Skip to main content
Submitted by admin on Thu, 04/06/2017 - 14:35

Edisi 1 -- Maret 2017

 
Banner
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 1 | Maret 2017
AlkiPEDIA / AlkiMedia :: Lukas 24: Paskah Kegiatan #Ayo_PA! :: Jan -- Mar 2017 ("ABA", Bali, Banaran, Lampung) PA Bersama di YLSA :: Tiga Kitab Hikmat (Amsal, Pengkhotbah, Ayub) Artikel PA21 :: Menghubungkan Generasi Milenium dengan Alkitab Alkitab + Teknologi :: Teknologi Modern Menyingkap Rahasia Gulungan Alkitab yang Hangus 2000 Tahun yang Lalu

EDITORIAL

Shalom,

Puji syukur, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah menerbitkan publikasi baru, yaitu publikasi PA21, mulai Maret 2017. Kerinduan YLSA menerbitkan publikasi PA21 adalah untuk membawa orang-orang Kristen pada era digital ini membaca dan mempelajari Alkitab dengan media yang sesuai dengan zamannya. Karena itu, publikasi PA21 menyajikan berbagai informasi tentang bagaimana mengakses dan melakukan pendalaman Alkitab dengan teknologi digital. Semoga publikasi ini dapat terus membuka wawasan baru tentang perkembangan Alkitab pada era informasi. Perkembangan teknologi adalah anugerah Tuhan. Namun, jangan dipakai untuk keuntungan dan kesenangan pribadi saja. Mari kita gunakan untuk melayani Tuhan dan pelebaran Kerajaan-Nya. Pesan firman Tuhan dari zaman ke zaman adalah sama. Namun, media yang dipakai untuk menyampaikan pesan firman Tuhan itu terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Karena itu, teknologi harus kita pakai untuk memudahkan kita mempelajari firman Tuhan dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Pada edisi perdana ini, kami menyajikan liputan gerakan #Ayo_PA! Januari -- Maret 2017, yang sejauh ini telah berjalan selama 1,5 tahun. Selain itu, kami sajikan juga ulasan bahan Alkitab Lukas 24 dari AlkiPEDIA/AlkiMedia, bagaimana melakukan PA kitab-kitab hikmat, dan artikel-artikel menarik dalam kolom Artikel PA21 ataupun Alkitab + Teknologi.

Segenap tim redaksi mengucapkan selamat bergabung dan selamat berlangganan publikasi PA21. Dengan menjadi pelanggan, Anda akan menerima publikasi ini sebulan sekali, yaitu pada minggu terakhir. Kiranya publikasi ini bisa menjadi berkat bagi Saudara. Selamat menyimak edisi perdana publikasi PA21.

In Christ,

Aji

Pemimpin Redaksi PA21,
Aji

 
ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

LUKAS 24: PASKAH

I. Dari AlkiPEDIA

Penjelasan singkat: Kebangkitan Kristus

Isi Pasal: Kebangkitan Kristus. Pelayanan Kristus yang bangkit. Amanat-Nya untuk penginjilan. Kenaikan.

Garis besar:

24:1 Kebangkitan Kristus dinyatakan oleh dua malaikat kepada para wanita yang datang ke kubur-Nya.
24:9 Hal ini disampaikan kepada murid yang lain.
24:13 Kristus menampakkan Diri kepada dua murid yang pergi menuju Emaus;
24:36 setelah itu, Dia muncul di tengah-tengah para murid-Nya, dan menegur ketidakpercayaan mereka;
24:47 memberi mereka tugas;
24:49 menjanjikan Roh Kudus;
24:50 dan kemudian naik ke surga.

Tokoh:
Yesus, malaikat-malaikat, Maria Magdalena, Yohana, Maria ibu Yakobus, Petrus, murid-murid.

Nama dan Tempat:
Allah, Anak Manusia, Bait Allah, Betania, Emaus, Galilea, Israel, Kitab Suci, Kleopas, Magdala, Maria, Mesias, Musa, Nazaret, Petrus, Simon, Taurat, Tuhan, Yakobus, Yerusalem, Yesus, Yohana.

Kesimpulan: Yesus yang menderita segalanya dalam menggenapi tuntutan ilahi, juga keluar dari kuasa kematian untuk menggenapi Kitab Suci yang sama. Dengan demikian, Ia diperlihatkan sebagai Anak Allah dengan kuasa, yang otoritas-Nya tidak pernah diragukan. Mereka yang mengetahui kuasa-Nya atas kematian dan kebangkitan pasti pergi dan memberitakan kepada dunia yang berdosa bahwa sebuah tindakan penebusan telah melewati persetujuan kerajaan, yaitu semua yang percaya akan mendapatkan keuntungan darinya.

Fakta: ay. 49. Mereka yang harus menyatakan Injil supernatural ini perlu untuk diberi hak dengan kuasa dari atas. Gereja Kristus tidak akan pernah bisa didirikan oleh kekuatan manusia, atau juga dapat menyampaikan pesan dengan berhasil baik tanpa pembaptisan Roh Kudus yang sama. Sama seperti murid-murid tinggal sampai Pentakosta, demikianlah tidak ada usaha apa pun hari ini untuk menjadi duta besar sampai mereka menerima kuasa dari atas.

Storyboard:

Gambar: Storyboard: Lukas 24

Selengkapnya: AlkiPEDIA Lukas 24

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio Lukas 24:

Video Lukas 10 -- 24:

Read Scripture: Luke Ch. 10-24

Infografis Lukas:

Infografis Lukas

Selengkapnya: AlkiMedia Lukas 24

KEGIATAN #AYO_PA!

KEGIATAN #AYO_PA! JANUARI -- MARET 2017

Gerakan #Ayo_PA! adalah gerakan yang mendorong generasi digital untuk mencintai Alkitab dan memiliki kebiasaan melakukan Pemahaman Alkitab (PA) dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin. Gerakan ini terus didengungkan dan disebarluaskan oleh Yayasan Lembaga SABDA agar makin banyak lagi yang membagikan dan mengaplikasikan gerakan ini dalam hidup mereka. Berikut ini adalah kegiatan #Ayo_PA! sepanjang Januari -- Maret 2017.

  1. #Ayo_PA! dalam Natal Kelompok "ABA" (Ayo Baca Alkitab)

    Kampanye #Ayo_PA! sudah berjalan lebih dari setahun, tetapi kampanye ini tampaknya masih jauh dari selesai karena banyak sekali yang masih harus kami jangkau agar kembali kepada kebiasaan ber-PA. Salah satunya, ketika kami diundang Bpk. Aris untuk melakukan roadshow #Ayo_PA! dalam acara Natal kelompok "ABA" yang diselenggarakan di ruang pertemuan sebuah restoran di Solo (CeEs Resto), 18 Januari 2017 lalu.

    Selengkapnya: #Ayo_PA! dalam Natal Kelompok "ABA"
  2. Roadshow SABDA di Pulau Dewata

    Tahun lalu, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menerima permintaan pelayanan dari STT Kingdom (GBI Rock Lembah Pujian), Bali, untuk pelatihan Software SABDA kepada mahasiswa dan jemaat di sana. Bu Yulia, Ketua YLSA, menerima tawaran tersebut dan memutuskan untuk diadakan pada 25 Februari 2017. Setelah bertemu dengan Pdt. Jenik dari Bali dan menghubungi beberapa gereja serta sekolah teologi di Bali, kesempatan pelayanan pun menjadi berkembang hingga akhirnya diputuskan untuk berada di Bali sampai 28 Februari 2017. Puji Tuhan!

    Selengkapnya: Roadshow SABDA di Pulau Dewata (I)
    Selengkapnya: Roadshow SABDA di Pulau Dewata (II)
  3. #Ayo_PA! di PPA GBI Banaran

    Untuk ke sekian kalinya, tim #Ayo_PA! melayani anak-anak Pusat Pengembangan Anak (PPA). Kali ini, kami melakukan pelayanan di PPA GBI Banaran, Surakarta.

    Selengkapnya: #Ayo_PA! di PPA GBI Banaran
  4. Roadshow SABDA di Gereja Kristus Tritunggal, Lampung

    Sabtu pagi, pada 11 -- 13 Maret 2017, saya dan Ibu Yulia berangkat ke Lampung dalam rangka roadshow SABDA di Gereja Kristen Tritunggal (GKT), Bandar Lampung. Kami berangkat pada Sabtu pagi (11 Maret 2017). Ketika tiba di Bandara Radin Inten II, Lampung, kami dijemput oleh Boksu (panggilan Pendeta Gembala di GKT) Putut, Pak Candra (majelis di bidang misi), dan Pak Rudi (hamba Tuhan di GKT). Ini kali pertama saya pergi ke Lampung. Kesan saya, kota ini seperti Solo, tetapi lebih besar dan lebih ramai.

    Selengkapnya: Roadshow SABDA di Gereja Kristus Tritunggal, Lampung

PA BERSAMA DI YLSA

PENDALAMAN ALKITAB: TIGA KITAB HIKMAT (AMSAL, PENGKHOTBAH, AYUB)

Pada Februari 2017, seluruh staf YLSA melakukan Pendalaman Alkitab (PA) dengan mempelajari tiga kitab hikmat, yaitu Amsal, Pengkhotbah, dan Ayub. PA ini kami lakukan dengan bantuan bahan-bahan multimedia berupa video dan audio. Dalam melakukan PA, kami memanfaatkan video-video buatan The Bible Project yang bisa diunduh secara gratis. Tersedia dua macam video, video animasi-penuh dan video Read Scripture yang lebih menekankan pada animasi infografis. Sementara itu, untuk bahan audio, kami menggunakan bahan-bahan dari Alkitab Suara.

Prosesnya sendiri kami pisahkan menjadi tiga bagian. Pada hari pertama, kami mempelajari satu kitab hikmat dengan menggunakan video animasi-penuh dari The Bible Project yang berdurasi kurang lebih 6 menit. Video jenis pertama ini mengulas kitab hikmat secara menyeluruh, dan sangat membantu kami dengan menjelaskan pesan utama penulis kitab tersebut. Pada hari kedua, prosesnya kurang lebih sama, tetapi menggunakan video Read Scripture yang berupa animasi-infografis. Perbedaannya, ulasan dalam video jenis kedua ini lebih mendetail dan memberi penjelasan kitab hikmat melalui beberapa pasal yang terkait, atau melalui bagian per bagian. Pada hari ketiga, kami memanfaatkan Alkitab Suara untuk menyimak beberapa pasal. Tidak semua pasal akan disimak, tetapi hanya beberapa pasal saja yang kami anggap saling berkorelasi. Tiap metode diakhiri dengan diskusi dalam kelompok kecil, 3 -- 4 orang. Terkadang, kami juga menyiapkan guided questions untuk memandu kami mempelajari hal-hal utama yang perlu didiskusikan lebih lanjut.

Ada banyak berkat yang didapatkan oleh para staf YLSA yang mengikuti PA tiga kitab hikmat ini. Berikut petikan testimoni mereka.

Margaretha I.

 

 

"Dari ketiga kitab ini, saya banyak sekali mendapat berkat dari kata-kata hikmat yang selama ini hanya saya pahami dalam pengertian yang sempit. Sekarang, saya dapat melihat hikmat praktis dan hikmat yang lebih luas serta cara penerapannya."

[Margaretha Indah, staf SABDA]

Santi T.

 

 

"Saya sangat bersyukur bisa belajar firman Tuhan, khususnya dari kitab-kitab hikmat (Amsal, Pengkhotbah, dan Ayub). Melalui ketiga kitab ini, saya menjadi lebih tahu mengenai hikmat dan bagaimana seharusnya kehidupan orang percaya dalam hal ini."

[Santi Titik Lestari, staf SABDA]

Odysius B.

 

 

"Saya belajar bahwa ketika kita hidup dengan hikmat dan takut akan Tuhan, kita akan hidup dengan kebajikan, integritas, dan kemurahan hati sehingga kita akan beroleh kesuksesan dan damai sejahtera."

[Odysius Bio Temara, staf SABDA]

Selengkapnya: Pendalaman Alkitab ....

ARTIKEL PA21

Menghubungkan Generasi Milenium dengan Alkitab

Bagaimana kita bisa membantu generasi Milenium berinteraksi dengan Alkitab? Hal itu dimulai dengan memahami siapa mereka.

Gambar: Generasi Milenium

 

 

Generasi Milenium, yang juga dikenal sebagai generasi Y atau generasi Net, adalah sekelompok orang yang mencapai usia dewasa pada masa peralihan menuju abad ke-21. Ada berbagai penanggalan yang dipakai untuk mendefinisikan siapa generasi Milenium, tetapi tahun kelahiran tertua yang dijadikan patokan adalah 1976, dan yang termuda adalah tahun 2004 (lahir antara tahun 80-an hingga tahun 2000-an - Red).

Jadi, tindakan-tindakan praktis apa yang bisa kita lakukan untuk menghubungkan mereka dengan Alkitab? Di bawah ini terdapat beberapa saran.

  1. Tunjukkan hal-hal yang berhasil guna. (....)
  2. Mulailah dengan pertanyaan-pertanyaan soal kehidupan. (....)
  3. Tawarkan berbagai pilihan. (....)
  4. Buatlah koneksi dengan Alkitab. (....)
  5. Manfaatkan sumber-sumber daring. (....)
  6. Berdayakan kelompok-kelompok kecil. (....)
  7. Aplikasikan pelajaran Alkitab bersama-sama. (....)
  8. Membaca dari Alkitab-Alkitab cetak. (....)
  9. Sadari bahwa kaum Kristen Milenium memiliki pandangan yang tinggi terhadap Alkitab. (....)
  10. Buatlah koneksi melalui layar lebar. (....)
  11. Posting ayat-ayat Alkitab di media sosial. (....)
  12. Berikan kebebasan untuk menyatakan ketidaksetujuan. (....)
  13. Kembangkan hubungan. (....)
Selengkapnya: Menghubungkan Generasi Milenium ....

ALKITAB + TEKNOLOGI

Teknologi Modern Menyingkap Rahasia Gulungan Alkitab yang Hangus 2000 Tahun yang Lalu

Hampir separuh abad lalu, para arkeolog menemukan sebuah gulungan kuno (En-Gedi) yang hangus dalam tabut sebuah sinagoge di pantai barat Laut Mati. Bongkahan perkamen yang lapuk itu tidak bisa dibuka atau dibaca. Para kurator tidak berbuat apa pun, kecuali merawatnya, dan berharap suatu saat teknologi baru akan muncul untuk membuat gulungan itu terbaca.

Gambar: Pencitraan Gulungan Kitab

 

 

Baru-baru ini, sebuah teknologi baru disempurnakan oleh para ilmuwan komputer di Universitas Kentucky. Bekerja sama dengan para pakar Alkitab di Yerusalem, mereka menggunakan sebuah komputer (dan CT Scan) untuk menampilkan citra digital gulungan tersebut. Gulungan tersebut ternyata memiliki cuplikan yang identik dengan teks Masoret pada Alkitab Ibrani (teks Masoret: Kitab Tanakh orang Yahudi: Torah, Nevi'im, Ketuvim - Red.) dan dengan usianya yang 2000 tahun, merupakan contoh teks yang tertua.

[ Video program pencitraan komputer untuk membuka dan membaca gulungan kuno. ]

Selengkapnya: Teknologi Modern Menyingkap ....
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!