Skip to main content

Mengajarkan Alkitab kepada Anak: Petunjuk Praktis untuk Orang Tua

Alkitab sangat penting dalam kehidupan banyak keluarga, tetapi membuatnya dapat diakses oleh anak-anak dapat menjadi tantangan. Lagi pula, Alkitab ditulis ribuan tahun yang lalu dan berisi bahasa yang sulit ditafsirkan oleh banyak orang dewasa, apalagi anak-anak. Namun, ada banyak cara agar orang tua dapat mengajarkan Alkitab dengan cara yang menarik bagi anak-anak dan membantu mereka memahami pelajaran penting yang dapat meningkatkan kehidupan mereka pada usia berapa pun. Di sini, kita akan menelusuri beberapa petunjuk praktis dan kegiatan Kristen yang dapat digunakan orang tua untuk menceritakan Alkitab dengan sukses kepada anak-anak mereka.

Memperagakan Cerita Alkitab

Orang tua dapat membantu menghidupkan kisah-kisah Alkitab dengan mendorong anak-anak untuk memerankannya. Banyak anak berpartisipasi dalam drama kelahiran Yesus Kristus setiap tahun sekitar waktu Natal, tetapi itu bukan satu-satunya kisah Alkitab yang cocok untuk drama. Pertimbangkan menampilkan adegan dari kisah seperti Yunus dan Paus atau terbelahnya Laut Merah. Memainkan sandiwara dan drama itu menyenangkan, tentu saja, tetapi memerankan bagian-bagian ini akan menciptakan kesan yang kuat di benak anak-anak, kesan yang mungkin bertahan seumur hidup.

Gunakan Alat Bantu

Mempelajari Alkitab bersama dan mendiskusikannya dengan relevansi modern dapat membantu Anda membawa Alkitab menjadi bagian terpenting dalam kehidupan anak Anda.

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Saat membaca bagian-bagian Alkitab, sangat membantu untuk memiliki alat peraga yang berguna. Misalnya, Alkitab mencantumkan banyak tempat yang kedengarannya aneh bagi anak-anak. Tempat-tempat ini sepertinya tidak memiliki konteks untuk anak-anak. Gunakan globe atau atlas untuk menunjukkan kepada anak-anak di mana tempat-tempat seperti Yerusalem dan Laut Mati masih ada. Orang tua dapat menggunakan alat lain seperti gambar untuk menunjukkan kepada anak-anak seperti apa benda-benda yang dibahas dalam Alkitab. Apa itu palungan? Apa itu kemenyan dan mur? Gambar dapat menggairahkan proses pembelajaran dan memberi anak-anak konteks lengkap yang mereka butuhkan untuk lebih memahami apa yang mereka pelajari.

Tautkan Bacaan Alkitab ke Film dan Dokumenter

Ada banyak film Alkitab animasi yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga. Setelah membaca bagian Alkitab, menonton film bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Seiring bertambahnya usia anak-anak, Anda mungkin ingin beralih ke film dokumenter atau film yang lebih dewasa yang membahas sejarah Alkitab atau menggambarkan cerita dari Alkitab. Misalnya, film tahun 1957 "The Ten Commandments" (Sepuluh Perintah Allah - Red.) dinominasikan sebagai Film Terbaik tahun itu dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Akademi untuk Efek Visual Terbaik. Film dapat membantu anak-anak lebih mudah memvisualisasikan ayat-ayat Alkitab dan perikop yang sedang mereka pelajari.

Kerajinan dan Studi Alkitab

Cara lain untuk melengkapi pembahasan dan pembelajaran Alkitab adalah dengan memperkenalkan kerajinan ke dalam sesi belajar Alkitab Anda dari waktu ke waktu. Anak-anak cenderung menyukai seni dan kerajinan. Meskipun penting untuk membahas ayat-ayat Alkitab dan bahkan menghafalnya, kerajinan tangan dapat menambahkan dimensi lain dalam proses pembelajaran. Mulai dari membuat ornamen berbentuk bintang dari adonan garam untuk pohon Natal hingga membuat kalung salib manik-manik, kerajinan tangan dapat disesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan anak-anak. Kerajinan adalah kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh keluarga.

Mempelajari Alkitab bersama dan mendiskusikannya dengan relevansi modern dapat membantu Anda membawa Alkitab menjadi bagian terpenting dalam kehidupan anak Anda. Pesan-pesan yang terkandung dalam Alkitab dapat membimbing anak-anak Anda, jadi menemukan cara untuk menciptakan hubungan yang kuat antara pesan-pesan ini dan anak-anak Anda sangatlah penting. Gunakan petunjuk-petunjuk praktis ini untuk membantu Anda mengajarkan Alkitab kepada anak-anak Anda dan menikmati waktu berkualitas bersama. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Church Leaders
Alamat situs : https://churchleaders.com/children/413295-the-bible-kids.html
Judul asli artikel : Teaching the Bible to Kids: Tips for Parents
Penulis artikel : Josh Weidmann