Skip to main content
Submitted by admin on Fri, 12/06/2019 - 12:00
 
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 32 | November 2019
Berita PA21 :: PA Natal @SABDAKomik // SABDA Bot Natal // PA21 2020 Alkitab dan Teknologi :: Paket Natal (Christmas Kit) dari SABDA Artikel PA21 :: Seri Adven dari The Bible Project Kegiatan #Ayo_PA! :: PA Natal dengan Alkitab Proyek Indonesia dan The Bible Project Tetelestai :: Episode 5 -- The Law (Hukum Taurat) Metode PA :: Metode Devosional Alat PA :: Ekspositori Alkitab dalam Situs Alkitab SABDA

EDITORIAL

Kita memasuki masa Natal! Edisi kali ini akan memberikan banyak referensi bahan Natal bagi pembaca PA21 untuk dapat memaknai Natal secara mendalam berdasarkan firman Tuhan. Silakan bagikan informasi yang Anda dapatkan melalui edisi ini kepada rekan-rekan Anda yang lain. Anda siap menyambut Natal? Doa kami, kita semua dipenuhi damai, pengharapan, sukacita, dan kasih yang sejati. Salam #Ayo_PA!.

In Christ,

Evie

Pemimpin Redaksi PA21,
Davida

 
BERITA PA21
  1. Ikuti PA Natal dalam komunitas @SABDAKomik melalui Instagram, Facebook, dan Twitter. Dapatkan pengalaman belajar Alkitab yang menyenangkan dengan komik Alkitab dari Kingstone Indonesia. GRATIS dan terbuka untuk siapa pun!
  2. SABDA Bot menyediakan bahan-bahan Natal dalam aplikasi Telegram. Dapatkan artikel, renungan, cerita bergambar tentang kelahiran Yesus, ayat-ayat Natal, video Natal, himne Natal serta berbagai quote gambar yang dapat Anda kirimkan kepada teman-teman dan kerabat Anda.
  3. Mohon doakan: Redaksi PA21 sedang menyusun rencana penerbitan untuk 2020. Kiranya Tuhan menolong kami untuk menyiapkannya dengan baik agar para pembaca PA21 bisa terus mengikuti perkembangan Alkitab dan ekosistem untuk belajar Alkitab pada abad ke-21 ini.

ALKITAB DAN TEKNOLOGI

Paket Natal (Christmas Kit) dari SABDA

Gambar: Paket Natal SABDA

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mempersembahkan Paket Natal (Christmas Kit) untuk masyarakat Kristen Indonesia! Pastikan Anda memiliki pengalaman mendalami kelahiran Yesus Kristus seturut Alkitab dengan berbagai cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah paket Natal yang bisa Anda dapatkan dalam Situs Natal Indonesia.

1. Paket Natal dari Kingstone Indonesia

Gambar: Kingstone Indonesia

Kingstone Indonesia lahir dari kerja sama antara Yayasan Lembaga SABDA dan Kingstone Comics, berasal dari Amerika, dan menghasilkan 72 Komik Kisah Kasih Abadi -- 66 kitab (Kejadian--Wahyu), 44 artis, 2.000+ halaman, dan 10.000 panel. Kingstone Indonesia adalah wadah untuk menggerakkan dan menjangkau generasi digital dengan komik Alkitab untuk menikmati dan memahami Alkitab.

Paket Natal dari Kingstone Indonesia berisi:

Seri Komik Kisah Kasih Abadi dibuat oleh Kingstone Comics dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Kingstone Indonesia -- di bawah naungan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Komik ini dibuat bukan sekadar untuk hiburan, tetapi terutama untuk edukasi dan penjangkauan. Karena itu, pada setiap halaman komik, terdapat referensi ayat-ayat Alkitab serta QR Code untuk mengakses berbagai bahan studi Alkitab seputar ayat-ayat tersebut di Komik Zone. Harapan kami, dengan membaca seri komik ini, pembaca dituntun untuk melakukan pendalaman Alkitab (PA) yang lebih serius, baik secara pribadi maupun berkelompok.

Paket Natal dari Kingstone Indonesia tidak hanya tersedia secara digital (yang GRATIS), tetapi juga secara fisik, yang bisa Anda pesan sebelum 10 Desember 2019. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai hal ini, silakan berkunjung ke: https://komik.app/pesan.

2. Paket Natal dari SABDA ME+DIA

Gambar: SABDA ME+DIA

Selain Komik Alkitab dari Kingstone Indonesia, Yayasan Lembaga SABDA juga menyediakan bahan-bahan Natal yang alkitabiah dari berbagai sumber, hasil kerja sama Yayasan Lembaga SABDA dengan banyak mitra.

Paket Natal dari SABDA berisi:

  • Video: Alkitab Bergambar, Animasi Gracelink, Animasi Kingstone Indonesia, Animasi Raja Kemuliaan, Animasi The Bible Project, Film Kisah Yesus, Film LUMO, Film Tetelestai, Film Video Natal, Film Yesus, Video Klip.
  • Audio: Alkitab Audio Drama, Alkitab Suara, Audio Artikel Natal, Audio Himne, Program Pengajaran Kebenaran Abadi, Sekolah Alkitab Audio.
  • Grafis: GIF, Infografik, Quote.
  • Buku: Alkitab, Buku Natal "Janji", Bundel PDF Bahan Natal, Komik Alkitab, Traktat.

3. Paket Natal: Buatlah Paket Natal Anda Sendiri

Selain paket-paket Natal di atas, ada Daftar/Sumber Bahan Natal (Cheat Sheet Natal) dari SABDA yang memungkinkan Anda untuk membuat paket Natal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda/gereja/pelayanan Anda.

Gunakanlah bahan-bahan Natal dari SABDA ini secara kreatif untuk memperlengkapi Anda dalam memaknai Natal. Melalui bahan-bahan media ini (video, audio, dan visual), kita akan sangat tertolong untuk melakukan studi Alkitab secara mendalam, bertanggung jawab, dan menyenangkan.


ARTIKEL PA21

Seri Adven dari The Bible Project

TBP Adven

Adven adalah salah satu masa yang penting dalam liturgi dan tradisi rohani Kristen. Mengapa?

ALLAH MENJADI MANUSIA

Selama berabad-abad, orang Kristen di seluruh dunia menggunakan 4 hari Minggu sebelum Natal untuk mempersiapkan diri memperingati kelahiran Yesus. Ini adalah waktu ketika kita merenungkan kedatangan-Nya yang pertama sambil menantikan kedatangan-Nya yang kedua. Masing-masing dari 4 hari Minggu perayaan Adven difokuskan pada Damai (Peace), Pengharapan (Hope), Sukacita (Joy), dan Kasih (Love).

Gambar: Poster TBP PeaceShalom / Damai (Peace)
"Kedamaian" adalah kata yang sangat umum yang berarti berbeda untuk orang yang berbeda. Kata ini juga merupakan kata yang sangat penting dalam Alkitab yang tidak hanya merujuk pada ketiadaan konflik, tetapi juga pada hadirnya sesuatu yang lain. Dalam video ini, kita mengeksplorasi makna inti dari kedamaian alkitabiah dan bagaimana semuanya itu mengarah kepada Yesus.
Gambar: Poster TBP HopeYakhal / Pengharapan (Hope)
Dalam Alkitab, orang yang berpengharapan sangat berbeda dengan orang yang optimis! Dalam video ini, kita akan mendalami bagaimana harapan yang alkitabiah semata-mata berdasar pada karakter Allah untuk memercayai bahwa masa depan akan lebih baik daripada saat ini.
Gambar: Poster TBP JoyChara / Sukacita (Joy)
Dalam video ini, kita menyelidiki jenis kegembiraan yang unik, yang untuk itulah umat Allah dipanggil. Ini bukan sekadar suasana hati yang berbahagia, tetapi lebih merupakan pilihan untuk percaya bahwa Tuhan akan menggenapi janji-Nya.
Gambar: Poster TBP LoveAgape / Kasih (Love)
Kata "kasih" adalah salah satu kata yang paling mudah diselewengkan maknanya karena kata itu terutama merujuk pada perasaan yang terjadi pada seseorang. Dalam Perjanjian Baru, kasih mengacu pada cara memperlakukan orang yang didefinisikan oleh Yesus sendiri: carilah kesejahteraan orang lain terlepas dari respons mereka.

SEPERTI YANG TERTULIS

Perjanjian Lama dengan penuh harapan menanti kedatangan Raja Kekal Allah, yaitu Dia Yang Diurapi, yang akan membawa kedamaian bagi umat-Nya. Dalam antisipasinya, mereka menyatakan, "Sesungguhnya, seorang anak telah lahir bagi kita, seorang putra telah dikaruniakan bagi kita, dan pemerintahan akan ada di bahunya; nama-Nya akan disebut: 'Penasihat Ajaib, 'Allah Yang Mahakuasa', 'Bapa Yang Kekal', 'Raja Damai'." Ketika Mesias yang telah lama ditunggu-tunggu itu akhirnya datang, para malaikat mengumumkan kelahiran-Nya dengan menyatakan, "Aku memberitakan kepadamu kabar baik tentang sukacita besar yang diperuntukkan bagi semua bangsa. Pada hari ini, telah lahir bagimu seorang Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud."

KEDATANGAN RAJA KEKAL ALLAH

Dalam seluruh Alkitab, Tuhan menjanjikan "Adven" atau kedatangan Anak-Nya, Yesus. Ini adalah salah satu peristiwa terpenting dalam seluruh sejarah manusia -- Pencipta alam semesta yang kekal dan mahakuasa menjadi manusia, diam di antara kita, dan menderita demi kita untuk memberi kita kehidupan. Perjanjian Lama dengan penuh harapan menantikan kedatangan (Adven) Raja Kekal Allah, yaitu Dia Yang Diurapi, yang akan membawa kedamaian bagi umat-Nya. Janji-janji ini telah digenapi. (t/Evie)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : The Bible Project
Alamat situs : https://thebibleproject.com/explore/the-advent-series/
Judul asli artikel : The Advent Series
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 12 November 2019

KEGIATAN #AYO_PA!

PA Natal dengan Alkitab Proyek Indonesia dan The Bible Project

Menjelang Natal, kegiatan #Ayo_PA! akan berbagi cerita mengenai proses PA YLSA dengan menggunakan video dari API-TBP. Berikut ini penerapannya.

BAHAN PA:

  1. Lukas Ps. 1-2 (Animasi - Seri Injil)
  2. Kitab Lukas Ps. 1-9 (Infografik - Ringkasan Kitab)
  3. Injil Kerajaan Allah (Animasi - Topik)
  4. Son of Man/Anak Manusia (Animasi - Topik)
  5. Peace/Damai (Tema Adven) (Animasi - Studi Kata)
  6. Hope/Pengharapan (Tema Adven) (Animasi - Studi Kata)
  7. Joy/Sukacita (Tema Adven) (Animasi - Studi Kata)
  8. Love/Kasih (Tema Adven) (Animasi - Studi Kata)

PROSES PA:

  1. Sesi baca, dengar, dan nonton (BaDeNo).
    Setiap hari, anggota menonton satu video TBP yang menjadi topik yang akan dibahas. Bacaan firman Tuhan diambil dari bahan dalam video (berdasarkan referensi ayat).
  2. Sesi menggali pelajaran.
    Setiap anggota saling tukar kesan/pelajaran yang mereka dapat setelah menonton video TBP dan membaca firman Tuhan.
  3. Sesi berdiskusi/bertanya.
    Pelajaran dilanjutkan dengan diskusi; setiap anggota mengajukan dan membahas pertanyaan komprehensif, refleksi, maupun aplikasi sesuai dengan video dan firman Tuhan yang sudah dibaca, dengar, nonton (BaDeNo).
  4. Sesi berbagi aplikasi.
    Langkah terakhir, setiap anggota menyampaikan aplikasi/tindakan praktis yang akan dilakukan sebagai respons terhadap pelajaran dan firman Tuhan hari itu.

Secara keseluruhan, PA dengan menggunakan bahan video dari API-TBP ini membuat kami menjadi lebih paham terhadap peristiwa-peristiwa yang mengiringi kelahiran Yesus ke dunia, dan juga terhadap gambaran besar pentingnya kelahiran Juru Selamat sebagai penggenapan nubuat para nabi dalam Perjanjian Lama. Selain itu, video studi kata API-TBP juga membantu kami menelusuri maksud kata-kata tersebut dalam bahasa aslinya dan membantu kami menemukan benang merah penggunaan kata tersebut dan kaitannya dengan pribadi Yesus Kristus sendiri. Adanya video-video ini juga sangat membantu dalam diskusi refleksi yang kami lakukan setiap PA. Bagi sahabat sekalian yang tertarik menggunakan video-video ini sebagai bahan PA atau bahan pendamping khotbah, silakan kunjungi situs Alkitab Proyek Indonesia untuk mengakses video-video tersebut. Kiranya menjadi berkat! Salam #Ayo_PA!


TETELESTAI

Episode 5 -- The Law (Hukum Taurat)

Video: Tetelestai 05

Dapatkan Tetelestai Episode 5 di situs Tetelestai Indonesia! Setelah 3 bulan berjalan di padang gurun sejak keluar dari tanah Mesir, bangsa Israel pun tiba di Gunung Sinai. Di sana, Allah membuat suatu perjanjian dengan bangsa Israel, dan ketentuan-ketentuan utama/inti dalam perjanjian tersebut dikenal sebagai Sepuluh Perintah Allah atau Hukum Taurat. Hukum-hukum ini ditulis pada dua loh batu oleh tangan Allah sendiri dan mengungkapkan karakter Allah dan standar-Nya yang sempurna tentang yang benar dan yang salah. Bangsa Israel harus sepenuhnya menaati semua hukum tersebut. Sebagai tanggapan terhadap firman yang telah Allah sampaikan melalui Musa itu, seluruh bangsa itu serentak menjawab dan berkata, “Semua yang telah Allah firmankan itu akan kami lakukan” (Keluaran 19:8). Namun, akankah mereka mampu memelihara ketentuan-ketentuan perjanjian itu dan menaati hukum-hukum Allah?

Dalam 30 menit, Tetelestai episode 5 mengajak kita melihat dan merenungkan kembali setiap perintah dalam Hukum Taurat. Kemudian, sambil mempelajari hukum-hukum ini satu per satu, kita akan dipandu untuk menanyakan pertanyaan yang sama kepada diri kita sendiri: "Mampukah kita memelihara dan menaati hukum-hukum Allah tersebut?" Saksikan video ini selengkapnya di situs Tetelestai Indonesia.

Untuk merayakan Natal, jangan lupa untuk tonton pula Tetelestai Natal, yaitu Episode 7 yang tersedia dalam Paket Natal SABDA ME+DIA.


METODE PA

Metode Devosional

Devosional

Metode Devosional merupakan metode Penggalian Alkitab (PA) yang sangat cocok untuk perenungan pribadi setiap hari. Ada empat langkah penting untuk melaksanakannya:

  1. Berdoa untuk minta pimpinan Roh Kudus.
  2. Membaca dan merenungkan ayat-ayat firman Tuhan yang ditentukan untuk hari itu.
  3. Membuat aplikasi dari apa yang kita dapatkan dari firman Tuhan saat itu.
  4. Menghafal dari satu ayat yang sudah kita renungkan.

Selain secara pribadi, metode PA Devosional juga bisa dilakukan dalam kelompok kecil. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Berdoa untuk minta pimpinan Roh Kudus.
  2. Anggota kelompok saling membagikan hasil dari perenungan firman Tuhan pada hari itu
  3. Membuat dan membagikan aplikasi apa yang akan dilakukan anggota kelompok sehubungan dengan hasil perenungan mereka
  4. Menghafal dari satu ayat yang sudah direnungkan bersama.

Untuk masa Natal, silakan lakukan PA Metode Devosional menggunakan satu renungan setiap hari dari buku renungan Natal: "Janji" di Situs Natal Indonesia.

Adaptasi dari: https://blog.sabda.org/2010/04/19/belajar-menggali-firman-tuhan-di-ylsa/


ALAT PA

Ekspositori dalam Situs Alkitab SABDA

Seperti yang kita ketahui, teks Alkitab telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Teks asli Alkitab ditulis dalam bahasa Ibrani untuk Perjanjian Lama dan bahasa Yunani untuk Perjanjian Baru. Untuk studi Alkitab yang mendalam, kita perlu mempelajarinya. Untuk itulah, SABDA membuat fitur Ekspositori dalam situs Alkitab SABDA. Tujuannya adalah memungkinkan pengguna mempelajari kata-kata atau frasa yang tertulis dalam Alkitab dengan tepat, termasuk mempelajari suatu kata dalam bahasa aslinya (bahasa Ibrani atau Yunani), definisinya, dan penggunaannya dalam seluruh Alkitab.

Gambar: Ayat Alkitab paralel

Sebagai contoh, pada bacaan Yohanes 21:15-17, Tuhan Yesus bertanya kepada Petrus, “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Pertanyaan itu muncul sampai tiga kali. Jika tidak diteliti dari bahasa aslinya, kata “mengasihi” terlihat sama semua dalam Alkitab bahasa Indonesia, padahal dalam bahasa aslinya, masing-masing kata “mengasihi” memakai kata yang berbeda dan memiliki pengertian yang sedikit berbeda. Fitur Ekspositori juga akan memberikan informasi tentang penggunaan kata “mengasihi” dalam keluarga katanya. Selain itu, Ekspositori juga dapat menampilkan penggunaan kata “mengasihi” secara spesifik di lokasi-lokasi lain dalam Alkitab. Nah, melalui penemuan-penemuan dari fitur Ekspositori ini, kita dapat mempelajari kata “mengasihi” secara lebih luas dan lebih dalam. Secara khusus, untuk bacaan Yohanes 21:15-17, kata “mengasihi” ternyata diterjemahkan setidaknya dari dua kata Yunani (dengan beberapa variasinya), yaitu agapao dan phileo. Dengan mengetahui fakta ini, kita bisa mengetahui makna yang lebih tepat dari pertanyaan awal Tuhan Yesus yang menggunakan kata agapao untuk mengasihi, dan yang kemudian dijawab oleh Petrus dengan kata phileo.

Silakan belajar lebih banyak tentang beberapa kata dalam Alkitab sehubungan dengan Natal untuk melihat ekspositorinya, seperti Imanuel, Malaikat, Majus, Kerajaan Allah, atau Gembala.

Data yang digunakan dalam fitur Ekspositori ini sangat besar, tetapi teknologi memungkinkan data-data tersebut ditampilkan secara cepat dan lengkap! Ya, teknologi memungkinkan munculnya alat-alat PA yang akan sangat menolong kita untuk belajar firman Tuhan dengan cepat, akurat, mendalam, dan bertanggung jawab.

 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Davida, Nikos, dan Danang
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2019 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Code4God

Info Corona

Selamat Ultah SABDA

   
 

 

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!