Skip to main content

Mengapa Firman Tuhan Penting: 3 Alasan Remaja Perlu Membaca Alkitab

Apakah remaja di kelompok Anda bertanya-tanya mengapa firman Tuhan penting? Dalam budaya kita yang modern, Alkitab tidak begitu penting. Beberapa orang percaya itu sudah ketinggalan zaman. Yang lain mengatakan Alkitab tidak benar-benar berlaku untuk kehidupan kita pada masa kini.

Acara TV yang kita tonton sering kali menggambarkan orang Kristen perlu dibebaskan dari agama. Oleh karena pengaruh media dan dunia, orang Kristen sering kali tidak memberikan tempat yang tepat bagi Alkitab dalam kehidupan kita.

Ingatkan remaja mengapa firman Tuhan penting dengan meninjau hal-hal mendasar ini.

Mengapa Firman Tuhan Penting

1. Firman Tuhan adalah Kebenaran

Bukan hanya Alkitab adalah kebenaran, tetapi kita dapat memercayai apa yang dikatakannya. Itu sudah terbukti akurat.

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Salah satu hal utama yang harus kita tanamkan di dalam hati kita adalah bahwa firman Tuhan merupakan kebenaran. Itu berarti terlepas dari apa yang kita lihat atau dengar di dunia, Alkitab adalah benar.

"Seluruh firman Allah itu teruji. Dia adalah perisai bagi mereka yang berlindung pada-Nya." (Amsal 30:5, AYT)

Alkitab itu sempurna dan benar. Ini adalah buku yang luar biasa! Dan, ketika Anda membacanya, Anda menyadari Alkitab bukan sebuah buku biasa. Itu benar-benar firman Tuhan yang diilhami.

"Rumput layu dan bunga gugur, tetapi firman Allah kita tegak selama-lamanya." (Yesaya 40:8, AYT)

2. Firman Tuhan Dapat Dipercaya

Banyak peristiwa dan tempat yang dicatat dalam Alkitab adalah bagian dari sejarah. Ketika para peneliti terus menemukan lebih banyak bukti arkeologis, tempat-tempat yang disebutkan dalam Alkitab adalah benar. Orang-orang yang disebutkan dalam Alkitab juga ada.

"Firman-firman-Mu yang disingkapkan memberi terang, itu memberi pengertian kepada orang-orang naif." (Mazmur 119:130, AYT)

Bukan hanya Alkitab adalah kebenaran, tetapi kita dapat memercayai apa yang dikatakannya. Itu sudah terbukti akurat.

3. Firman Tuhan adalah Titik Awal Kita

Dalam segala hal yang kita lakukan, firman Tuhan harus menjadi tempat kita memulai. Baik kita membuat keputusan tentang masa depan kita atau apa pun, jika kita tidak memulainya dengan Alkitab, maka kita akan melakukan kesalahan.

Firman Tuhan adalah dasar untuk semua pilihan kita, semua keputusan kita, semua yang kita lakukan. Dan, jika kita tidak memulai dengan Alkitab, maka kita akan sampai pada kesimpulan yang salah.

"Kami meruntuhkan pemikiran-pemikiran dan setiap hal tinggi yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus." (2 Korintus 10:5, AYT)

Setiap pikiran kita harus kita saring melalui kebenaran yang ditemukan dalam firman Tuhan. Jika sebuah pemikiran tidak sejalan, kita harus mengganti apa yang kita anggap benar dengan apa yang Alkitab katakan. Dengan begitu, kita akan selalu memulai dengan firman Tuhan dalam segala sesuatu yang kita lakukan.

Tidak ada Buku Seperti Firman Tuhan

Alkitab adalah buku yang tidak ada duanya. Jika Anda membaca dan mempelajari Kitab Suci, itu akan mengubahkan hidup Anda. Alkitab akan memberi Anda tujuan dan makna. Ditambah juga, itu akan membantu Anda menafsirkan dunia di sekitar Anda.

Firman Tuhan itu istimewa. Jadi, doronglah remaja untuk meluangkan waktu membacanya. Dan, ingatlah agar Anda sendiri juga membacanya! Alkitab akan mengubahkan Anda menjadi pribadi yang Allah maksudkan untuk Anda. Bertekadlah untuk menjadikan kebiasaan membaca firman Tuhan sebagai hal penting dalam kehidupan Anda hari ini. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Church Leaders
Alamat situs : https://churchleaders.com/youth/434637-why-gods-word-matters.html
Judul asli artikel : Why God's Word Matters: 3 Reasons Teens Need to Read the Bible
Penulis artikel : Amber Hudson