Skip to main content

Banyak orang Kristen yang berkata bahwa dari seluruh bahan-bahan yang membantu mereka memperdalam pemahaman akan firman Tuhan, hanya beberapa yang terbukti lebih penting daripada Alkitab Studi itu sendiri. Alkitab Studi mengombinasikan teks Alkitab dengan catatan yang menolong kita dalam interpretasi dan aplikasi firman Tuhan. Tentu saja kita mengakui bahwa terdapat perbedaan antara firman Tuhan dan kata-kata lain yang muncul menyertainya. Pertanyaan Justin Taylor adalah benar ketika ia berkata, "Hal yang paling penting dalam sebuah Alkitab Studi adalah garis horizontal yang memisahkan teks Alkitab dengan interpretasi alkitabiah." Garis tipis tersebut memisahkan firman yang terinspirasi dari Tuhan, yang tak bercacat dan sempurna, dari kata-kata manusia yang tidak menginspirasi, sangat mungkin bercacat cela dan tidak sempurna. Namun, sepanjang kita mengakui perbedaan antara keduanya, kita mendapati bahwa tafsiran firman Tuhan dapat menjadi pelengkap yang sangat menolong pemahaman kita terhadap firman Tuhan.

Meskipun saat ini terdapat banyak Alkitab Studi yang dapat dipilih, tidak semua sama kualitasnya. Dalam artikel ini saya hendak menunjukkan apa yang membedakan Alkitab Studi yang berkualitas tinggi dari yang biasa saja atau bahkan berkualitas rendah. Saya akan melakukannya dengan mengemukakan beberapa karakteristik Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas.

Karakteristik dari Alkitab Studi yang Benar-benar Berkualitas:

Sebuah Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas memiliki doktrin yang sehat. Catatan dan bahan-bahan lain di dalamnya merupakan hasil kerja dari sebuah tim editor dan kontributor, dan produk finalnya akan mencerminkan pendirian doktrin mereka. Sebuah Alkitab Studi tidak akan lebih sehat secara teologi dibandingkan dengan kukuhnya teologi dari tim yang mempersiapkannya. Untuk alasan itu, Anda harus mengetahui siapa saja yang terlibat dalam penyusunan sebuah Alkitab Studi. Anda dapat memelajarinya dengan mencari informasi mengenai para editornya, penerbitnya, dan para kontributornya. Berbicara mengenai editor utama, Anda mungkin akan menemukan nama-nama terkenal seperti J.I Packer (Alkitab Studi ESV), R.C. Sproul (Alkitab Studi Reformasi), atau D.A. Carson (Alkitab Studi Teologi Alkitabiah NIV) dan Anda dapat mengasumsikan bahwa catatan-catatan yang ada di dalam sebuah Alkitab Studi akan konsisten dengan pandangan teologi mereka. Terkadang, para penerbit juga dapat memberikan petunjuk. Contohnya, Alkitab Studi Reformation Heritage KJV diterbitkan oleh Reformation Heritage Books yang menganut teologi Reformasi Belanda; Alkitab Studi NIV, pada lain sisi, diterbitkan oleh Zondervan yang mengakomodasi pendirian doktrin teologi yang lebih luas. Daftar kontributor -- para ahli yang menyediakan catatan-catatan untuk kitab-kitab tertentu dalam Alkitab -- juga dapat memberikan nama-nama yang mungkin Anda anggap dapat dipercaya atau tidak. Sebisa mungkin, carilah Alkitab Studi dengan doktrin Kristen yang mencerminkan pemahaman Anda tentang doktrin Kristen sehingga Alkitab Studi tersebut dapat menjadi sumber bahan yang dapat Anda pergunakan dengan yakin.

Alkitab Studi yang baik memiliki jumlah catatan yang mencukupi. Dalam tujuannya, Alkitab Studi menyediakan penjelasan-penjelasan singkat dari teks Alkitab dan tidak bertele-tele. Alkitab Studi tidak dimaksudkan untuk menyajikan tafsiran penuh, tetapi berisi tafsiran-tafsiran singkat. Dengan demikian, para editornya harus mencari keseimbangan yang tepat antara terlalu sedikit catatan, yang mana tidak akan membantu dalam proses belajar Alkitab, atau terlalu banyak catatan, yang mana membuatnya memiliki terlalu banyak informasi sehingga menjadi terlalu tebal, mahal untuk dicetak, dan merepotkan jika dibawa-bawa. Sebuah Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas memiliki jumlah catatan yang cukup untuk dapat menjelaskan poin-poin penting dalam teks Alkitab dan menyediakan catatan-catatan penting yang cukup sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh para pembaca. Meskipun hal ini merupakan indikator yang subjektif, tetapi masih tergolong sangat penting untuk dijadikan pertimbangan.

Sebuah Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas didasarkan pada terjemahan yang baik. Sebagai penutur bahasa Inggris abad 21, kita diberkati dengan begitu banyak terjemahan Alkitab, dengan kualitas yang bervariasi dari sangat bagus hingga mengerikan. Alkitab Studi biasanya menyediakan catatan-catatan untuk satu versi terjemahan Alkitab, meskipun terdapat beberapa pengecualian. Meskipun demikian, pilihan untuk menggunakan Alkitab Studi tertentu juga dipengaruhi oleh pilihan terjemahan Alkitab. Jika Anda ingin menggunakan Alkitab Studi ESV, Anda juga harus membaca teks Alkitab versi ESV; jika Anda ingin menggunakan Alkitab Studi Teologi Alkitabiah NIV, Anda akan harus membaca teks Alkitab versi NIV. Untungnya, setiap terjemahan teks Alkitab yang berkualitas memiliki setidaknya satu atau dua Alkitab Studi yang terkait. (Catatan: Perangkat lunak Alkitab seperti Logos mengizinkan catatan untuk dipisahkan dari terjemahan teks Alkitab, sehingga memungkinkannya untuk dibaca dengan terjemahan teks Alkitab lainnya. Ini merupakan sebuah fitur yang saya sukai).

Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas menolong pembacanya menguraikan doktrin yang sulit dipahami. Terkadang kita menghadapi pilihan terkait doktrin-doktrin yang sulit. Contohnya umur bumi atau hari-hari saat penciptaan; atau masih berlakukah karunia mukjizat; atau waktu dan situasi kedatangan Yesus yang kedua kali. Alkitab Studi yang paling berkualitas menolong pembacanya untuk mengevaluasi pilihan-pilihan ini. Meskipun mereka tidak membahas secara spesifik mengenai doktrin yang tidak terlalu esensial, setidaknya mereka akan mengarahkan pembaca kepada doktrin-doktrin yang berada dalam batasan ortodoks dan menghindarkan pembaca dari pilihan yang paling tidak mungkin. Harus diperhatikan juga bahwa sebuah Alkitab Studi yang merepresentasikan seseorang (contoh: Alkitab Studi MacArthur), kemungkinan akan menyediakan sudut pandang yang lebih spesifik dalam hal tersebut.

Sebuah Alkitab Studi memiliki fitur-fitur dalam teks yang sangat menolong. Jika fitur umum yang dimiliki setiap Alkitab Studi adalah tafsiran yang dicantumkan pada catatan kaki di bawah teks Alkitab, maka Alkitab Studi yang paling berkualitas juga memiliki fitur tersebut. Catatan-catatan tersebut memberi perkenalan terhadap setiap kitab dalam Alkitab yang menyediakan informasi mengenai penulis kitab, waktu kitab ditulis, dan konteks mengapa kitab itu ditulis; selain itu juga perkenalan terhadap Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru atau perkenalan terhadap berbagai macam kategori; diagram, peta, dan ilustrasi yang menampilkan info-info penting sehingga meningkatkan pemahaman pembaca; referensi silang yang mengaitkan satu ayat dengan ayat lainnya; konkordansi Alkitab yang menunjukkan di mana kata-kata penting digunakan dalam Alkitab; dan seterusnya. Alkitab Studi yang paling berkualitas menawarkan banyak atau semua fitur yang telah disebutkan di atas.

Karakteristik Lainnya:

Hal-hal yang telah disebutkan di atas tadi dapat dianggap sebagai karakteristik umum dari sebuah Alkitab Studi. Berikut ini, saya tuliskan beberapa karakteristik lainnya yang perlu dimiliki oleh Alkitab Studi yang paling berkualitas:

Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas kemungkinan didasarkan pada terjemahan teks Alkitab yang stabil. Terkadang terjemahan teks Alkitab berubah. Tim yang bertanggung jawab dalam penerjemahan ini akan bertemu secara teratur atau sewaktu-waktu untuk membuat pembaruan-pembaruan kecil pada teks berdasarkan fakta-fakta terbaru yang ditemukan oleh para ahli, perubahan penggunaan kata-kata dalam bahasa Inggris, atau kritik dari para pembaca. Para pembaca terkadang hanya mengetahui adanya perubahan-perubahan ini ketika mereka mendengar orang lain membaca Alkitab dengan bersuara dan menyadari terdapat kata-kata yang tidak sama antara Alkitabnya dan Alkitab orang tersebut. Dikarenakan Alkitab Studi dapat menjadi investasi yang penting, maka sangat menjengkelkan jika kita baru saja membelinya, hanya untuk mendapati bahwa beberapa bulan kemudian teks di Alkitab tersebut mengalami perubahan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membeli Alkitab Studi yang didasarkan pada terjemahan yang stabil.

Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas juga mungkin memiliki beberapa fitur tambahan. Saya sudah menuliskan beberapa fitur dalam teks yang sangat menolong sebagai karakteristik penting dari sebuah Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas, tetapi terdapat beberapa fitur lainnya seperti menyediakan koleksi artikel-artikel, menyediakan akses ke edisi daring, rencana-rencana baca Alkitab, dan sebagainya.

Alkitab Studi yang benar-benar berkualitas kemungkinan akan hadir dalam beberapa edisi. Beberapa orang ingin membeli Alkitab Studi yang tidak terlalu mahal agar mereka dapat memberikannya kepada teman mereka yang tertarik; beberapa ingin membelinya sebagai Alkitab warisan yang dapat mereka baca selama bertahun-tahun dan kemudian akan mereka tinggalkan bagi anak cucu mereka. Kebanyakan Alkitab Studi hadir dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, ukuran huruf, kualitas bendel, bahan sampul, dan sebagainya.

Alkitab Studi seperti apakah yang seharusnya Anda gunakan?

Jadi, dengan pertimbangan hal-hal tersebut di atas, Alkitab Studi manakah yang seharusnya Anda gunakan? Itu adalah hal yang harus Anda putuskan. Untungnya, banyak Alkitab Studi yang memiliki karakteristik yang banyak diminati. Secara pribadi, saya sering mendapati diri saya bergantian memakai: Alkitab Studi ESV, Alkitab Studi Teologi Alkitabiah NIV, Alkitab Studi Reformasi, dan Alkitab Studi CSB (kurang lebih sesuai urutan tersebut).

Beberapa tahun lalu, saya mempersiapkan infografik perbandingan 7 Alkitab Studi. Walaupun agak sedikit ketinggalan zaman (contoh: Alkitab Studi NIV dari Zondervan saat ini bernama Alkitab Studi Teologi Alkitabiah NIV dan Alkitab Studi HCSB diganti dengan Alkitab Studi CSB), infografik tersebut dapat memberikan perbandingan dari beberapa pilihan Alkitab Studi yang cukup banyak digemari. (t/Pingkan)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Challies
Alamat situs : https://challies.com/articles/what-makes-a-really-good-study-bible
Judul asli artikel : What Makes a Really Good Study Bible?
Penulis artikel : Tim Challies

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!