Skip to main content
Submitted by admin on Wed, 06/28/2017 - 14:07
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 3 | Mei 2017
AlkiPEDIA / AlkiMedia :: Kisah Para Rasul 2: Khotbah Petrus dan Turunnya Roh Kudus Alkitab Project Indonesia :: Tujuh Video Injil Kegiatan #Ayo_PA! :: Roadshow YLSA di Kota Kupang dan Pontianak PA Bersama di YLSA :: PA Topikal: Union with Christ Artikel untuk PA21 :: Manfaat dan Berkat Membaca Kitab Suci Alkitab + Science :: Istana Raja Daud? Bukti Arkeologis - Baru Ditemukan di Sefela Yudea

EDITORIAL

Shalom Saudara,

Menginjak edisi ke-3 ini, kami mengumumkan bahwa publikasi PA21 menambah satu materi baru, yakni ulasan bahan-bahan video dari The Bible Project. The Bible Project adalah salah satu mitra YLSA yang membuat animasi dan gambar-gambar infografis tentang garis besar kitab-kitab atau tema-tema penting dalam Alkitab. Silakan simak penjelasan lebih jauh pada kolom terbaru "API -- Alkitab Project Indonesia". Simak pula sajian-sajian AlkiPEDIA / AlkiMedia bertemakan Pentakosta, reportase roadshow YLSA di Kupang dan Pontianak, PA Union with Christ, serta artikel-artikel menarik tentang manfaat membaca Alkitab dan penemuan lokasi istana Raja Daud oleh para arkeolog.

Kiranya sajian kami pada edisi kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Selamat membaca. Tuhan Yesus memberkati.

In Christ,

Aji

Pemimpin Redaksi PA21,
Aji

 
ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

KISAH PARA RASUL 2: KHOTBAH PETRUS DAN TURUNNYA ROH KUDUS

I. Dari AlkiPEDIA

Tema: Khotbah Petrus

Esensi Pasal: Datangnya Roh Kudus pada hari Pentakosta. Injil diberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi. Khotbah besar Petrus tentang Kristus yang bangkit dan pertobatan orang-orang.

Ringkasan Pasal:

2:1 == Para rasul, dipenuhi oleh Roh Kudus dan berbicara dalam berbagai bahasa, dikagumi oleh beberapa orang, tetapi dianggap mabuk oleh yang lain;
2:14 == yang ditegur oleh Petrus;
2:37 == dia membaptis sejumlah besar orang yang bertobat;
2:41 == yang kemudian bertekun dan hidup berbagi bersama-sama; para rasul mengadakan banyak mukjizat, dan setiap hari Allah menambahkan jumlah mereka.

Tokoh:
Allah, Yesus, Roh Kudus, murid-murid, Petrus, Yoel, Daud.

Nama dan Tempat:
Allah, Arab, Asia, Bait allah, Daud, Elam, Frigia, Galilea, Israel, Kapadokia, Kirene, Kreta, Kristus, Libia, Media, Mesias, Mesir, Mesopotamia, Nazaret, Pamfilia, Partia, Pentakosta, Pontus, Roh Kudus, Roma, Tuhan, Yahudi, Yerusalem, Yesus, Yoel, Yudea.

Rangkuman pasal: Sampai Yesus Kristus kembali ke surga. Dia mencurahkan Roh Kudus atas milik kepunyaan-Nya, membuktikan kedatangan-Nya sebagai Anak Domba Allah yang dikorbankan, dan mengkhususkan para pengikut-Nya sebagai pembawa berita dari surga. Kepenuhan Roh Kudus diperlukan untuk pemahaman yang benar tentang Kitab Suci dan untuk memperkenalkan Yesus Kristus dengan kuasa yang meyakinkan kepada manusia yang belum selamat.

Fakta: Ay. 32-34. Tiga bukti yang meyakinkan di sini diberikan bahwa Yesus Kristus bangkit dari kematian. 1. Dia dilihat oleh para murid. 2. Roh Kudus telah turun ke atas manusia, dan janji ini dipersiapkan oleh Yesus pada kebangkitan-Nya. 3. Nubuat-nubuat menyatakan Dia tidak akan melihat lubang kubur.

Storyboard:

Storyboard: Kisah Para Rasul 2

Selengkapnya: AlkiPEDIA Kisah Para Rasul 2

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio Kisah Para Rasul 2:

Video tentang Kisah Para Rasul:

Video tentang Kisah Para Rasul

Infografis Kisah Para Rasul:

Infografis Kisah Para Rasul 2

Selengkapnya: AlkiMedia Kisah Para Rasul 2

API -- ALKITAB PROJECT INDONESIA

TUJUH VIDEO KITAB INJIL

Seperti yang sudah kami sampaikan dalam bagian editorial, mulai edisi ini redaksi menambahkan kolom baru "API -- Alkitab Project Indonesia". Kolom ini menyajikan informasi mengenai video-video terbaru dari The Bible Project (TBP) versi bahasa Indonesia. Apa itu The Bible Project?

The Bible Project (TBP) adalah tim desainer nirlaba yang berbasis di Portland, AS, yang memproduksi video-video animasi guna menarasikan ke-66 kitab dan tema-tema khusus dalam Alkitab. Seluruh proyek pembuatan video ini diprakarsai oleh Timothy Mackie and Jonathan Collins, yang pada saat artikel ini ditulis tercatat sebagai mahasiswa teologi di Multnomah Bible College. Kedua pendiri ini juga dibantu oleh desainer, ilustrator, dan para artis, yang seluruh kegiatannya didanai melalui urun dana (bahasa Inggris: crowdfunding). Menurut keterangan dalam situs resminya, video-video ini dibuat untuk menjelaskan Alkitab berdasarkan konteks sejarah, dan mengomunikasikannya bagi dan sesuai kebutuhan masyarakat modern agar Alkitab bisa lebih dipahami.

Sejauh ini, video-video yang dibuat oleh TBP sudah mencakup seluruh kitab dalam PL dan PB, dan sebagian dari antaranya sudah mulai dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia (konten dan audio dubbing dalam bahasa Indonesia). Contohnya adalah video empat kitab Injil yang baru selesai dikerjakan berikut ini:

Saudara bisa menyimak ketujuh video di atas untuk mempelajari kembali karya Yesus dalam 33 tahun pelayanan-Nya. Kiranya dapat membantu Saudara agar semakin mengerti firman Tuhan, khususnya kitab-kitab Injil. Tunggu informasi video TBP berikutnya pada edisi-edisi PA21 yang akan datang. Salam.


KEGIATAN #AYO_PA!

ROADSHOW YLSA DI KOTA KUPANG DAN PONTIANAK

Pada April 2017, YLSA mendapat kesempatan melayani di kota Kupang, NTT, dan Pontianak, Kalimantan Barat. Melalui pelayanan di kedua kota ini, kami bersyukur karena telah membagikan materi-materi dan bahan-bahan yang bermanfaat, dan juga membangun relasi dengan mitra-mitra untuk pengembangan pelayanan YLSA pada masa mendatang. Seperti apa jalannya roadshow yang kami lakukan? Simak beritanya di bawah ini.

  1. Roadshow SABDA di Kota Kupang

    Pada 22 — 25 April 2017, saya dan Bu Yulia melakukan roadshow SABDA ke Kupang. Tujuan utama kami adalah menghadiri acara yang diadakan oleh K‑Pact pada 24 — 25 April, tetapi kami sengaja berangkat lebih awal, tgl. 22 April, dua hari sebelumnya, karena ingin menggunakan kesempatan ini untuk berbagi berkat kepada masyarakat Kristen di Kupang.

    Selengkapnya: Roadshow SABDA di Kota Kupang

  2. Roadshow SABDA di Kota Pontianak

    Bersyukur kepada Tuhan karena pada tanggal 26 -- 29 April 2017, tim SABDA (saya dengan Ibu Yulia) mendapat kesempatan mengadakan roadshow ke Pontianak di tiga tempat, yaitu di STT Pontianak, acara IVEC, dan GKNI Pniel. Kami berangkat dari tempat yang berbeda. Saya berangkat dari Solo, sedangkan Bu Yulia berangkat dari Kupang bersama rombongan peserta IVEC dari luar negeri (seperti Taiwan, Hongkong, Amerika, Kanada, dan lain-lain).

    Selengkapnya: Roadshow SABDA di Kota Pontianak


PA BERSAMA DI YLSA

PA TOPIKAL: UNION WITH CHRIST

Pada pertengahan April hingga awal Mei tahun ini, YLSA kembali mengadakan PA (Pendalaman Alkitab) bersama dengan mengangkat topik yang baru. Tidak seperti biasanya, PA kali ini membahas satu topik khusus, yakni Union with Christ/"Persatuan dengan Kristus" yang dimulai dari kitab Yohanes 14:17-21 dan Yohanes 17:21. PA ini memiliki dua tujuan: mempelajari dua arti istilah penting, yaitu "bersama dengan Kristus" dan "dalam Kristus".

Mendefinisikan arti "bersama" dan "bersama dengan Kristus" cukup mudah, tetapi mulai timbul kendala ketika masuk ke tahap lanjutan untuk mendiskusikan pertanyaan terakhir: apa arti "dalam Kristus". Ada sebagian kelompok yang kesulitan mencari penjelasan secara aklitabiah, ada pula kelompok lain yang terkendala ketika mengilustrasikannya melalui suatu perumpamaan. Faktor penghambat lain, yaitu membedakan antara pengertian "bersama Kristus" dan "dalam Kristus".

Untuk mengatasi hal ini, pemimpin PA meminta kami semua membuat suatu metode PA dalam empat kelompok, yang diharapkan membantu kami mencari maknanya. Kami dibolehkan membuat metode sendiri, atau menggunakan dan bahkan memodifikasi metode yang sudah ada.

Setelah berdiskusi dan merundingkan metode yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok, ada beberapa metode yang kami pakai, yakni:
a. Metode S.S.T. (Semua Sesuai Teks) -- kelompok I
b. Metode B.A.S.A. (Baca, Analisa, Sharing-kan, Aplikasikan) -- kelompok II
c. Metode 4G (God, Gospel, Growth, Go) -- kelompok III
d. Metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa+Diskusi, Aplikasi) -- kelompok IV

 

Ayub A. Tanjung

Melalui PA kali ini, saya jadi mengerti makna "bersatu dalam dan dengan Kristus", dimulai dari melihat makna "anugerah", "keintiman dengan Kristus", sampai kepada "doa". Saya semakin melihat kasih Allah melalui penebusan Kristus yang menjamin hidup saya.

[Ayub A. Tanjung, staf YLSA]

Maskunarti W. Budiarti

Bersyukur saya boleh belajar tentang Union with Christ. Saya bisa bersatu dalam Bapa oleh karena penderitaan dan kematian Kristus. Kristus menjadi jalan supaya saya dan Bapa bisa dipersatukan kembali dalam ikatan yang tidak bisa dipisahkan.

[Maskunarti W. Budiarti, staf YLSA]

Selengkapnya: PA Topikal ....

ARTIKEL UNTUK PA21

MANFAAT DAN BERKAT MEMBACA KITAB SUCI

Jadi, apa yang seharusnya terjadi ketika kita membaca Alkitab setiap hari? Apa yang benar-benar bisa kita harapkan?

Gambar: Alkitab

Saya bisa mengatakan dengan jujur bahwa segala sesuatu akan berubah -- tetapi mungkin tidak dengan cara yang Anda pikirkan. Perubahan akan terjadi dari dalam ke luar, bukan dari luar ke dalam. Jika Anda sedang mencari seorang jin dalam sebuah botol, Anda akan kecewa. Alkitab bukanlah sebuah kitab ajaib yang berisi kata-kata bijak dari zaman kuno; ia adalah sebuah buku tentang kehidupan dan tentang kasih Allah kepada Anda.

Dalam Yohanes 15, Yesus menggunakan metafora bahwa Dia adalah pokok anggur dan kita adalah carangnya. Dia memecahnya menjadi istilah-istilah sederhana dengan memberi tahu kita bahwa kehidupan tidak akan berjalan terlepas dari Dia. Jika kita tetap berada dalam Dia, Dia akan tetap berada dalam kita, dan hubungan itu akan membawa kehidupan. Tidak ada kemungkinan akan hidup yang sejati di luar hubungan ini karena tanpa-Nya, kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Selengkapnya: Manfaat dan Berkat ....

ALKITAB + SCIENCE

ISTANA RAJA DAUD? BUKTI ARKEOLOGIS BARU DITEMUKAN DI SEFELA YUDEA

Ahli arkeologi telah menemukan apa yang mereka yakini, kemungkinan, istana Raja Daud di Sefela Yudea. Gudang-gudang kerajaan juga ditemukan dalam penggalian arkeologis gabungan antara Hebrew University dan Israel Antiquities Authority di Khirbet Qeiyafa. Keduanya adalah dua bangunan terbesar yang diketahui dibangun pada abad ke-10 sM di Kerajaan Yehuda.

Gambar: Istana Raja Daud

Dua bangunan publik kerajaan, yang jenisnya belum pernah ditemukan sebelumnya di Kerajaan Yudea pada abad ke-10 sM, ditemukan tahun lalu oleh para peneliti dari Hebrew University dan Israel Antiquities Authority di Khirbet Qeiyafa -- sebuah kota benteng di Yudea yang diperkirakan berasal dari masa Raja Daud dan diidentifikasi sebagai kota Alkitabiah Saaraim.

Salah satu bangunan diidentifikasikan oleh para peneliti, Profesor Yossi Garfinkel dari Hebrew University dan Saar Ganor dari Israel Antiquities Authority, sebagai istana Daud, dan struktur bangunan lain yang berperan sebagai gudang kerajaan yang sangat besar.

Selengkapnya: Istana Raja Daud ....
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Aji, Davida, dan Yulia.
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2017 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!