Skip to main content
Submitted by admin on Fri, 12/20/2019 - 00:00
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 33 | Desember 2019
Kegiatan #Ayo-PA! :: Pendalaman Alkitab Abad ke-21 (PA21) untuk 2020: BaDeNo, SABDA ME+DIA, Life of Jesus Artikel PA21 :: Mau Baca Alkitab Tahun Depan? JANGAN Lakukan ini!

EDITORIAL

Bagaimana persiapan dan perayaan Natal Sahabat PA21 semua? Harapan kami, damai, pengharapan, sukacita, dan kasih dari Allah memenuhi hati kita semua dalam bulan Natal ini. Biarlah kita terus berjalan dalam terang firman Tuhan dan makin berakar di dalamnya.

PA21 kali ini adalah edisi terakhir untuk 2019. Kita akan berjumpa kembali dalam PA21 2020 dengan lebih banyak informasi, wawasan, cara, bahan, dan metode untuk belajar Alkitab yang relevan dengan abad ke-21 ini. Ayo, ajak rekan-rekan Anda untuk berlangganan pula publikasi PA21 agar makin banyak yang dapat menikmati firman Tuhan dengan cara yang mendalam dan FUN! Sampai bertemu dalam PA21 2020, dan tidak lupa, kami mengucapkan:

 

 

In Christ,

Evie

Pemimpin Redaksi PA21,
Davida

 
KEGIATAN #AYO-PA!

Pendalaman Alkitab Abad ke-21 (PA21) untuk 2020

Bagaimana evaluasi belajar Alkitab Anda pada 2019? Kami berharap evaluasi tersebut akan makin memacu Anda untuk makin meningkatkan keterikatan Anda dengan firman Tuhan. Beberapa program dan cara untuk belajar Alkitab di bawah ini kiranya dapat menolong Anda untuk melakukan pendalaman Alkitab pada 2020 mendatang.

1. BaDeNo: Baca, Dengar, Nonton Bersama

BaDeNo

Pada 2020, SABDA akan meluncurkan program belajar Alkitab dengan sistem Baca, Dengar, Nonton Bersama (BaDeNo). Apa itu BaDeNo? BaDeNo memungkinkan kita untuk memiliki jadwal mempelajari Alkitab setiap hari dengan referensi berbagai bahan yang sesuai dengan cara belajar kita, entah itu secara verbal (teks), aural (suara/musik/audio), atau visual (grafik, gambar, diagram, dan film).

Studi Alkitab menjadi suatu keharusan bagi orang percaya untuk mengalami pertumbuhan rohani yang progresif. Sayangnya, terkadang, kita malas membaca Alkitab dan merenungkannya. Namun, tahukah Anda bahwa rasa malas tersebut mungkin dikarenakan studi Alkitab dilakukan dengan cara yang monoton? Masing-masing orang diciptakan secara unik dan memiliki cara belajar efektif yang berbeda-beda. Terdapat berbagai macam pembagian cara belajar, tetapi secara garis besar, cara belajar efektif setiap orang dapat digolongkan ke dalam tiga kategori berikut:

  1. Visual (belajar dengan baik melalui grafik, gambar, diagram, dan film).
  2. Aural (belajar dengan baik melalui suara dan musik).
  3. Verbal (belajar dengan baik melalui kata-kata, baik dalam membaca maupun menulis).

Selama 25 tahun, SABDA, bekerja sama dengan berbagai pihak, menyediakan berbagai bahan belajar Alkitab sesuai tiga cara belajar di atas. Mulai dari teks, audio, gambar, dan video. Namun, bagaimana sumber belajar yang melimpah itu dapat digunakan dengan efektif untuk belajar? Harapan kami, jadwal dan referensi belajar Alkitab setiap hari dengan berbagai metode belajar dapat meningkatkan semangat dan engagement kepada lebih banyak orang percaya dengan firman Tuhan. Mohon doakan agar program ini dapat terealisasi dengan baik. Nantikan informasi-informasi selanjutnya mengenai BaDeNo ini dalam PA21 2020!

2. SABDA ME+DIA

SABDA ME+DIA

Dalam PA21 2019, redaksi mengulas beberapa proyek SABDA ME+DIA, yaitu #SABDAKomik dan Tetelestai. Selain, itu kami juga menginformasikan beberapa proyek lainnya dalam ICDW Edisi Oktober 2019. Pada 2020 ini, secara berkala dan lebih lengkap, kami akan menyajikan ulasan-ulasan setiap bahan dalam proyek-proyek media di SABDA agar gereja dan kita dapat menggunakannya dalam pelayanan. Dengan mengenal berbagai proyek SABDA ME+DIA, gereja dapat mengenal bahan-bahan tersebut dengan lebih baik, setiap bahan dapat digunakan secara tepat, dan lebih mudah dibagikan kepada lebih banyak orang. Tidak dapat dimungkiri, media merupakan salah satu cara belajar Alkitab yang diminati oleh generasi digital saat ini. Beberapa proyek SABDA ME+DIA, antara lain:
a. #SABDAKomik
b. Tetelestai
c. Raja Kemuliaan
d. LUMO
e. Siapakah Dia?
f. ... dan lain-lain yang sedang dikerjakan.

Kami akan menyajikan ulasan-ulasan setiap proyek untuk Anda pada tahun depan. Nantikanlah dalam PA21 2020!

3. Paket Paskah: Life of Jesus

Life of Jesus

Sudahkah Anda mengenal Sang Mesias, Yesus Kristus? Pusat seluruh pemberitaan dalam firman Tuhan adalah tentang Yesus, Sang Anak Tunggal Allah itu. Mari kita menetapkan 2020 untuk lebih dalam lagi mengenal Yesus Kristus agar hidup kita semakin hari semakin serupa dengan-Nya. SABDA menyediakan ekosistem yang lengkap untuk mempelajari mengenai Life of Jesus (Kehidupan Yesus). SABDA akan mengemasnya sebagai bagian dari Paket Paskah 2020 dari SABDA dengan dukungan komunitas agar kita juga dapat mempelajarinya bersama-sama. Berbagai bahan dari Komik Kingstone Indonesia, Komik Siapakah Dia?, Film Yesus, LUMO (video kitab-kitab Injil), audio tafsiran mengenai Injil, dsb. akan menjadi bagian dalam PA21 2020 sehingga kita dapat lebih intensif lagi belajar mengenai Yesus, Sang Juru Selamat kita. Ini akan menjadi satu pilihan PA yang menyenangkan untuk 2020!


ARTIKEL PA21

Mau Baca Alkitab Tahun Depan? JANGAN Lakukan ini!

 

Artikel PA21

 

Terkait dengan Pembacaan Alkitab setahun (setiap hari atau tidak setiap hari), 1 Januari adalah suatu sambutan selamat datang! Tahun baru menandakan awal yang baru.

Anda termotivasi untuk memperbarui komitmen Anda untuk sesuatu yang Anda tahu sangat penting, yaitu firman Tuhan! Namun, ini bukan pertama kalinya Anda merasakan hal ini. Anda suka dengan gagasan semacam itu pada 365 hari yang lalu.

Dan, 365 hari sebelum itu.

Dan, 365 hari .... Anda tahu bagaimana kelanjutannya.

Jadi, apa yang akan membuat tahun 2020 berbeda? Dengan pertolongan Allah, apa yang akan membuat Anda terus melanjutkannya sampai April 2020, ketika semangat itu, pada umumnya, lenyap pada April?

Dari satu orang yang tersandung kepada yang lainnya, berikut adalah lima saran untuk apa yang jangan dilakukan pada 2020.

  1. Jangan Berlebihan [...]
  2. Jangan Melakukannya Sendirian [...]
  3. Jangan Hanya Melakukannya Kapan Saja pada Tahun Baru [...]
  4. Jangan Hidup Seolah-olah Paulus Berbohong [...]
  5. Jangan Mengubah Sarana Anugerah Menjadi Sarana Jasa [...]

Semoga Anda sungguh diubah dalam Tahun Baru ini menyerupai Raja kita yang berinkarnasi, dan kiranya Dia saja yang akan menerima pujian. (t/N. Risanti)

Selengkapnya »

Diterjemahkan dari:
Nama situs : ChurchLeaders
URL : https://churchleaders.com/worship/worship-articles/164743-matt-smethurst-how-not-to-read-your-bible-new-year.html
Judul asli artikel : How Not to Read Your Bible in the New Year
Penulis artikel : Matt Smethurst
Tanggal akses : 11 Desember 2019

[Redaksi: BaDeNo (Baca, Dengar, Nonton Bersama) dapat menolong Anda untuk menikmati firman Tuhan secara teratur pada tahun depan!]

 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Davida, Nikos, dan Danang
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2019 -- Yayasan Lembaga SABDA
Tanggal Edisi

Code4God

Info Corona

Selamat Ultah SABDA

   
 

 

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!