Skip to main content
Submitted by admin on Thu, 03/01/2018 - 14:01
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 12 | Februari 2018
Kegiatan #Ayo_PA! :: Roadshow #Ayo_PA! di Tana Toraja Alkitab Project Indonesia :: Video: Survei Kitab Markus, Injil Menurut Markus, dan Lukas 19-23 PA Bersama di YLSA :: PA Februari 2018 AlkiPEDIA / AlkiMedia :: Markus 15: Penyaliban Kristus Alkitab + Science :: Arkeologi Paskah Berita PA21 :: Bahan-Bahan Paskah dari Situs-Situs SABDA // Empat Pelajaran Paskah dari Sekolah Alkitab Audio // Proyek Interlinear AYT

EDITORIAL

Salam para pembaca,

Peristiwa kematian dan kebangkitan sang Juru Selamat akan kita peringati dalam beberapa minggu ke depan. Agar peringatan tahun ini tidak berlalu begitu saja, publikasi PA21 sedini mungkin mengajak Anda untuk mempersiapkan diri menyambut perayaannya dan menghayati karya keselamatan yang dikerjakan Allah Bapa dan Roh Kudus dalam diri Yesus Kristus. Cara terbaik untuk memaknai Paskah adalah dengan mengenal Kristus sendiri, pribadi sentral dalam sejarah penebusan umat manusia.

Kolom-kolom PA21 edisi Februari ini menyediakan beragam bahan studi dan renungan yang sangat menunjang tujuan di atas. Alkitab Project Indonesia beserta AlkiPEDIA menyajikan studi Injil Markus guna mempertajam pengenalan kita akan Kristus, sang Mesias. Bagi Anda yang tertarik pada fakta-fakta historis Alkitab, baik untuk kepentingan apologetika, bahan mengajar, maupun pertumbuhan iman pribadi, artikel PA21 dalam kolom Alkitab + Science akan memenuhi kebutuhan Anda dengan informasi arkeologis terkait minggu terakhir kehidupan Yesus hingga kebangkitan-Nya. Simak pula laporan roadshow #Ayo_PA! bulan Februari dan lanjutan hasil ber-PA dari buku Pdt. Michael Densmoor yang sudah dimulai sejak Januari lalu. Kiranya seluruh rangkaian materi berikut dapat memperlengkapi kita semua dalam masa pra-Paskah ini. Selamat menyimak. Tuhan Yesus memberkati.

In Christ,

Aji

Pemimpin Redaksi PA21,
Aji

 
KEGIATAN #AYO_PA!

Roadshow #Ayo_PA! di Tana Toraja

Puji Tuhan! Kali ini, tim #Ayo_PA! hadir di Tana Toraja untuk menggerakkan hamba-hamba Tuhan menggunakan teknologi untuk mendalami firman Tuhan. Pada 20 -- 23 Februari 2018, sekitar 280 hamba Tuhan gereja KIBAID dari seluruh Indonesia menghadiri kegiatan tahunan Pertemuan Nasional Pekerja Gereja KIBAID 2018. Selain mengadakan rapat terbuka, beberapa seminar juga diadakan untuk memperlengkapi hamba-hamba Tuhan ini dalam pelayanan mereka. Diawali dengan penjelasan tentang pelayanan digital untuk generasi digital, tim #Ayo_PA! memaparkan tentang hubungan gereja dan generasi digital pada abad ke-21 ini. Apakah gereja sudah memperlengkapi diri untuk melayani dan menggembalakan generasi digital native? Apakah gereja sudah mendorong digital native di gerejanya untuk menggunakan gawai mereka sebagai alat untuk melakukan pendalaman Alkitab?

Gambar: Roadshow #Ayo_PA! di Tana Toraja

Secara keseluruhan, peserta mendapatkan banyak hal baru seputar penggunaan teknologi untuk mendalami firman Tuhan. Kami memberikan materi mengenai metode PA S.A.B.D.A. dan bagaimana cara menerapkan metode tersebut dengan aplikasi Alkitab SABDA. Beberapa peserta sudah memiliki aplikasi Alkitab SABDA, AlkiPEDIA, Tafsiran, Kamus Alkitab, dan Peta Alkitab. Namun, mereka mengatakan bahwa mereka belum terlalu memahami bagaimana menggunakannya dengan tepat. Oleh karena itu, pelatihan ini dapat menolong mereka. Diharapkan, ketika hamba-hamba Tuhan sudah mengetahui dan menyadari bagaimana HP harus digunakan untuk kemuliaan Tuhan, terutama untuk kepentingan firman Tuhan, mereka dapat menggerakkan digital native di gerejanya untuk melakukan hal yang sama. Kiranya Tuhan memberikan hikmat dan beban kepada setiap peserta untuk serius menjangkau digital native di gereja bagi Tuhan. Amin.


API -- ALKITAB PROJECT INDONESIA

Video: Survei Kitab Markus, Injil Menurut Markus, dan Lukas 19-23

Alkitab merupakan catatan paling tepercaya dan berotoritas yang memberi kesaksian tentang kehidupan Yesus. Sebagai tulisan yang diilhami oleh Allah, di dalamnya terkandung catatan sejarah kehidupan Yesus, perkataan-perkataan-Nya, dan gambaran kepribadian-Nya. Oleh karena itu, agar dapat mengenal sosok Yesus yang sejati, kita perlu tekun menggali teks-teks Kitab Suci dan menggunakan berbagai sarana penunjang untuk memudahkan proses pembelajaran. Ketiga video berikut ini bisa menjadi bahan-bahan pelengkap untuk studi Anda. Isinya berupa ringkasan kehidupan Yesus melalui sudut pandang kitab Markus dan kitab Lukas.

A. Video "Survei Kitab Markus"

Melalui video "Survei Kitab Markus", Anda akan belajar garis besar kitab Markus, yang di dalamnya sang penulis mengisahkan kronologi kehidupan Yesus sejak awal pelayanan hingga kebangkitan-Nya dalam tiga tema utama, yakni:

  • Siapakah Yesus?
  • Apa artinya Yesus menjadi Sang Mesias?
  • Bagaimana Yesus menjadi Raja?

Sesuai judulnya, video ini membedah Injil Markus menurut struktur penulisannya sehingga kita dapat melihat aspek sastra kitab ini dan pesan-pesannya secara utuh. Video ini bisa Anda akses melalui tautan berikut:

Video: Survei Kitab Markus

B. Video "Injil Menurut Markus"

Dalam video kedua ini, dipaparkan tema teologis utama yang hendak Markus ajarkan kepada pembaca Injilnya, yaitu pernyataan bahwa Yesuslah Mesias, Pembebas yang telah lama dinantikan oleh orang Yahudi. Seluruh narasi yang Markus tuliskan untuk membuktikan pernyataannya dapat dirangkum dalam dua bagian besar, yaitu:

  1. Siapa Yesus?
  2. Bagaimana Yesus menjadi Raja Mesianik?

Anda akan melihat bagaimana setiap episode kehidupan Yesus disusun sedemikian rupa sehingga tiap bagiannya (pembaptisan, mukjizat, pengajaran, minggu sengsara, hingga penyaliban dan kebangkitan) memberi penegasan bahwa Yesus, anak Yusuf si tukang kayu, adalah benar-benar sang Raja yang Mahakuasa. Silakan membuka video ini melalui tautan berikut:

Video: Injil Menurut Markus

C. Video "Lukas 19-23"

Video ini merupakan ringkasan dari Lukas 19-23 dan membahas masa terakhir kehidupan Yesus, yaitu masa-masa menjelang penyaliban-Nya, yang dapat dipandang sebagai puncak pelayanan-Nya. Berfokus pada peristiwa-peristiwa di Yerusalem sejak kedatangan-Nya dengan menunggangi keledai, video ini memberikan pemaparan yang cukup mendetail atas peristiwa-peristiwa yang terjadi pada rentang masa tersebut. Adegan-adegan yang dijabarkan dalam video ini, antara lain:

  1. Yesus memasuki Yerusalem sebagai raja, menggenapi nubuat para nabi.
  2. Yesus menyucikan Bait Allah.
  3. Perseteruan dengan pemimpin agama Yahudi, yang menjadi penyebab konspirasi melawan Yesus.
  4. Perayaan Paskah dan penyataan Perjanjian Baru.
  5. Penangkapan dan penyaliban Yesus.

Bukan sekadar menceritakan ulang kisah Alkitab, di dalam video ini juga diajarkan makna teologis yang ada di balik setiap episode peristiwa, yakni bagaimana Yesus menggenapi nubuatan dan hukum PL sehingga menjadi peringatan akan kasih Allah bagi umat perjanjian baru.

Untuk membuka video ini, silakan klik tautan berikut:

Video: Lukas 19-23

Melalui ketiga video di atas, kami berharap makna Paskah akan semakin jelas bagi Anda, dan Kitab Suci menjadi buku yang terbuka agar kita dapat mengenal Allah sebagaimana Ia menyatakan diri-Nya. Selamat menyaksikan.


PA BERSAMA DI YLSA

PA FEBRUARI 2018

Hingga penghujung Februari 2018, Pendalaman Alkitab di YLSA dilakukan dengan materi renungan dari buku "Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah" karangan Pdt. Michael Densmoor, M.A.. Setelah menghayati kerendahan hati sebagai karakter Kristus pada Januari lalu, kali ini seluruh staf YLSA belajar dari tiga renungan bertema "harga menjadi murid Kristus". Seluruh rangkaian renungan ini memberi teguran keras yang menyadarkan kami tentang betapa seriusnya sikap hati yang harus dimiliki oleh seorang murid. Berikut ini adalah rangkuman hasil belajar kami.

  1. Melaksanakan Bagian Kita [....]
  2. Kasih Penuh Pengorbanan [....]
  3. Bersedia Mati [....]

Kami informasikan sekali lagi bahwa bahan-bahan renungan ini juga kami posting di Facebook Ayo PA tiap Selasa -- Kamis selama Januari -- Maret 2018. Mari bergabung bersama kami untuk mendiskusikan renungan-renungan tersebut dan bersama-sama menggali berbagai pelajaran iman yang bisa didapatkan. Untuk bergabung, silakan membuka tautan berikut ini: http://www.facebook.com/ayo.ayo.pa.

Rode Pardede

Saya bersyukur dapat mengikuti PA di YLSA. Saya jadi mengerti akan pengorbanan Yesus untuk kita dan belajar untuk membalas kasih-Nya dengan memberitakan injil.

[Rode Pardede, staf YLSA]

Yoel Bastian

Renungan "Kasih Penuh Pengorbanan" sungguh membuka pikiran saya. Renungan ini menjawab pertanyaan saya bahwa orang Kristen seharusnya ingin masuk surga bukan karena ingin menikmati kehidupan yang serba baik, tetapi menjawab kerinduan untuk bersekutu langsung dengan Allah.

[Yoel Bastian, staf magang YLSA]

Lena Lumbanraja

Melalui PA ini, saya diingatkan bahwa kasih pengorbanan Yesus sangat besar bagi hidup saya. Pengorbanannya yang besar itu tidak dapat saya balas dengan hal apapun, selain ucapan syukur dengan menjadi saksi bagi Kristus dan menjalankan kehendak-Nya.

[Lena Lumbanraja, staf YLSA]


ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

Markus 15: Penyaliban Kristus

I. Dari AlkiPEDIA

Esensi Pasal: Nikodemus dan lahir baru. Kesaksian terakhir Yohanes Pembaptis.

Ringkasan Pasal:

15:1 == Yesus diikat, dan diadili di hadapan Pilatus.
15:6 == Karena permintaan orang banyak, pembunuh Barabas dibebaskan, dan Yesus dihukum salib.
15:16 == Dia dimahkotai duri, diludahi, dan diolok-olok;
15:21 == hampir pingsan memanggul salib-Nya;
15:27 == digantung di tengah-tengah dua penjahat;
15:29 == menderita dihina oleh orang-orang Yahudi;
15:39 == namun, diakui oleh kepala pasukan sebagai Anak Allah;
15:42 == dan dikubur dengan terhormat oleh Yusuf.

Nama dan Tempat:
Allah, Anak Allah, Yesus, Arimatea, Aleksander, Bait Suci, Barabas, Elia, Galilea, Golgota, Israel, Kerajaan Allah, Kirene, Magdalena, Maria, Maria Magdalena, Mesias, Pilatus, Rufus, Sabat, Salome, Simon, Taurat, Tengkorak, Yahudi, Yakobus, Yerusalem, Yoses, Yusuf, Perwira, 2 Pencuri, Maria Ibu Yoses.

Rangkuman Pasal: 1 Petrus 2:24; Yesaya 53:5,9,10. (Hanya firman Allah sendiri dapat membuat kesimpulan dari adegan ini.)

Fakta: ay. 38. Mengapa tirai terbelah dari atas ke bawah? Itu dikoyakkan dari surga, bukan dunia. Kristus menjadi tebusan dan memuliakan Allah, jalan masuk ke Yang Mahakudus sekarang terbuka. Ibrani 9:8,24; 10:19,22.

Storyboard:

Storyboard: Markus 15

Selengkapnya: AlkiPEDIA Markus 15

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio Markus 15:

Video Markus:

Video Markus

Infografis Markus:

Infografis Markus

Selengkapnya: AlkiMedia Markus

ALKITAB + SCIENCE

ARKEOLOGI PASKAH

Bagi orang Kristen, Paskah mewakili peristiwa klimaks dalam seluruh sejarah umat manusia -- kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Para kritikus berpendapat bahwa itu hanyalah mitos yang lebih berdasarkan pada fiksi daripada fakta. Sebagian bahkan lebih jauh menuduh kekristenan mencuri tema “kematian dan kebangkitan dewa” dari agama-agama lain (meskipun para ahli telah membuktikan dengan kuat bahwa kisah-kisah kematian dan kebangkitan dewa-dewa lain, seperti Dionysus dan Adonis, muncul setelah kekristenan. Jadi, jika memang ada pihak yang mencuri, justru agama-agama penyembah berhala itulah yang “meminjam” tema tersebut dari kekristenan).

Gambar: The Garden Tomb

Arkeologi merupakan satu bidang studi yang harus dipertimbangkan dalam menentukan apakah kematian dan kebangkitan Yesus dari Nazaret, sebagaimana dicatat di dalam kitab-kitab Injil di Alkitab, benar-benar peristiwa yang terjadi dalam sejarah. Selama lebih dari 150 tahun, penggalian-penggalian arkeologis di Israel telah menghasilkan banyak bukti yang mendukung keabsahan historis figur Yesus dari Nazaret. Penggalian-penggalian tersebut mengonfirmasi banyak unsur dari kisah Natal, pelayanan-Nya di Galilea dan Yudea, terutama di tempat ibadah orang Yahudi, dan fakta bahwa dunia tempat Yesus pernah hidup dengan sangat akurat digambarkan dalam kitab-kitab Injil. Namun, tidak ada bukti yang lebih melimpah daripada yang diperoleh ketika mempelajari detail catatan sejarah mengenai kematian dan kebangkitan Yesus dari Nazaret. Berikut adalah rangkuman singkat tentang bukti arkeologis peristiwa Paskah.

Banyak orang Kristen pergi ke Israel pada masa Paskah untuk mencari lokasi-lokasi asli tempat Yesus pernah berada. Sayangnya, beberapa lokasi yang ditunjukkan kepada khalayak religius oleh para pemandu wisata yang bermaksud baik diragukan autentisitasnya. Garden Tomb [Taman Makam] adalah suatu tempat yang tenteram untuk menghayati kebangkitan Yesus, tetapi sebagian besar ahli arkeologi sepakat bahwa ini adalah Iron Age Tomb (kubur dari Zaman Besi) yang sudah berusia 500 tahun pada abad ke-1 Masehi, dan bukan “kuburan baru” (Matius 27:60) yang di dalamnya “belum pernah dibaringkan mayat” (Lukas 23:53) sebagaimana dijelaskan di dalam Alkitab. Dengan adanya banyak keraguan seputar tempat-tempat yang terkait dengan peristiwa Paskah, akan mudah untuk langsung menyimpulkan bahwa arkeologi tidak mendukung catatan yang ada di Alkitab. Hal ini tentu adalah sebuah kekeliruan karena temuan-temuan arkeologis telah mengonfirmasi banyak detail mengenai kisah Paskah.

Selengkapnya: Arkeologi Paskah

BERITA PA21
  • Dapatkan bahan-bahan Paskah terbaik dari situs http://paskah.co dan http://paskah.sabda.org.
  • Bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam tentang makna Paskah, silakan simak empat pelajaran Paskah dari Sekolah Alkitab Audio (Nilai-nilai Paskah, Pesan Jumat Agung, Realitas Kebangkitan, dan Pesan Minggu Palem).
  • Saat ini, tim ITS YLSA sedang mengembangkan interlinear AYT sebagai alat untuk memeriksa hasil editing dan terjemahan AYT Perjanjian Lama (PL). Kami memohon dukungan doa Anda agar alat ini bisa segera diselesaikan dan menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan dan menyempurnakan AYT PL.
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Aji, Davida, dan Yulia.
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2018 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!