuat menyatakan Dia tidak akan melihat lubang kubur.

Storyboard:

Storyboard: Kisah Para Rasul 2

Selengkapnya: AlkiPEDIA Kisah Para Rasul 2

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio Kisah Para Rasul 2:

Video Kisah Para Rasul 1 -- 12:

Video: Kisah Para Rasul 1 -- 12

Infografis Kisah Para Rasul:

Infografis: Kisah Para Rasul

Selengkapnya: AlkiMedia Kisah Para Rasul 2

ALKITAB + SCIENCE

CENACLE: TEMPAT PERJAMUAN MALAM TERAKHIR DAN TURUNNYA ROH KUDUS

Menurut tradisi, ruangan atas Cenacle yang terletak di kawasan Gunung Sion, Yerusalem, adalah tempat dua peristiwa besar yang diperingati dalam jemaat Kristen mula-mula, yaitu Perjamuan Makan Malam Terakhir dan turunnya Roh Kudus atas Para Rasul.

  1. Perjamuan makan malam terakhir adalah ketika Yesus makan bersama dengan para rasul-Nya pada malam sebelum Dia meninggal. Saat makan itu, Dia mengadakan Ekaristi.
  2. Turunnya Roh Kudus, pada hari Pentakosta, dikenal sebagai tanda lahirnya gereja Kristen.

Cenacle terletak di lantai atas sebuah bangunan tingkat dua dekat Gereja Dormition, sebelah selatan Pintu Gerbang Sion di tembok kota kuno Yerusalem.

Di atasnya, terdapat menara sebuah masjid Muslim; tepat di bawahnya adalah tempat suci kaum Yahudi yang dihormati/dipandang sebagai makam Raja Daud (meskipun dia tidak dikuburkan di sana).

Selengkapnya: Cenacle

ARTIKEL UNTUK PA21

ROH KUDUS YANG DIJANJIKAN

Pada suatu hari, salah seorang hamba Tuhan yang terkenal berkata, “Ketika saya ingin memperluas alam sadar saya dan mulai berpikir tentang segala kelemahan saya, maka saya terus dan terus mengatakan kepada diri saya sendiri kata-kata yang penuh kuasa dan yang memberi penjelasan bahwa Allah itu Mahakuasa.” Pemazmur dalam tulisannya yang ke-8 (lihat Mazmur 8:1-9), pada waktu memandang langit, dia memandang dengan sekilas kemahakuasaan Allah dan hal-hal yang mungkin bisa dialami manusia. Dan, dengan bimbingan Roh Kudus, dia menulis:

Turunnya Roh Kudus dalam bentuk lidah-lidah api

“Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan: apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya.” (Mazmur 8:3-6)

Roh Kudus selalu ada. Dalam Alkitab, dari Kejadian hingga Wahyu, kita menjadi tahu bahwa Roh Kudus, Roh Allah, bekerja di dunia ini untuk menjadikan manusia hidup dan berkelimpahan secara rohani. “Roh dan pengantin perempuan itu berkata, “Marilah!” Biarlah orang yang mendengar ini berkata, “Marilah!” Biarlah orang yang haus datang; biarlah orang yang bersedia mengambil air kehidupan secara cuma-cuma.” (Wahyu 22:17, AYT)

Selengkapnya: Roh Kudus ....

BERITA PA21
  • Tim ITS terus bekerja keras untuk menyelesaikan aplikasi AlkiMEDIA. Kiranya Tuhan menolong agar tim ITS tetap teguh dan teliti mengerjakan proyek ini sampai selesai.
  • YLSA sedang mengerjakan proyek penerjemahan beberapa komik Alkitab versi digital, yang sebagian hasilnya akan kami kabarkan dalam edisi PA21 selanjutnya. Mohon dukungan doa dari para pembaca agar proyek ini dapat berjalan lancar.
  • Dapatkan software SABDA 5.0 di situs SABDA.net untuk menolong Anda menggali kitab suci secara offline. Tersedia ratusan versi Alkitab dan bahan studi Alkitab.
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Aji, Davida, dan Yulia.
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2018 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!