Skip to main content

Studi Alkitab, dahulu dan sekarang, adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh orang percaya. Tentu saja, seiring perkembangan zaman, metode dan alat untuk melakukan studi Alkitab mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut menuntut hal-hal ini dari orang percaya, yaitu mau belajar hal-hal baru, memiliki keingintahuan yang tinggi, dan rindu bertumbuh dalam firman. Oleh karena itu, kapan pun eranya, mari kita terus mendekatkan diri kepada Tuhan agar kita makin mencintai Dia, firman-Nya, dan jemaat-Nya.

Penelitian Alkitab

Apakah studi Alkitab/PA itu? Beberapa orang menyebutnya penelitian Alkitab, penggalian Alkitab, pendalaman Alkitab, pemahaman Alkitab, dan sebagainya. Kita perlu sama-sama memahami bahwa studi Alkitab/PA tidak sama dengan membaca Alkitab. Ditambah lagi, pada era digital ini, studi Alkitab/PA digital tidak sama dengan membaca Alkitab versi digital. Studi Alkitab adalah kegiatan untuk menyelidiki firman Tuhan yang harus diawali dengan berdoa. Dalam penyelidikan tersebut, ada proses belajar yang biasanya dilakukan dengan cara mencatat. Jika pada zaman dahulu kita menggunakan teknologi kertas dan alat tulis untuk melakukan pencatatan, pada era digital ini, kita dapat melakukannya dengan mencatatnya dalam gawai kita.

Gambar: Alkitab Digital

Beberapa alat yang digunakan untuk melakukan studi Alkitab, seperti buku-buku referensi Alkitab, sudah tersedia pula dalam versi digital. Tidak perlu lagi membawa buku-buku yang tebal ke mana-mana. Dibandingkan buku-buku cetak, referensi Alkitab yang tersedia dalam versi digital memiliki keuntungan tersendiri, yaitu bahan-bahan tersebut saling terintegrasi. Dengan satu kali klik, kita bisa mendapatkan sejumlah besar bahan referensi Alkitab ketika menyelidiki satu atau beberapa ayat Alkitab. Tentu saja, hal ini akan sangat menguntungkan kita ketika belajar Alkitab karena sangat menghemat waktu, efektif, dan hasil belajar bisa lebih mendalam. Penyelidikan Alkitab pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Hubungan Pendalaman Alkitab dan Khotbah

Untuk menyampaikan khotbah, ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Namun, yang terutama adalah Alkitab itu sendiri. Alkitab inilah yang harus digali dan dipahami agar menghasilkan materi khotbah yang alkitabiah. Ketika kita berkhotbah, kita sedang membagikan hasil PA kepada jemaat. Oleh karena itu, kita harus bersyukur kepada Tuhan karena pada era teknologi ini, Dia memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan PA sehingga bukan hanya pendeta yang dapat belajar Alkitab, tetapi jemaat awam pun bisa. Para hamba Tuhan pun dapat mempersiapkan khotbah dengan lebih baik karena dapat melakukan PA secara lebih efektif dan mendalam karena kemunculan berbagai fasilitas teknologi. Apabila disiasati secara tepat, dengan metode yang sesuai, teknologi akan menjadi alat pendukung yang sangat kuat untuk studi Alkitab.

Meski demikian, perlu ditekankan bahwa hakikat pendalaman Alkitab tetaplah sama sejak era papirus hingga era smartphone. Perbedaan bentuk dan cara sama sekali tidak memengaruhi tujuan dan esensi, sebab Kitab Suci di tangan kita adalah firman yang sama yang dimiliki oleh jemaat gereja mula-mula 2.000 tahun yang lalu. Alkitab adalah firman Tuhan, baik dahulu, sekarang, dan seterusnya; baik berupa gulungan, buku cetak, maupun aplikasi digital. Karena itu, sebagai orang percaya, kita harus mempelajari dan merenungkannya setiap saat supaya napas ilahi itu berakar, bertumbuh, dan berbuah bagi kemuliaan Tuhan. Sebab, "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran" (2 Timotius 3:16).

Alkitab Yang Terbuka (AYT)

Kita patut bersyukur karena sekarang Alkitab tersedia dalam genggaman. Bahkan, bukan hanya Alkitab, ratusan bahan studi, seperti yang pernah kita bahas pada kesempatan lalu, dapat diakses semudah kita mengakses media sosial. Semua itu merupakan berkat Allah bagi zaman kita melalui hadirnya teknologi dan informasi yang berkembang begitu pesat. Perkembangan teknologi ini harus kita manfaatkan untuk sesuatu yang bernilai kekal dan untuk mengabarkan kemuliaan Kristus, sebab segala sesuatu yang baik berasal dari Allah, tidak terkecuali teknologi.

Berlandaskan keyakinan iman tersebut, Yayasan Lembaga SABDA, yang bergerak dalam digital ministry, telah lama menggalakkan gerakan #Ayo_PA!. Melalui gerakan ini, YLSA memperkenalkan berbagai alat studi Alkitab digital, metode pembelajarannya, hingga Alkitab Yang Terbuka (AYT). AYT adalah versi Alkitab berbahasa Indonesia yang mengusung prinsip penerjemahan setia, jelas, dan relevan. Nilai-nilai tersebut membuat AYT mudah dipahami karena gaya bahasanya sesuai dengan masyarakat abad ke-21, mengikuti kaidah gramatika bahasa Indonesia yang up-to-date, tanpa menyimpang dari bahasa dan makna Kitab Suci dalam bahasa aslinya. AYT dapat diakses melalui berbagai platform dan jalur, dan tersedia pula dalam beragam media. Informasi lengkap dan terperinci mengenai AYT dapat Anda baca dalam artikel berikut: http://blog.sabda.org/2014/03/28/alkitab-yang-terbuka-alkitab-abad-ke-22/. Salah satu keuntungan memakai alat digital adalah semua bahan dan platformnya terintegrasi. YLSA juga telah membuat satu kurikulum berisi cara studi Alkitab secara digital. Bagi Anda yang ingin mengetahui format materinya, silakan buka bahan SlideShare berikut ini.

SlideShare Studi Alkitab pada Era Digital

Bersama, kita bisa menjalani era post-modern dengan segala fasilitasnya secara maksimal dalam naungan firman, sekaligus bagi kemajuan pemberitaan firman itu. Kini, kita bisa mulai meninggalkan pandangan bahwa agama dan teknologi tidak berkaitan. Justru sebaliknya. Bukan saja terkait erat, keduanya malah saling mendukung dalam hikmat Roh Kudus bagi kemuliaan Tuhan, Juru Selamat kita.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak ber-PA menggunakan semua teknologi yang ada dalam genggaman kita. Mari menebus teknologi bagi kemuliaan Tuhan, dan melakukan studi Alkitab agar kita semakin mengenal Allah dan mengasihi firman-Nya. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang metode ataupun alat-alat studi Alkitab digital, silakan kunjungi situs Ayo-PA.org atau hubungi email redaksi di pa21@sabda.org. Tuhan memberkati.

Paket Natal

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!