Skip to main content

Alat-Alat PA Online

Sebelum kita belajar apa saja alat yang bisa kita gunakan untuk melakukan studi Alkitab secara online, kita harus memahami terlebih dahulu bahwa ada perbedaan antara membaca Alkitab dengan belajar Alkitab. Membaca Alkitab, kita hanya membutuhkan Alkitab. Akan tetapi, ketika kita ingin melakukan studi Alkitab, kita membutuhkan Alkitab dan juga alat-alat yang dapat menunjang pembelajaran sehingga kita bisa menggali Alkitab dengan lebih mendalam.

Saat ini, kita akan berfokus pada alat-alat PA online. Mengapa alat-alat PA online ini penting? Dengan adanya alat-alat PA online ini, kita akan bisa belajar Alkitab dengan lebih efektif dan efisien, baik dari sisi waktu maupun dari sisi biaya. Selain itu, kita juga dapat belajar dengan lebih mendalam karena bahan-bahan yang ada dalam alat-alat ini sangat banyak dan saling terintegrasi. Selain itu, kita juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk belajar Alkitab karena kita bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Ini akan sangat menarik sekali, dan perlu diketahui bahwa pelayanan Yayasan Lembaga SABDA sendiri sudah menyiapkan banyak jalur untuk melakukan studi Alkitab.

Kami memiliki jalur melalui situs, aplikasi mobile, program komputer, chat Bots, dan media-media sosial yang kita gunakan untuk melakukan studi Alkitab ini.

1. Situs

Tentunya Anda juga sudah tidak asing lagi dengan situs Alkitab SABDA. Di situs ini, terdapat banyak sekali alat untuk menolong kita belajar Alkitab. Mulai dari tafsiran, kamus Alkitab, ekspositori, sampai bahan-bahan media juga terdapat di sini.

Selain itu, salah satu situs terbaru YLSA adalah komik.app. Situs ini memiliki banyak sekali komik Alkitab yang Anda bisa pelajari, dan ada satu ruang yang sangat menarik di situs ini, yang kita namakan Komik Zone. Jadi, ketika Anda masuk di dalam ruang zone ini, Anda bisa belajar Alkitab dengan komik dan ini sudah terintegrasi dengan media audio, video, dan media studi lainnya.

2. Aplikasi

Berikutnya jalur aplikasi. Kami menyediakan aplikasi Android, ada Alkitab PEDIA, kamus Alkitab, tafsiran Alkitab, dan peta Alkitab. Jika Anda sudah memiliki aplikasi Alkitab SABDA dengan cover Alkitab yang berwarna biru atau hijau, plus keempat aplikasi ini, Anda bisa melakukan studi Alkitab dengan sangat menyenangkan. Sebab, kelima aplikasi ini sudah saling terintegrasi.

3. Software

Kami juga memiliki jalur studi Alkitab dengan program komputer. Kami memiliki produk yang dinamakan Software SABDA. Di dalam Software SABDA ini, tersedia banyak sekali versi Alkitab, baik dari bahasa Indonesia, bahasa suku, maupun bahasa-bahasa asing. Selain itu, di dalam Software SABDA sendiri juga terdapat banyak buku yang sudah kami kategorikan dan buku-buku ini sangat berkualitas serta alkitabiah. Jadi, ketika Anda memiliki Software SABDA ini dengan menginstalnya di situs sabda.net, Anda seperti memiliki perpustakaan digital untuk melakukan studi Alkitab.

4. Bot Telegram

Lalu, kami juga memanfaatkan aplikasi Telegram. Di dalam telegram ini, kami memiliki channel yang kami sebut dengan SABDA BOT. Jadi, ketika Anda bergabung di channel ini, Anda dapat membaca Alkitab, renungan harian, bahkan berlangganan publikasi-publikasi yang sudah kami terbitkan. Silakan dicoba.

5. Media Sosial

Berikutnya kami memanfaatkan media-media sosial. Salah satunya ada Facebook untuk melakukan studi Alkitab dengan bahan renungan, baik dari Santapan Harian, Renungan Harian, maupun program yang kami namakan dengan Anda Punya Waktu. Program ini adalah program untuk mendengarkan audio Perjanjian Baru dari Matius sampai Wahyu dalam waktu tiga bulan. Ini sangat menarik karena kita melakukannya tidak sendirian, tetapi bersama dengan teman-teman yang lain.

Selain itu, ada Instagram yang kami manfaatkan untuk studi Alkitab dengan menggunakan komik Alkitab. Baru-baru ini, kami memanfaatkannya untuk melakukan pembelajaran Alkitab khusus untuk kitab-kitab Injil yang kami namakan dengan program PESTA RIA - Injil.

Ini adalah jalur-jalur yang SABDA sediakan untuk melakukan studi Alkitab. Dalam setiap jalur ini, kami memiliki alat-alat untuk bisa menolong Anda melakukan studi Alkitab. Nah, sekarang, apa saja alatnya?

1. Konkordansi

Pertama adalah konkordansi. Konkordansi adalah daftar kata dalam Alkitab yang disertai keterangan di mana saja kata tersebut berada, di kitab mana saja. Salah satunya ada di situs Alkitab SABDA. Jadi, Anda bisa masuk ke bagian menu ekspositori. Kita akan bisa belajar kata dan kata itu terdapat di kitab mana saja.

2. Leksikon

Berikutnya tentang leksikon. Ini akan lebih menolong kita untuk bisa mencari kata asli berdasarkan bahasa Ibrani ataupun Yunani. Jadi, leksikon lebih menekankan untuk kita bisa mencari arti katanya. Jadi, Anda bisa masuk ke dalam kategori leksikon dan bisa belajar menggali kata dengan lebih mendalam. Lalu, bagaimana jika kita melakukan studi Alkitab, lalu ada kata-kata penting di Alkitab yang kita ingin tahu definisi atau penjelasannya. Nah, jika kita mengalami hal ini, kita membutuhkan kamus Alkitab.

3. Kamus Alkitab

Kami menyediakan banyak jenis kamus Alkitab. Ada Kamus Pedoman, Kamus Tokoh, Kamus browning, dan jenis-jenis yang lain. Menariknya, semuanya ini ada di semua jalur studi Alkitab yang tadi sudah saya sebutkan. Ini adalah salah satu tampilan kamus Alkitab di aplikasi Android. Anda akan bisa belajar kata dengan lebih mendalam lagi.

Salah satu jenis atau kategori dari kamus adalah Ensiklopedia Alkitab. Ini akan sangat bisa menolong kita ketika melakukan studi Alkitab untuk bisa melihat konteks dengan lebih mendalam. Sebab, ensiklopedia ini memberi gambaran yang lebih detail mengenai sejarah dan budaya yang kita ingin kita pelajari dan cari. Jika Anda ingin menemukan Ensiklopedia Alkitab di program Software SABDA, Anda bisa masuk ke kategori pustaka di bagian kamus.

4. Alkitab PEDIA

Alkitab PEDIA pasti juga tidak asing lagi bagi Sahabat-sahabat YLSA yang sudah men-download lima aplikasi untuk studi Alkitab. Ini salah satu alat studi Alkitab yang saya sukai karena bisa menolong untuk memahami latar belakang kitab yang sedang kita pelajari. Tidak hanya latar belakang, tetapi juga garis besar, tujuan, bahkan nama-nama tokoh, nama-nama tempat itu juga bisa kita pelajari dari Alkitab PEDIA ini. Alkitab PEDIA ini sudah tersedia dalam aplikasi Android dan juga terdapat dalam situs Alkitab SABDA. Ini akan sangat efektif untuk kita memulai studi Alkitab, baik secara pribadi maupun secara kelompok.

5. Tafsiran

Nah, sekarang, ketika kita melakukan studi Alkitab, pasti kita juga belajar hal-hal baru. Kita belajar hal-hal yang penting, bahkan kata-kata yang sulit. Tidak ada salahnya ketika kita melakukan studi Alkitab, hasil pembelajaran kita itu bisa dilengkapi atau mungkin sesekali dibandingkan dengan hasil penggalian dari penulis atau ahli kitab. Bagaimana caranya? Kita bisa memanfaatkan Tafsiran Alkitab. Ada banyak jenis tafsiran Alkitab, seperti Full Life, Utley, dan masih banyak jenis lainnya. Semuanya ini bisa Anda temukan di semua jalur studi Alkitab yang sudah SABDA sediakan. Ini akan bisa memperlengkapi kita dan menolong untuk melihat sudut pandang dari penulis-penulis yang lainnya.

6. Catatan

Berikutnya, catatan. Ini mungkin alat studi Alkitab yang sering kita lewatkan. Namun, ini penting. Jadi, ketika kita menggunakan catatan, kita bisa mencatat hasil studi Alkitab kita. Fitur catatan ini sudah tersedia di aplikasi Android dan di Software SABDA. Jadi, catatan ini tidak hanya berfungsi sekadar untuk menyimpan hasil pembelajaran Alkitab, tetapi lama-kelamamaan akan bisa menolong kita untuk menulis artikel, menulis blog, sebab catatan menjadi sumber ide. Bahkan, kita bisa melihat bahwa firman Tuhan yang kita pelajari dari hari ke hari ternyata memberikan sesuatu yang baru dalam hidup kita. Nah, ini sangat menolong sekali.

7. Interlinear

Ada pula alat studi Alkitab interlinear. Alkitab yang memiliki terjemahan harfiah, kata demi kata dalam bahasa tujuan. Alkitab interlinear ini sering kali kita gunakan untuk melakukan penerjemahan Alkitab.

8. Ayat Paralel

Berikutnya mengenai ayat paralel. Alat studi Alkitab ini akan sangat menolong kita untuk membandingkan satu atau beberapa ayat dengan versi terjemahan yang lainnya. Ini salah satu contohnya saya tampilkan untuk aplikasi Android, kita bisa lihat dari Yohanes 3:16. Di sana, memunculkan ada beberapa versi. Ada versi Alkitab Yang Terbuka, Terjemahan Baru, Jawa Suriname, bahkan sampai ini KJV. Untuk versi-versi yang keluar ini, ini akan keluar tergantung pada versi apa saja yang Anda unduh di aplikasi Alkitab ini. Nah, itu yang akan menjadi alat untuk Anda bisa membandingkan.

9. Referensi Silang

Lalu mengenai referensi silang. Referensi silang sanga mempermudah kita untuk mengidentifikasi persamaan antarbagian yang berbeda dalam Alkitab. Bisa dalam peristiwa atau mungkin dalam tokoh, bahkan mungkin dalam perkataan. Salah satu contohnya adalah Komik Zone yang tadi sempat saya singgung.

Dalam setiap halaman komik Alkitab, pasti ada yang saling terkait di sana. Nah, di sini, alat-alat studi Alkitab yang sudah terintegrasi di dalamnya bisa menolong kita. Salah satunya adalah referensi silang. Jadi, dalam Lukas 2:28-32 ini, ternyata ada referensi silang, ada pembahasan yang sama dalam Kisah Para Rasul 2, sementara dalam Lukas 2 seperti ini. Ini akan bisa menolong kita untuk memahami, memperlengkapi kita dalam melihat gambaran yang lebih luas lagi.

10. Indeks Topikal

Ada alat studi Alkitab yang dinamakan dengan Indeks Topikal. Indeks Topikal ini bisa kita jumpai di jalur Software SABDA. Ini masuk juga ke dalam bagian pustaka, bagian buku-buku untuk kategori sistem topikal. Ini akan sangat menolong karena di dalamnya memuat daftar setiap ayat di dalam Alkitab dan ini sudah diurutkan berdasarkan topik dari ayat-ayat tersebut. Ketika Anda menggunakan Indeks Topikal ini, kita akan semakin diperlengkapi, diperluas lagi pemahaman untuk bisa melihat konteks Alkitab dan hal-hal yang terkait dengan perikop bahkan yang sedang kita pelajari.

11. Renungan

Salah satu alat studi Alkitab yang sudah tidak asing lagi dan pasti sering Anda gunakan. Ada banyak sekali jenis renungan, dan SABDA sudah menyediakan. Beberapa di antaranya ada Santapan Harian, Renungan Harian, dan Renungan Oswald Chambers. Ini sudah ada aplikasinya juga. Jadi, bagi Anda yang belum memiliki, bisa mengunduh aplikasinya yang bernama ROC.

12. Peta Alkitab

Lalu, Peta Alkitab. Dengan Peta Alkitab ini, kita bisa memberikan pemahaman yang lebih detail lagi mengenai perspektif geografis, topografis, historis, arkeologis, dan kultural dari tempat peristiwa yang ada di Alkitab. Namun, perlu dipahami ketika nanti menggunakan Peta Alkitab dengan menggunakan aplikasi Android, Anda akan dikenakan biaya. Soalnya tempat yang ditampilkan melalui aplikasi ini sesuai dengan kondisi sekarang (menggunakan Google map secara online - Red). Peta Alkitab ini juga bisa ditemukan di situs Alkitab SABDA bisa masuk ke dalam kategori Sistem Studi kita dan nanti di sana sudah ada penjelasan tempat-tempat yang lebih detail.

13. Video Alkitab

Ini adalah alat studi Alkitab yang sangat relevan dengan digital native sekarang ini. Karena,\ dengan film, video, bahkan animasi berkonten Alkitab ini akan menolong kita untuk bisa melihat gambaran visual. Sekalipun ini berupa penafsiran, tetapi setidaknya bisa menolong kita. Ini beberapa contohnya ada video Lumo. Video Lumo ini berfokus untuk menyajikan video-video khusus Kitab Injil. Di sana sudah terbagi dalam beberapa perikop, nanti Bapak, Ibu bisa coba. Juga ada video yang lain dari The Bible Project, dari mitra kami juga. Di The Bible Project ini, videonya sudah terbagi dalam beberapa kategori. Ini salah satunya ada kategori tematik, ada kategori yang lain juga. Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, Seri Hikmat, dan kategori-kategori yang lain. Juga ada video Kings of Glory dan masih ada beberapa video yang lainnya. Anda bisa mendapatkan video-video ini melalui situs dvd.sabda.org maupun di situs kilas.sabda.org.

14. Komik Alkitab

Yang berikutnya juga sangat menarik untuk kita saat melakukan PA, terutama untuk para digital native. Ini adalah Komik Alkitab. Yang sangat menarik adalah di setiap halaman Komik Alkitab itu tersedia QR Code di bagian pojok bawah. Itu berguna untuk mengakses bahan studi Alkitab seputar ayat-ayat komik yang akan terintegrasi dengan banyak bahan-bahan studi Alkitab untuk bisa mendalami cerita, tokoh, peristiwa yang ada di dalam komik ini. Ada beberapa contoh Komik Alkitab yang ada di situs kami, situs komik.app. Silakan Anda mengunjungi situs kami tersebut.

15. Alkitab Audio

Kemudian, ada alat studi Alkitab Audio. Ini sangat menolong, khususnya juga untuk menolong kaum disabilitas untuk kaum tunanetra. Kami juga pernah melakukan pelayanan studi Alkitab dengan komunitas tunanetra dengan menggunakan Alkitab Audio ini. Anda bisa mendapatkannya di aplikasi Alkitab Karaoke, DVD, maupun mengaksesnya di situs kami, di alkitab.mobi. Audio ini tersedia juga dalam bahasa Indonesia, bahasa suku, dan juga bahasa asing.

Ada kesaksian dari salah seorang pengguna bahwa selama ini ia belum terlalu maksimal menggunakan alat PA, melainkan hanya menggunakan metode PA. Tidak salah. Sebab, metode ini juga penting dalam menolong kita melakukan studi Alkitab secara lebih terarah, dengan lebih sistematis, dan ini bisa menolong untuk bisa mendapatkan hasil PA yang cukup baik juga. Ada banyak sekali metode PA. Ini beberapa di antaranya, ada metode S.A.B.D.A., OIA, BGA (Baca, Gali, Aplikasi). Ini salah satu metode yang digiatkan oleh mitra kami dari Scripture Union Indonesia. Juga ada metode Walking With God, ini metode PA yang cukup sederhana, dan ada metode A.L.A.T (Ayat, Leksikal, Asosiasi, Topikal), dan masih ada jenis metode PA lainnya. Anda bisa belajar di situs kami, melalui situs kami, situs Ayo PA! Ini ada beberapa contoh metode PA yang lainnya. Di sini, Anda bisa mendapatkan penjelasan sekaligus langkah praktis bagaimana menggunakan metode-metode PA ini.

Ada banyak sekali alat untuk melakukan studi Alkitab secara online ini. Dan, kita perlu garis bawahi bahwa alat-alat PA online ini sangat penting karena saling terintegrasi. Dengan adanya saling terintegrasi ini maka akan membuat belajar Alkitab kita lebih efisien, lebih efektif, dan juga akan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi, alat-alat PA online ini tidak semuanya akan dilakukan secara online, kecuali ketika mengunduh di awal, ada yang bisa dilakukan secara offline. Jadi, jika sudah mengunduh aplikasi Android misalnya, kita juga akan bisa melakukan secara offline. Dengan demikian, di tengah-tengah kondisi pandemi sekarang ini, kita dapat semakin giat belajar. Sebab, sudah tersedia bahan, alat, metode yang bisa kita pakai.

Untuk proses PA sendiri, itu pasti akan lebih mendalam. Mengapa? Karena bisa dilakukan dengan bertanggung jawab dan menyenangkan. Menyenangkan, karena ada banyak media yang bisa kita pakai untuk mendukung pembelajaran, khususnya bagi digital native. Pasti akan sangat disukai.

Untuk diketahui, semua alat PA online ini, baik cara penggunaan maupun tutorialnya, bisa ditemukan di slideshare SABDA dan Youtube SABDA Alkitab.

Kiranya apa yang sudah disampaikan di atas bisa semakin membuka wawasan dan menolong kita untuk melakukan studi Alkitab dengan lebih mendalam, bertanggung jawab, dan menyenangkan. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!