Skip to main content
Submitted by admin on Wed, 03/11/2020 - 12:00
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 34 | Februari/Maret 2020
Berita PA21 :: Workshop Alat Suku di YLSA // #PABarengSABDAKomik // Pengerjaan Bahan-Bahan Seputar Kehidupan Yesus Fokus PA21 :: Sejarah Visi Misi YLSA SABDA ME+DIA :: Paket Paskah Istimewa dari SABDA SABDA ME+DIA :: Tetelestai Episode 6: Pendamaian Kegiatan #Ayo_PA! :: Pelatihan #Ayo-PA! di STT Intheos Surakarta PA di YLSA :: PA dengan Video Berseri SHEMA dari Proyek Alkitab Studi Alkitab :: Studi Kata: PASKAH Artikel PA21 :: Disiplin Rohani pada Era Digital

EDITORIAL

Shalom,

Masa Paskah telah tiba! Kabar Baik ini dapat sampai kepada kita tidak lepas dari sumbangan perkembangan teknologi. Mari bersyukur kepada Tuhan! Teknologi tidak hanya memungkinkan tubuh Kristus untuk merayakan Paskah, tetapi juga menolong kita untuk mempersiapkan bahan dan mengubah cara orang dalam melakukan pendalaman Alkitab (PA).

Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya karena pada Januari 2020, kami tidak menerbitkan PA21. PA21 edisi ini adalah gabungan dari PA21 Februari -- Maret 2020. Mohon dukungan doa agar tim Redaksi dapat kembali menerbitkan PA21 2020 dengan teratur. Tuhan Yesus memberkati dan selamat mempersiapkan Paskah!

In Christ,

Evie

Pemimpin Redaksi PA21,
Davida

 
BERITA PA21
  1. Pada 17-21 Februari 2020 telah diadakan workshop Alat Suku: Making Bible Study in Your Language di YLSA. Workshop ini adalah kolaborasi YLSA dengan para penutur bahasa dari beberapa suku di Indonesia dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yang menghasilkan 11 prototipe aplikasi untuk belajar Alkitab dalam beberapa bahasa suku di Indonesia. Puji Tuhan! Jika selama ini tidak ada alat studi Alkitab dalam bahasa suku, kini para peserta dalam workshop ini dapat melihat bagaimana teknologi dapat dipakai untuk membuatnya secara efektif dan efisien. Liputan lengkap mengenai kegiatan ini ada dalam situs Apps4God. Ada 100+ foto kegiatan yang dapat menolong Anda melihat gambaran jelas tentang acara ini. Hasil dari pelatihan ini sedang disiapkan dalam suku.sabda.org. Doakan agar Tuhan menolong YLSA dalam memimpin pelaksanaan ini untuk 50+ bahasa suku lainnya dalam tahun ini.
  2. SABDA Komik akan mengadakan #PABarengSABDAKomik pada 23 Maret -- 3 April 2020. Pendalaman Alkitab (PA) kali ini diadakan dalam rangka menyambut Paskah, dengan menggunakan bahan bertema Paskah dari komik Siapakah Dia? Kami mengajak Anda semua untuk ikut terlibat dalam PA ini dengan mengajak teman-teman yang lain untuk ikut ber-PA dengan komik Alkitab. Silakan bergabung dalam #PABarengSABDAKomik, baik melalui Instagram, Facebook, maupun Twitter @SABDAKomik. Selamat menikmati firman Tuhan dengan cara yang menyenangkan.
  3. Mohon doakan tim Digital Learning dan ITS YLSA yang sedang mempersiapkan bahan-bahan studi Alkitab seputar kehidupan Yesus (Life of Jesus). Bahan-bahan tersebut akan ditampilkan dalam situs Yesus.sabda.org. Kiranya dapat menolong gereja untuk menemukan berbagai bahan biblika dalam mempelajari Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberkati.

FOKUS PA21

Sejarah Visi Misi YLSA

Oleh: Evie

Logo YLSA

Alkitab dan teknologi adalah fokus dari pelayanan YLSA sejak 1994. Selama 25 tahun, Tuhan memimpin dan menyertai YLSA untuk melaksanakan visi dari Allah, yaitu IT4GOD (teknologi untuk kemuliaan Tuhan), dalam bidang Biblical Computing dan Digital Ministry. Mulai dari 20 floppy dan Software SABDA, YLSA terus berkembang. Untuk mewujudkan visi dan misinya, YLSA berkomitmen untuk menjadi fasilitator, katalisator, dan infrastruktur bagi tubuh Kristus di Indonesia untuk dapat mengakses dan melakukan studi Alkitab kapan saja dan di mana saja, dalam segala platform dan teknologi. Ini yang terus menjadi perjuangan YLSA pada abad ke-21 ini.

BEST

Strategi YLSA: BEST

Untuk menjalankan visi dan misi tersebut, YLSA memerlukan strategi dalam pelaksanaannya. Rumusan strategi YLSA adalah BEST. Apa itu BEST? Itu adalah akronim dari Bible Engagement, Bible Study Systems, dan Bible Technologies.

Mari kita mulai dari Bible Study Systems. Fokus YLSA lebih dari hanya Alkitab; YLSA adalah yayasan Studi Alkitab, dan aplikasinya. Untuk itu, YLSA membuat berbagai bahan, alat, metode/proses, dan termasuk training, yang menjadi sistem/platform/ekosistem studi Alkitab. Dalam Bible Engagement, fokusnya adalah "Alkitab yang hidup": tentang pengguna, penggunaannya, dan dampak. Alkitab dan Sistem Studinya pasti harus dapat digunakan oleh tubuh Kristus. Harus ada aplikasinya, yang berarti interaksi/engagement antara bahan, alat, metode, dan sistem dengan penggunanya/masyarakat. Tujuannya adalah firman Tuhan dapat hidup dalam kehidupan tubuh Kristus dan setiap hari mereka mengaplikasikan firman Tuhan. Bible Technologies adalah "dapur" dari Bible Study Systems dan Bible Engagement. Semua itu dikerjakan dengan memanfaatkan teknologi, baik dari mesin, program, programmer, infrastruktur teknologinya, dan sebagainya.

Tantangan dan Pergumulan Pelayanan YLSA

Tetap berfokus dan setia melaksanakan panggilan dan visi dari Tuhan.

1. We can't do it alone!

Harus selalu mengandalkan Tuhan! Dunia digital adalah dunia networking dan interconnecting: YLSA tidak mungkin dapat bekerja tanpa bermitra dan tanpa pelayanan lain. Ini adalah kesempatan untuk tubuh Kristus selalu membuka diri bagi mitra/yayasan lain.

2. Perkembangan data dan teknologi.

Teknologi meledak dalam perkembangan yang pesat dan dengan data alkitabiah yang begitu banyak. YLSA harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Dengan demikian, setiap data yang melimpah itu dapat diolah dengan memanfaatkan teknologi sehingga dapat terintegrasi untuk memberikan pengalaman studi Alkitab yang mendalam, FUN, dan bertanggung jawab.

3. Generasi baru (sudah dan akan datang).

Teknologi sudah mengubah dunia dan menghasilkan Generasi Digital baru, yang masih banyak tidak terhubung dengan firman Tuhan melalui teknologi yang mereka pakai. Oleh karena itu, kami bersama harus kreatif dan inovatif.

4. Gereja

Ini adalah tantangan dan kesempatan/saat untuk gereja maju (siap atau tidak siap) menghadapi era digital dan mengedukasi tubuh Kristus untuk memanfaatkan teknologi dalam mendukung pertumbuhan rohaninya. Bersama dengan gereja, kita harus memikirkan cara dan arti pelayanan abad ke-21.

5. Sumber Daya

  • YLSA membutuhkan segala jenis SDM IT (programmer Kristen, dll..), terus meningkatkan skill, dan kemantapan panggilan pelayanan.
  • Perlu fasilitas dan infrastruktur untuk operasional pelayanan.
  • Perlu konten, promosi, komunikasi, customer service, dan training untuk penggunaannya.
  • Perlu dukungan untuk bidang keuangan/donatur.

Selengkapnya mengenai Sejarah dan Visi Misi YLSA dapat Anda lihat dalam SlideShare di: https://slideshare.net/sabda/sejarah-visi-misi-ylsa-229110510


SABDA ME+DIA

Paket Paskah Istimewa SABDA

Masa Paskah sudah tiba! Nikmatilah Paskah yang bermakna bersama keluarga, rekan, dan para anggota tubuh Kristus lainnya! YLSA sudah menyiapkan dan menyajikan Paket Paskah di Situs Paskah Indonesia. Tersedia dua jenis Paket Paskah (Easter Kit): Paket Paskah Kingstone Indonesia dan Paket Paskah SABDA ME+DIA.

Paket Paskah Kingstone Indonesia

Paket Paskah Kingstone Indonesia

Berisi set komik (The Story: Kisah Kasih Abadi, Kristus 11: Anak Domba Allah, Kristus 12: Sang Raja) dilengkapi dengan kurikulum studi Alkitab dengan komik, dan daftar bahan SABDA Komik dari seri 72 Komik Kingstone Indonesia. Ada juga poster-poster gratis yang menarik untuk gereja Anda!

Paket Paskah SABDA ME+DIA

Berisi tiga jenis bahan, yaitu:

Paket Paskah SABDA ME+DIA

[Redaksi: Untuk melihat sebanyak mungkin resources SABDA dalam satu tempat, silakan buka Cheatsheet Paskah sebagai referensi.]


SABDA ME+DIA

Tetelestai Episode 6: Pendamaian

Tetelestai Episode 6: Pendamaian

Tetelestai Episode 6: Pendamaian sudah siap untuk Anda nikmati! Pada Episode 5: Hukum Taurat, telah dijelaskan bagaimana bangsa Israel dituntut untuk menaati seluruh Hukum Taurat Tuhan. Dalam episode 6, dijelaskan bahwa pemberian Hukum Taurat adalah bagian penting dari rancangan keselamatan Allah. Allah tahu bahwa jika umat-Nya menyadari fakta bahwa mereka adalah orang berdosa, mereka akan menyadari bahwa mereka membutuhkan seseorang untuk menyelamatkan mereka dari dosa mereka. Seseorang akan menjadi juru selamat yang dijanjikan. Di Gunung Sinai, Allah tidak hanya memberikan Hukum Taurat kepada umat-Nya, tetapi Allah juga menyingkapkan kepada Musa rancangan penebusan-Nya yang mengelakkan penghukuman Allah.

Apa saja yang Allah nyatakan kepada Musa mengenai rancangan penebusan dan pendamaian dari-Nya untuk umat Israel? Bagaimana relasinya dengan kehidupan kita saat ini? Selama 28 menit, kita dapat menonton dan belajar lebih lanjut lagi mengenai rancangan pendamaian dari Allah melalui video Tetelestai Episode 6 ini di situs Tetelestai Indonesia. Ayo kita nikmati! (Evie)


KEGIATAN #AYO_PA!

Pelatihan #Ayo-PA! di STT Intheos Surakarta

Pelatihan Software SABDA di STT Intheos Surakarta

Pada 27 Februari 2020, tim YLSA berkesempatan untuk memberikan pelatihan #Ayo-PA! kepada kira-kira 60 mahasiswa di STT Intheos, Surakarta. Pada kesempatan ini, para generasi milenial diajak untuk memanfaatkan teknologi untuk melakukan studi Alkitab (PA) secara mendalam dengan Aplikasi Alkitab dalam smartphone Android mereka. Pelatihan ini adalah salah satu follow up dari #SABDA25. STT Intheos rindu agar mahasiswanya dibekali dengan pengetahuan untuk melakukan PA pada era digital ini menggunakan bahan, alat, dan metode dari SABDA. Selain itu, kami juga mengajarkan kepada mereka bagaimana melakukan PA dengan SABDA Komik dalam Komik Zone. Para peserta terlihat lebih antusias lagi ketika mengetahui bahwa dengan Komik Alkitab, mereka juga dapat melakukan PA dengan mendalam. Pelatihan ini akan kembali diadakan pada 19 Maret 2020 dengan peserta yang berbeda. Kami mendorong para peserta untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka terima lewat pelatihan ini kepada teman-teman dan orang-orang di sekitar mereka agar makin banyak yang dapat memanfaatkan teknologi untuk belajar Alkitab. Dengan demikian, gerakan teknologi bagi kemuliaan Tuhan (IT4GOD) makin meluas. (Evie)


PA DI YLSA

PA dengan Video Berseri SHEMA dari Proyek Alkitab

Salah satu doa dalam Alkitab yang paling penting dan paling terkenal adalah doa Shema yang dikumandangkan setiap pagi dan malam oleh orang Ibrani sepanjang Perjanjian Lama, sampai hari ini Ulangan 6:4-5. "Dengarlah, hai Israel. TUHAN adalah Allah kita. TUHAN adalah satu. Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap kekuatanmu." Enam video "Shema", yang adalah seri Studi Kata dari BibleProject, mengupas lebih dalam setiap kata penting dalam Ulangan 6:4-5 tersebut. Nama Shema diambil dari kata pertama dalam bahasa Ibrani yang berarti "dengarlah/taatilah", dan merupakan kata kunci dari perintah yang Musa berikan kepada bangsa Israel sebelum mereka memasuki tanah perjanjian. Sejak itu, doa ini, yang sarat dengan kuasa dan makna, menjadi doa yang dilafalkan dua kali dalam sehari. Inti utama dalam "Shema" adalah mengakui YHWH yang berarti dengar, taat, dan mengasihi Tuhan dengan segenap jiwa/raga, dan keberadaan kita.

Selama 2 minggu pada Februari 2020, staf YLSA menggunakan video-video dalam seri ini dalam pendalaman Alkitab. Terdapat enam video studi kata yang dibuat oleh BibleProject berdasarkan ayat tersebut, yaitu:

Shema (Dengarlah)

1. Shema (Dengarlah)

Apakah mendengar dan mendengarkan (atau menaati) adalah hal yang sama? Dalam video ini kita dapat belajar perbedaan antara keduanya, setidaknya dari pengertian Ibrani dan perspektif Alkitab. Video ini merupakan video pertama dari seri Studi Kata, yang membahas enam bagian dari doa kuno bangsa Israel dalam Alkitab yang disebut Shema.

YHWH (Allah)

2. YHWH (Allah)

YHWH, Adonai, TUHAN, Yehovah ... Sepertinya, Allah memiliki begitu banyak nama, dengan apa seharusnya kita memanggil/menyebut-Nya? Melalui video ini, kita diajak untuk mempelajari alasan-alasan di balik penyebutan berbagai nama Tuhan yang berbeda-beda sepanjang tradisi Yahudi dan kekristenan selama berabad-abad.

Ahavah (Kasih)

3. Ahavah (Kasih)

Mari bicara tentang kasih yang dimaksud pada zaman Perjanjian Lama! Dalam video ini, kita akan diajak mempelajari beberapa cara para penulis Ibrani menggunakan kata "kasih", dan bagaimana mereka menggambarkan Allah sebagai sumber utama dan satu-satunya kasih sekaligus juga pribadi yang paling layak menerima kasih kita.

Lev (Hati)

4. Lev (Hati)

Budaya yang berbeda menghasilkan konsep dan arti yang berbeda dalam hati manusia, begitu pula para penulis kitab-kitab dalam Alkitab. Dalam video ini, kita diajak untuk belajar mengenai kata "hati" dan empat sisi konsep yang direpresentasikannya. Menurut bahasa aslinya, Lev mencakup esensi pemikiran, perasaan, jasmaniah, dan pilihan manusia.

Nephesh (Jiwa)

5. Nephesh (Jiwa)

Melalui video ini, kita dapat belajar bahwa ternyata kata ini menggambarkan hal yang berbeda dari "jiwa", sebagaimana ia kerap kali diterjemahkan. Nephesh mengacu pada manusia sebagai keberadaan fisik yang hidup dan bernapas atau secara sederhana dapat diartikan sebagai hidup itu sendiri. Bersiaplah untuk terkejut dengan kedalaman arti kata ini secara menyeluruh!

Me'od (Kekuatan)

6. Me'od (Kekuatan)

Apa yang dimaksud dengan mengasihi Allah "dengan segenap kekuatan"? Pada video terakhir dari seri Shema ini, kita diajak untuk mempelajari arti sesungguhnya dari frase ini. Sebagai petunjuk: "kekuatan" hanyalah satu dari begitu banyak kata yang dapat diterjemahkan dari kata me'od ini.

Setelah melakukan Pendalaman Alkitab dengan menggunakan video-video dalam seri ini, kita pasti akan sangat diperkaya dengan pemahaman yang menyeluruh mengenai bagaimana seharusnya kita mengasihi Allah. Ketika kita menghidupi ayat ini, maka kita akan mendapati bahwa setiap saat di mana pun kita berada, apa pun keadaan kita, siapa pun yang ada di samping atau sekitar kita, kita akan dapat menempatkan kehendak Allah di atas kehendak dan ego kita. Seluruh keberadaan dan eksistensi kita akan secara sukarela kita persembahkan untuk kemuliaan-Nya saja. Dialah yang akan selalu kita pikirkan. Dan, perasaan serta keinginan Tuhanlah yang akan selalu kita rasakan dan inginkan dalam menjalani hidup sehari-hari. (Pingkan)


STUDI ALKITAB

Studi Kata: PASKAH

Dalam tautan-tautan berikut ini, Anda dapat belajar secara mendalam mengenai kata Paskah. Kiranya menolong Anda dalam menghayati masa Paskah ini.

  1. Bahasa Asli Ibrani Paskah: Pecach
    Bahasa Asli Yunani Paskah: Pascha
  2. Ekspositori Kata Paskah
  3. Studi Kamus: Paskah
  4. Studi Kata
  5. Kata Paskah dalam Alkitab

Sebagai pendamping untuk melakukan Studi Kata Paskah, berikut ini beberapa media yang dapat dijadikan referensi:

1. Video BibleProject:

2. Tetelestai Indonesia:

3. King of Glory (Raja Kemuliaan): Pengorbanan dan Kemenangan Sang Raja (Episode 14)

4. Komik Zone: Kingstone Indonesia (PA dengan Komik)


ARTIKEL PA21

Disiplin Rohani pada Era Digital

Disiplin Rohani pada Era Digital

Dunia yang terhubung secara digital telah memberikan akses informasi yang lebih dan pemahaman yang semakin berkurang kepada kita. Hal itu membuat saya dapat menghubungi lebih banyak orang, tetapi dengan relasi yang kurang dengan mereka. Teknologi memberi kesempatan kepada saya untuk melihat tempat mana pun, tetapi bukan untuk mengunjunginya. Seolah-olah, film Disney WALL-E sedang mulai terjadi.

Saya telah melakukan banyak pemikiran, pengajaran, dan menulis tentang disiplin spiritual, dan bersamaan dengan itu, saya merasakan tekanan tertentu untuk meminta orang-orang menjadi analog untuk sementara waktu sehingga mereka dapat lebih terhubung secara spiritual dengan Allah dan orang lain. Akan tetapi, bagaimana jika era digital dapat membantu? Saya pikir itu bisa terjadi, dan saya akan menawarkan beberapa cara untuk memanfaatkan alat digital bagi pekerjaan pertumbuhan rohani.

  1. Kedisiplinan dalam pembacaan Alkitab Anda. [...]
  2. Catatan studi Alkitab yang dapat dibawa ke mana-mana. [...]
  3. Jurnal saat Anda pergi. [...]
  4. Pengingat. [...]
  5. Perbesar suara Anda. [...]
  6. Hubungkan kerohanian dengan ... semuanya. [...]
  7. Jembatan yang menciptakan hubungan. [...]

Penggunaan teknologi pada era digital memiliki godaan yang sama dengan mereka yang menulis dalam buku catatan dan duduk di perpustakaan pribadi mereka. Kita bisa bersembunyi di balik layar atau halaman (buku). Jangan lakukan itu. Sebaliknya, ketahuilah bahwa kehidupan rohani Anda adalah untuk kepentingan orang lain. Pergi dan hidupi itu dalam dunia nyata. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Situs : Bible Study Tools
URL : https://biblestudytools.com/blogs/philip-nation/spiritual-disciplines-in-a-digital-age.html
Judul asli artikel : Spiritual Disciplines in a Digital Age
Penulis artikel : Philip Nation
Tanggal akses : 3 Februari 2020
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Davida, Nikos, dan Danang
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2020 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Code4God

Info Corona

Selamat Ultah SABDA

   
 

 

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!