Skip to main content

Menggali firman Allah secara teratur akan memberi Anda sudut pandang yang benar-benar baru.

Di dalam dunia yang sibuk sekarang ini, mungkin sulit memprioritaskan pembacaan Alkitab. Banyak dari kita langsung tergopoh-gopoh segera setelah bangun tidur dan tidak berhenti bergerak hingga kita pergi tidur pada malam harinya. Sekalipun ada kerinduan, sering kali hidup ini terus merebut tempat pembacaan Alkitab secara konsisten.

Gambar: Alkitab Digital

Meski demikian, pada hari-hari ketika saya tidak membaca firman Tuhan karena sibuk, saya menyadari sesuatu -- suasana hati saya buruk.

Ini bukanlah kebetulan. Kita diciptaan untuk bergerak dalam ritme kerja dan ibadah yang ilahi. Saat kita hanya bekerja, kita memaksa tubuh untuk bergerak tanpa pengalaman penyembahan esensial yang kita butuhkan untuk memulihkan diri.

Kalau kita ingin menjalani hidup yang dirancangkan Allah bagi kita, kita harus kembali kepada apa yang penting bagi kita untuk bisa bertahan. Kita harus melawan hal-hal yang berusaha mempercepat langkah kita, lalu memperlambat diri, dan membuka Alkitab kita. Hasilnya, kita akan mulai melihat dunia dengan lensa baru yang diwarnai pengharapan serta optimisme yang kita perlukan untuk menghadapi hari.

Saat saya menjadikan pembacaan Alkitab sebagai prioritas setiap pagi, saya pun menyadari bahwa pandangan hidup saya berubah menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah empat cara kegiatan membaca Alkitab setiap hari bisa mengubah hidup Anda:

1. Anda akan mendapat wawasan baru tentang masalah-masalah Anda.

Bacaan Alkitab tidak lekang oleh waktu, sebab tulisan-tulisan itu berbicara tentang tema-tema manusiawi secara universal, seperti: stres, kekhawatiran, ketakutan, kasih, dan pengharapan. Ketidaktaatan Israel dalam Perjanjian Lama, misalnya, dapat membantu Anda melihat kekeliruan dalam kehidupan Anda -- dan belas kasihan serta anugerah Allah terhadap Anda -- dalam pengertian yang baru.

Apa pun pergumulan Anda, biarlah kisah-kisah Alkitab yang berkuasa lebih memperjelas apa yang sedang Anda lalui.

2. Anda akan memandang Allah dengan pengertian yang baru.

Sukar untuk mengenali Allah sepanjang hari Anda saat Anda lupa bagaimana Dia bekerja. Dengan membaca Alkitab setiap hari, Anda bisa tetap mengingat siapa Allah dan bagaimana Dia bekerja sehingga Anda akan senantiasa menyadari ketika Dia sedang bekerja dalam kehidupan Anda.

3. Anda akan kembali memfokuskan perhatian pada apa yang penting.

Ketika sibuk, pikiran Anda berfokus pada diri sendiri, apa yang harus dikerjakan, dan apa yang Anda rasakan. Namun, membaca Alkitab memperluas sudut pandang Anda. Membaca Alkitab mengarahkan Anda kembali kepada apa yang penting, seperti memberi waktu yang pertama untuk Allah dan melayani keluarga, teman, dan sesama Anda dengan kasih.

Jika Anda mendapati bahwa pikiran Anda hanya memikirkan diri Anda sendiri, biarlah perkataan Alkitab membawa Anda ke dalam sudut pandang ilahi -- bahwa tiap orang dalam kehidupan Anda itu berarti.

4. Anda akan membuat pilihan-pilihan yang lebih baik.

Alkitab mengajar kita bahwa "Apa yang keluar dari mulut seseorang berasal dari apa yang memenuhi hatinya". Tanpa sadar, kita bisa menyimpan hal-hal berdosa dalam hati berdasarkan apa yang sering kita pikirkan atau yang kita konsumsi dari media. Seiring berjalannya waktu, hal-hal berbahaya itu dapat mengubah cara pandang kita menjadi negatif dan menyebabkan kita bertindak atau berbicara dengan cara yang tidak saleh atau penuh kasih. Itu sebabnya, kita diperintahkan untuk menjaga hati dari hal-hal semacam itu. Jadi, Anda perlu secara sengaja menyimpan hal-hal sehat dalam hati.

Dengan membaca Alkitab setiap hari, kita dapat yakin untuk memelihara jiwa yang sehat dan memberi hidup, yang akan mengalir keluar dari dalam diri kita dalam tiap aspek kehidupan kita.

Jangan biarkan rasa takut karena tidak memenuhi tenggat waktu atau terlambat bekerja menghalangi Anda untuk membuat koneksi harian dengan Tuhan terlebih dahulu. Perlambat ritme hidup Anda, bacalah Alkitab setiap hari, dan perhatikan bagaimana hidup Anda akan berubah. (t/Aji)

Diambil dari:
Nama situs : Guideposts
URL : https://www.guideposts.org/better-living/positive-living/positive-thinking/4-ways-daily-bible-reading-will-change-your-life
Judul asli artikel : 4 Ways Daily Bible Reading Will Change Your Life
Penulis artikel : Neal Samudre
Tanggal akses : 2 Desember 2018

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!