Skip to main content

Seberapa baik Anda mengenal Alkitab Anda? Inilah kuis singkatnya: Berapa jumlah kitab yang ada di bagian Perjanjian Lama di Alkitab? Apa kitab terpanjang dalam Alkitab? Berapa jumlah orang yang dibawa Musa bersamanya di dalam Bahtera? Berapa banyak dari 10 Perintah Allah yang dapat Anda sebutkan? Berapa jumlah rasul yang ditunjuk Yesus? Empat kitab apa yang dikenal sebagai 'Kitab Injil?'(Jawaban dicantumkan di bawah).

Normal yang Baru (The New Normal)

Tanyakan pada siapa pun orang Kristen yang sejati dan sebagian besar dari mereka akan memberi tahu Anda bahwa mereka percaya Alkitab. Halaman Facebook mereka mungkin mencantumkan Alkitab sebagai salah satu buku favorit mereka. Mereka mungkin dapat menemukan beberapa ayat kunci. Akan tetapi, kemudian tanyakan kepada mereka seberapa sering mereka membaca dan menerapkannya, dan Anda mungkin akan menemukan wajah yang tersipu malu.

Anda biasanya dapat mengetahui seberapa serius sikap seseorang terhadap Alkitab berdasarkan di mana mereka menyimpannya. Jika ada di rak buku di rumah, kemungkinan besar mereka menghormatinya, tetapi jarang membacanya. Jika mereka menyimpannya di mobil, mereka ingin membacanya tetapi jarang melakukannya. Jika mereka menyimpannya di meja tempat tidur, mereka benar-benar ingin membacanya tetapi biasanya terlalu lelah. Jika mereka selalu membawanya, mereka cenderung membacanya setiap hari.

"Sebuah Alkitab yang berantakan biasanya milik seseorang yang hidupnya tidak rusak!" Frasa ini ditulis di sampul Alkitab pertama saya. Itu adalah pengingat yang konstan untuk memenuhi hidup saya dengan firman Tuhan. Saya menemukan bahwa pada saat-saat kurang membaca Alkitab saya mengalami lebih banyak frustrasi, kesulitan dan godaan. Saat-saat kemenangan dan kekuatan dan kejelasan sering kali bertepatan dengan saat-saat dipenuhi Alkitab yang luar biasa. Apakah Anda berantakan? Bagaimana Alkitab Anda? Apakah berdebu atau usang dan sering digunakan? Apa kesulitan Anda dalam membacanya setiap hari? Kemungkinan besar salah satu alasan berikut adalah juga alasan Anda:

  1. Saya tidak punya waktu (kita selalu menyediakan waktu untuk hal yang paling penting bagi kita).
  2. Saya tidak tahu harus mulai dari mana (memiliki rencana pembacaan Alkitab yang baik akan membuat semua perbedaan – lihat bantuan di bawah).
  3. Membaca membuat saya mengantuk (ini dialami banyak orang – cobalah ganti waktu dan lokasi – kecepatan jika perlu!)
  4. Alkitab terlalu membingungkan (bisa jadi, tetapi tidak harus begitu! Ada yang membingungkan saat Anda tidak terbiasa dengannya – berkomitmenlah untuk menggunakan satu bulan membacanya setiap hari dengan menggunakan rencana di bawah ini dan Anda akan tidak terlalu bingung!).
  5. Saya tidak pernah mendapatkan apa-apa darinya (jika Anda membaca Alkitab untuk "mendapatkan sesuatu" Anda mungkin perlu untuk mengubah motivasi Anda – berdoalah sebelumnya, mintalah Allah untuk membuka mata Anda agar Anda dapat mendengar dari-Nya – mengakses Alkitab untuk mencari aplikasi – praktikkanlah apa yang Anda baca - di situlah keuntungannya diperoleh!)
  6. Ada banyak kontradiksi di dalam Alkitab (tunjukkan lima dan kemudian kita akan membicarakannya).
  7. Alkitab itu membosankan (ada bagian yang 'menantang' – berikut tipnya: bayangkan apa yang Anda baca – jika itu sebuah film, seperti apa bentuknya? Jika itu sebuah lukisan, bagaimana tampilannya?)
  8. Saya mungkin harus berubah (Anda mungkin harus berubah! Ini adalah aspek yang paling sulit dari membaca Alkitab – ini menantang kepercayaan dan gaya hidup Anda! Namun, hikmat Allah dan kasih-Nya kepada Anda meyakinkan Anda bahwa perubahan itu baik).
  9. Saya lupa atau perhatian saya teralihkan (jika Anda menyadari pikiran Anda berkelana, lanjutkan membaca – ini biasanya hanya berlangsung sebentar – jika Anda bisa melewati beberapa menit, pikiran Anda akan mengikuti).
  10. Saya tidak cukup pintar (saya sering bertanya kepada orang-orang yang mengajukan alasan ini, “apakah Anda harus membaca atau menghafal sesuatu untuk sekolah atau pekerjaan?” Semua orang melakukannya! Bahkan ada kaset, CD, dan mp3 Alkitab tersedia bagi mereka yang tidak dapat membaca. Kita memiliki kapasitas mental yang cukup untuk memahami firman Tuhan, kita seringkali hanya kurang motivasi! Jika itu adalah hobi favorit Anda, Anda akan mengatasi salah satu hambatan ini dengan mudah. Akuilah bahwa Anda kurang punya keinginan, berhentilah membuat alasan, dan masuklah ke firman Tuhan!).

Kiat dan Sumber Membaca Alkitab Harian:

Mulailah dari yang sedikit! Bacalah satu atau dua pasal setiap hari. Bayangkan Alkitab sebagai makanan – pola makan yang konsisten dengan "makanan" yang lebih sedikit lebih baik daripada makan berlebihan! Tidak yakin harus mulai dari mana? Kitab Injil Yohanes adalah awal yang bagus! Dari sana, lanjutkan ke Lukas, lalu Kisah Para Rasul, dan kemudian Kejadian. Manfaatkan sumber daya daring yang bagus! Berikut adalah dua favorit saya: ESV Online Study Bible dan Bible Gateway.

Carilah dan gunakan rencana pembacaan Alkitab harian. Kita bisa frustrasi jika tidak tahu harus membaca yang mana. Banyak orang membuka Alkitab begitu saja dan mulai membaca. Rencana Alkitab rolet ini bukanlah cara yang sehat untuk membaca Alkitab. Ada banyak rencana Alkitab di luar sana yang akan membantu Anda dengan mengikuti kalender harian. Lihatlah Heartlight untuk rencana pembacaan Alkitab harian, atau cukup google "rencana pembacaan Alkitab harian".

Ikuti Prof. Horner's 30 Day Challenge (Tantangan 30 Hari Prof. Horner)! Saya secara tidak sengaja menemukan Professor Horner's Bible Reading System (Sistem Membaca Alkitab Profesor Horner) baru-baru ini dan benar-benar menikmati pengalaman itu. Sederhana dan menawarkan variasi. Ini tidak memakan waktu lebih lama dari kebanyakan rencana, tetapi ini jauh lebih substansial. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang rencana ini di www.challies.com (bahkan ada versi seluler: http://www.calvarybiblechurch.org

Jawaban Kuis Singkat:

  • 39 kitab dalam Perjanjian Lama, 27 dalam Perjanjian Baru – total 66 kitab dalam Alkitab;
  • Mazmur adalah kitab terpanjang di Alkitab;
  • Nuh yang membangun bahtera, bukan Musa! Ada delapan orang di bahtera itu – Nuh dan istrinya dan ketiga putranya dan istri mereka;
  • Sepuluh perintah Allah itu adalah
    1. Akulah TUHAN, Allahmu ... Jangan ada padamu ilah lain di hadapan-Ku.
    2. Jangan membuat berhala bagimu,
    3. Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu dengan sia-sia,
    4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat,
    5. Hormatilah ayahmu dan ibumu,
    6. Jangan membunuh,
    7. Jangan berzina,
    8. Jangan mencuri,
    9. Jangan mengucapkan kesaksian dusta tentang sesamamu, dan
    10. Jangan mengingini
      (Keluaran 20: 2-17 AYT)
  • Yesus menunjuk 12 rasul (dapatkah Anda menyebutkan nama mereka?)
    Kitab-kitab Injil adalah: Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Disebut Injil, yang berarti 'kabar baik' karena berfokus pada kehidupan dan pelayanan Yesus.
    (t/Jing-Jing)
Diterjemahkan dari:
Nama situs : Riversideconnect.com
URL : https://www.riversideconnect.com/about/riverside-community-church-blog/post/top-10-reasons-why-people-dont-read-the-bible-regularly
Judul asli artikel : Top 10 Reasons Why People Don't Read The Bible Regularly
Penulis artikel : Gibson Largent
 

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!