Skip to main content

Metode Meringkas

 

Metode Meringkas secara singkat adalah metode penggalian Alkitab di mana kita membaca sebuah pasal di Alkitab paling tidak sebanyak lima kali, lalu kita menuliskan di catatan kita pokok-pokok pikiran yang ditemukan di pasal tersebut.  Metode ini baik untuk mengatasi rasa jenuh ketika membaca Alkitab secara urut dari Kejadian sampai Wahyu.  Pilihlah pasal mana pun yang ingin pelajari, lalu gunakanlah metode meringkas ini; dan untuk selingan gunakan pula metode yang lain.

Ada empat keunggulan metode ini yaitu :

  1. Mudah
  2. Tidak memerlukan alat bantu.
    Mudah dan tidak memerlukan alat bantu, karena Anda hanya perlu memahami 10 langkah dan Anda bisa melakukannya di mana pun. Pilih sebuah kitab, lalu mulai dari pasal pertama hingga kitab itu selesai.
  3. Cepat
  4. Cocok digunakan untuk membaca seluruh Alkitab secara cepat.
    Cepat dan cocok jika Anda ingin membaca seluruh Alkitab dengan waktu yang singkat karena setiap pasal hanya membutuhkan sekitar 20 menit, terutama jika isinya dalam bentuk naratif, seperti Kejadian, Injil, Kisah Para Rasul; namun demikian, untuk kitab nabi-nabi, Mazmur, dan surat-surat rasul, Anda butuh waktu lebih banyak lagi, sekitar 30 menit.

Langkah-langkah yang perlu dipahami dapat disingkat menjadi “10 C”, karena semua langkah berawal dengan huruf C dalam bahasa Inggris.

  1. Caption (Kop) – berikan judul singkat untuk pasal itu.
  2. Contents (Konten) – jelaskan inti dari pasal itu.
  3. Chief People (Karakter-karakter penting) – daftarkan tokoh-tokoh yang penting dalam pasal itu.
  4. Choice Verse (Kalimat pilihan) – berikan ayat yang merupakan inti pasal itu (atau ayat yang paling mengena kepada Anda).
  5. Crucial Word/s (Kata-kata penting) – tuliskan istilah-istilah kunci di dalam pasal itu.
  6. Challenges (Kesulitan) – uraikan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dari bacaan tersebut.
  7. Cross-References (Referensi silang) – gunakan referensi silang untuk memperluas pemahaman.
  8. Christ Seen (Kristus terlihat) – carilah referensi, metafora, atau bahasa yang spesifik yang menampilkan Kristus di dalam bacaan tersebut (lebih mudah untuk Perjanjian Baru, lebih menantang/menarik untuk studi Perjanjian Lama).
  9. Central Lesson/s (Kunci pengajaran) – catatlah prinsip-prinsip atau pelajaran utama yang Anda dapatkan dari bacaan ini.
  10. Conclusion (Konklusi) – tentukan bagaimana Anda akan mengaplikasikan apa yang Anda baca dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!