Skip to main content
Submitted by admin on Thu, 11/07/2019 - 13:47
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 31 | Oktober 2019 -- Edisi Khusus #SABDA25
Berita PA21 :: Peluncuran Produk Baru #SABDA25 // Christmas Kit Kingstone Indonesia Alkitab dan Teknologi :: Perayaan #SABDA25 dan Seminar Alkitab dan Teknologi Alkitab dan Teknologi :: SABDA NOW, NEW, NEXT dalam #SABDA25 SABDA Komik :: Kelahiran Kingstone Indonesia dan Peluncuran Kingstone Indonesia PL dalam #SABDA25 Kegiatan #Ayo_PA! :: Pelatihan #Ayo-PA! di GSPdI Joyotakan, Solo dalam Rangka #SABDA25

EDITORIAL

Shalom,

Gambar: #SABDA25

Edisi kali ini akan diwarnai dengan suasana perayaan ultah ke-25 YLSA (#SABDA25) yang bertema Celebrating God's Work! Bagaimana acara tersebut berlangsung dan bagaimana itu dapat menolong tubuh Kristus pada era digital ini untuk lebih lagi mencintai firman Tuhan? Simaklah sajian PA21 edisi Oktober 2019 ini. Segenap Redaksi PA21 mengucapkan, "Selamat ulang tahun ke-25 untuk YLSA. Kiranya YLSA makin dipakai oleh Tuhan untuk membawa generasi abad ke-21 untuk menggunakan teknologi bagi kemuliaan-Nya." Salam #Ayo-PA!.

In Christ,

Evie

Pemimpin Redaksi PA21,
Davida

 
BERITA PA21
  1. Dalam rangka #SABDA25, SABDA meluncurkan banyak produk baru yang mengedepankan media first untuk belajar Alkitab. Mulai dari komik-komik Alkitab dari Kingstone Indonesia, lengkap dengan sistem belajar Alkitab dalam Komik Zone. Lalu, berbagai proyek video seperti Tetelestai Indonesia, Raja Kemuliaan, LUMO, dsb.. Tidak ketinggalan pula, berbagai aplikasi Android dan iOS, dan masih banyak lagi. Dapatkan daftar lengkap produk-produk baru yang diluncurkan SABDA dalam #SABDA25 di situs sabda25.sabda.org.
  2. Dalam rangka perayaan #SABDA25, Kingstone Indonesia sedang mempersiapkan "Kingstone Christmas Kit". Dapatkan berbagai bahan Natal dari Kingstone Indonesia berupa komik (digital dan cetak), animasi, ayat-ayat panduan, kurikulum, dsb. untuk menjadikan Natal Anda lebih bermakna lagi pada tahun ini. Tunggu informasi selanjutnya melalui komunitas @SABDAkomik.

ALKITAB DAN TEKNOLOGI

Perayaan #SABDA25 dan Seminar Alkitab dan Teknologi

Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-25 (#SABDA25), Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menggelar seminar bertajuk Alkitab dan Teknologi. Seminar ini dihadiri oleh sekitar 500 lebih peserta dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube SABDA Alkitab.

Gambar: Alkitab dan Teknologi

Seminar Alkitab dan Teknologi disampaikan oleh Bpk. Sri Hastjarjo mengenai Dampak Teknologi terhadap Cara Berinteraksi dengan Alkitab. Beliau mengatakan bahwa dahulu, teknologi adalah kekuatan besar untuk memenangkan sebuah perang. Namun, saat ini, teknologi yang begitu hebat sering kali hanya digunakan untuk hal-hal yang sepele, bagaikan membunuh kecoak dengan bom atom. Kekuatan teknologi harus digunakan untuk belajar firman Tuhan. Jika dilihat dari sejarah, teknologi telah mengubah perkembangan kekristenan di dunia, salah satunya ketika mesin cetak ditemukan, yang digunakan pertama kalinya untuk mencetak Alkitab. Bagaimana dampaknya dengan Alkitab dalam perkembangan teknologi sekarang?

Pastinya teknologi tidak mengubah pesan firman Tuhan! Pesannya tetap sama, tetapi medianya yang berubah seiring perkembangan teknologi. Revolusi teknologi digital membawa dampak yang cukup besar terhadap Alkitab. Pak Has memaparkan bahwa teknologi memungkinkan orang untuk mengakses Alkitab dengan kekayaan dan kepadatan bahan-bahan biblika yang dapat diakses secara cepat dan akurat. Bahan-bahan Alkitab pun tidak terbatas pada teks, tetapi juga multimedia. Teknologi juga membuka banyak kesempatan untuk berkolaborasi dan berjejaring untuk kepentingan firman Tuhan. Ya, teknologi berkembang pesat lebih cepat dari apa yang kita pikirkan. Apa respons kita sebagai orang percaya?

Materi lengkap presentasi Pak Has ini dapat di-download melalui situs sabda25.sabda.org.


ALKITAB DAN TEKNOLOGI

SABDA NOW, NEW, NEXT dalam #SABDA25

Penjelasan mengenai Alkitab dan Teknologi selanjutnya adalah dari tim SABDA sendiri. Selama 25 tahun, kami bergumul dan bergerak untuk mengerjakan visi Tuhan dalam bidang Alkitab dan teknologi. Dalam event #SABDA25, kami berbagi buah-buah berkat dari pelayanan YLSA selama 25 tahun ini dan ke depannya untuk perkembangan Alkitab dan teknologi yang terangkum dalam SABDA NOW, NEW, NEXT. Berikut ini adalah ringkasan pemaparan yang disampaikan oleh teman-teman dari SABDA mengenai hal tersebut.

SABDA NOW

Gambar: SABDA Now

Dalam bagian SABDA NOW, Ibu Yulia selaku Ketua Badan Pembina YLSA menyampaikan bagaimana Tuhan menolong dan menyertai pelayanan YLSA dari 1994 sampai sekarang. Memasuki 25 tahun, YLSA bagaikan gadis dewasa yang "siap dipinang" untuk mendampingi, menolong, dan memperlengkapi gereja dalam era digital ini .... Pada kesempatan itu pula, Ibu Yulia mengumumkan tentang SABDA NEW, yaitu generasi baru YLSA. Ibu Yulia memberikan tongkat estafet kepada Badan Pengurus YLSA yang baru untuk melanjutkan pelayanan YLSA ke depannya .... Mari mempersembahkan hidup dan memberikan yang terbaik bagi Tuhan, maka Tuhan akan mengenyangkan kita. SABDA pun selalu belajar agar dapat selalu melaksanakan pekerjaan dari Tuhan untuk memperlengkapi jemaat generasi baru dan masa depan.

SABDA NEW

Gambar: SABDA NEW

Presentasi SABDA NEW terdiri dari presentasi mengenai fokus pelayanan YLSA yang baru pada usia ke-25 tahun, yaitu Biblical Computing, Digital Resource/Ministry, Digital Learning, dan SABDA ME+DIA. Layaknya konferensi teknologi yang biasa dilakukan oleh perusahaan teknologi raksasa di dunia, SABDA memaparkan berbagai teknologi, alat, pelayanan, dan media-media barunya. Untuk melihat daftar produk baru yang diluncurkan oleh YLSA pada #SABDA25 ini, Anda dapat mengunjungi situs sabda25.sabda.org.

1. Biblical Computing (BC)

.... Biblical Computing (BC) adalah tentang proses penyelidikan dan penggalian Alkitab dengan program komputer yang memungkinkan kita mendapat bahan yang akurat dan cepat. Salah satu produk BC dari YLSA adalah aplikasi Alkitab dalam smartphone yang dapat digunakan untuk mempelajari bahan-bahan biblika, seperti kamus, tafsiran, dan bahan-bahan lain dalam bentuk multimedia. Semua platform yang ada dalam teknologi terkini akan YLSA pakai agar masyarakat Kristen Indonesia dapat belajar Alkitab dengan mendalam, bertanggung jawab, dan FUN! Contohnya adalah aplikasi Asisten Google (Google Assistant) untuk Asisten Alkitab SABDA, ITL Builder untuk akurasi terjemahan pada versi-versi Alkitab dalam berbagai bahasa suku, MYSABDA.net untuk Bible Engine dengan teknologi dan infrastruktur baru, KOMIK Zone untuk PA dengan cara yang baru. (Hadi)

2. Digital Resources (DR)

DR adalah bidang pelayanan YLSA yang berfokus untuk memperlengkapi tubuh Kristus dengan bahan pelayanan digital yang alkitabiah, bermutu, dan kreatif untuk berbagai bidang kekristenan. Melalui itu, diharapkan orang percaya era digital memiliki pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan inspirasi untuk melakukan digital ministry. DR YLSA memiliki prinsip CODE (Create Once Distribute Everywhere), yang memungkinkan DR memproses satu bahan sekaligus untuk beberapa jalur, yaitu jalur email, situs, media sosial, aplikasi, SlideShare, dsb., untuk menjangkau kepentingan banyak generasi dan pelayanan .... (Okti)

3. Digital Learning (DL)

Bagaimana cara untuk memanfaatkan hasil dari BC dan DR untuk belajar? Sejak berdirinya, YLSA sudah menangkap pentingnya belajar bagi orang percaya. DL adalah pusat belajar elektronik untuk memperlengkapi tubuh Kristus dalam pelayanan pada era digital ini. Prinsip dari pelayanan DL di YLSA sendiri adalah adanya sistem belajar yang sistematis yang memanfaatkan bahan-bahan digital maupun jalur-jalur belajar yang kekinian .... (Santi)

4. SABDA ME+DIA

.... Pelayanan YLSA dalam bidang multimedia telah menghasilkan banyak produk visual, audio, dan audiovisual. Pelayanan media YLSA juga makin meluas dengan kerja sama dengan berbagai organisasi dari dalam maupun luar negeri untuk menghasilkan bahan-bahan multimedia dalam bahasa Indonesia. Inilah yang mendorong YLSA untuk berfokus pada media first melalui SABDA ME+DIA. .... (Pioneer)

SABDA NEXT

Gambar: SABDA NEXT

Dahulu, sekarang, dan ke depannya, fokus SABDA adalah terus melayani bangsa Indonesia secara digital dan terus-menerus mengembangkan sistem studi Alkitab. Banyak sekali antrean yang harus dikerjakan untuk memperjuangkan teknologi bagi kepentingan firman Tuhan dan kemuliaan Tuhan. Smart Bible berdasarkan augmented intelligence, media first, graph knowledge Bible, interlinear untuk berbagai bahasa, EMDC 2020, digital ministry dan digital learning, integrated bible comic study system, dan sebagainya akan terus kami kerjakan ke depannya. Namun, untuk siapa kami mengerjakan semua ini? Untuk kepentingan siapa Tuhan memberikan visi-Nya kepada SABDA? Jawabannya adalah untuk GEREJA ... (Davida)

Selengkapnya: Liputan Khusus Seminar Alkitab dan Teknologi ...

SABDA KOMIK

Kelahiran Kingstone Indonesia dan Peluncuran Kingstone Indonesia PL dalam #SABDA25

Gambar: Booth SABDA Komik dalam #SABDA25

Puji Tuhan!! Dalam perayaan #SABDA25, rangkaian seminar Alkitab dan Teknologi dibuka dengan "Kelahiran Kingstone Indonesia!" Yosua Setyo Yudo, koordinator tim #SABDAKomik, dengan penuh ucapan syukur mengumumkannya sebagai awal dari rangkaian seminar Alkitab dan Teknologi pada 14 Oktober 2019 lalu. Proyek Kingstone Indonesia adalah salah satu buah dari kemajuan teknologi untuk berinteraksi dengan Alkitab dengan cara baru.

Pada kesempatan ini, diluncurkan pula Kingstone Indonesia Perjanjian Lama. Dengan demikian, seluruh seri Komik Kisah Abadi (PL dan PB) dari Kingstone Indonesia sudah siap dan tersedia untuk Anda lewat situs Kingstone Indonesia dan Komik.APP! Proses ini dikerjakan sejak 2018. Wow! Sungguh satu setengah tahun yang penuh pergumulan dalam pimpinan Tuhan untuk memperjuangkan cara belajar firman Tuhan yang baru bagi generasi now.

Mohon dukungan doa karena masih banyak tugas dalam proyek Kingstone Indonesia ini, terutama untuk terus mengembangkan Integrated Bible Comic Study System dalam Komik Zone. Komik Alkitab yang terintegrasi dengan teknologi adalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau generasi sekarang.


KEGIATAN #AYO_PA!

Pelatihan #Ayo-PA! di GSPdI Joyotakan, Solo dalam Rangka #SABDA25

Gambar: Roadshow di GSPdI Joyotakan

Masih dalam rangka #SABDA25, pada 26 Oktober 2019, tim #Ayo_PA! kembali mendapat kesempatan untuk memberikan pelatihan tentang Mempersiapkan Khotbah dengan Aplikasi Alkitab dari SABDA di GSPdI Joyotakan. Ada kira-kira 30 peserta yang mengikuti acara ini, yaitu para hamba Tuhan dari beberapa GSPdI terdekat dan aktivis gereja yang sudah dipercaya untuk menyampaikan khotbah dalam jemaat. Tim #Ayo_PA! memulai dengan memperkenalkan tentang pelayanan Yayasan Lembaga SABDA dan apa saja yang sudah dikerjakan SABDA selama 25 tahun ini dalam bidang Alkitab dan teknologi. Kesempatan ini juga kami gunakan untuk memperkenalkan tentang proyek Kingstone Indonesia yang komiknya dapat mereka gunakan pula untuk melakukan PA. Dalam sesi langkah-langkah menggunakan aplikasi Alkitab SABDA untuk mempersiapkan materi khotbah, peserta sangat antusias dan kritis. Mereka mengikuti setiap langkah dengan tekun, dengan harapan dapat mengajarkannya pula kepada yang belum mengikuti pelatihan ini. Kiranya Tuhan menolong setiap peserta menggunakan aplikasi Alkitab dengan lebih efektif lagi dalam mempersiapkan khotbah mereka sehingga jemaat dikenyangkan dengan firman Tuhan. Doakan pula tim #Ayo_PA! yang akan menyesuaikan materi pelatihan dengan perkembangan bahan-bahan dari SABDA ME+DIA. Salam #Ayo_PA!

 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Davida, Nikos, dan Danang
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2019 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Code4God

Info Corona

Selamat Ultah SABDA

   
 

 

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!