Skip to main content

Lini Masa Alkitab

500 SM: Kira-kira waktu selesainya penulisan semua naskah Ibrani Asli yang terdiri dari 39 Kitab Perjanjian Lama.

200 SM: Penyelesaian naskah Septuaginta Yunani yang berisi 39 Kitab Perjanjian Lama dan 14 Kitab Apokrifa.

100 M: Penyempurnaan semua naskah Yunani Asli yang terdiri dari 27 Kitab Perjanjian Baru.

390 M: Diproduksinya Manuskrip Vulgata berbahasa Latin oleh Jerome yang berisi semua 80 kitab (39 Perjanjian Lama + 14 Apokrifa + 27 Perjanjian Baru; meskipun Apokrifa adalah upaya potong dan tempel atas tekanan gereja, bukan karena pilihan Jerome (secara pribadi dia tidak percaya kitab-kitab apokrifa sebagai bagian dari kanon Alkitab).

397 M: Athanasius mengepalai dewan kanonisasi Alkitab dan menghasilkan susunan Alkitab seperti yang dimiliki kaum Protestan saat ini. Berisi 39 Kitab Perjanjian Lama dan 27 Kitab Perjanjian Baru tanpa kitab Apokrifa.

500 M: Kitab Suci telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 500 bahasa.

600 M: Kitab Suci hanya boleh diterjemahkan ke dalam bahasa Latin.

1384 M: Wycliffe adalah orang pertama yang menghasilkan salinan manuskrip tulisan tangan dari Alkitab secara lengkap; keseluruhan 80 kitab, meskipun terjemahannya berasal dari Vulgata Latin, bukan dari MSS (kumpulan manuskrip) Yunani atau Ibrani.

1455 M: Gutenberg menemukan mesin cetak; saat itu buku dapat diproduksi secara massal alih-alih ditulis dengan tangan satu-persatu. Buku pertama yang dicetak menggunakan mesin cetak adalah Alkitab, yakni Gutenberg's Bible dalam bahasa Latin.

1516 M: Erasmus menghasilkan Perjanjian Baru paralel bahasa Yunani/Latin.

1522 M: Martin Luther menerjemahkan Kitab Suci Perjanjian Baru ke dalam bahasa Jerman.

1525 M: Alkitab Perjanjian Baru William Tyndale diterjemahkan dari MSS Yunani; Ini adalah Alkitab Perjanjian Baru pertama yang dicetak dalam bahasa Inggris menggunakan mesin cetak. Tyndale tidak selesai menerjemahkan Perjanjian Lama.

1535 M: Alkitab Myles Coverdale; Alkitab lengkap pertama yang dicetak dalam Bahasa Inggris (80 kitab: Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru termasuk kitab-kitab Apokrifa yang nonkanonik).

1537 M: Matthews Bible; Alkitab lengkap kedua yang dicetak dalam bahasa Inggris. Dibuat oleh John "Thomas Matthew" Rogers (80 kitab).

1539 M: The Great Bible dicetak; Alkitab bahasa Inggris pertama yang disahkan untuk penggunaan umum (80 buku).

1560 M: Geneva Bible Printed; Alkitab Bahasa Inggris pertama yang menambahkan nomor ayat ke setiap pasal (80 kitab).

1568 M: The Bishops Bible Printed; revisi dari Alkitab King James (80 kitab, serta 20% salin and tempel dari Geneva Bible).

1609 AD: Alkitab Perjanjian Lama Douay ditambahkan ke Alkitab Perjanjian Baru Rheimes tahun 1582 (terjemahan Katolik) menjadikannya Alkitab Katolik Inggris lengkap yang pertama; Alkitab ini diterjemahkan dari Vulgata Latin (80 kitab).

1609 M: Cetakan pertama dari King James Bible; awalnya berisi 80 kitab.

1611 M: Alkitab King James direvisi dan dicetak; 80 kitab. Kitab-kitab Apokrifa secara resmi dihapus pada tahun 1885, hanya menyisakan 66 kitab.

1782 M: Alkitab Robert Aitken; Alkitab bahasa Inggris pertama (Versi King James tanpa Apokrifa) yang dicetak di Amerika.

1791 M: Isaac Collins dan Isaiah Thomas masing-masing menghasilkan Family Bible pertama dan First Illustrated Bible yang dicetak di Amerika. Keduanya memakai teks dari King James Versions, dengan seluruh ke-80 kitabnya.

1808 M: Alkitab Jane Aitken (Putri Robert Aitken); Alkitab Pertama yang dicetak oleh seorang wanita.

1833 M: Alkitab Noah Webster; setelah memproduksi kamusnya yang terkenal, Webster mencetak hasil revisinya dari Alkitab King James.

1841 M: Perjanjian Baru Hexapla bahasa Inggris; sebuah perbandingan tekstual awal yang terkenal dengan menampilkan terjemahan Yunani dan 6 terjemahan bahasa Inggris dalam format kolom paralel. (Ini adalah Alkitab referensi yang sangat baik).

1846 M: The Illuminated Bible; Alkitab bergambar paling mewah yang dicetak di Amerika. Terjemahan versi King James dengan seluruh 80 kitabnya.

1885 M: Alkitab "Revised Version" Bible; revisi besar pertama dari King James Bible di Inggris.

1901 M: "American Standard Version"; revisi besar pertama dari King James Bible di Amerika.

1971 M: "New American Standard Bible" (NASB) diterbitkan sebagai terjemahan Alkitab yang modern dan akurat secara kata per kata dari teks Yunani dan Ibrani.

1973 M: "New International Version" (NIV) diterbitkan sebagai terjemahan Alkitab parafrasa yang modern dan akurat. (Namun, akurasinya sangat diperdebatkan di banyak tempat dan sering dianggap tidak cukup baik sebagai terjemahan yang dapat diandalkan. Alkitab ini dikategorikan sebagai Alkitab padanan yang dinamis, bukan terjemahan.)

1982 M: "New King James Version" (NKJV) diterbitkan sebagai Alkitab versi Inggris modern yang mempertahankan gaya asli Alkitab King James.

2001 M: Alkitab English Standard Version diterbitkan. Terjemahan dari bahasa Yunani dan Ibrani yang akurat dalam bahasa Inggris modern dengan tetap mempertahankan nuansa Yunani dan Ibrani. (t/Yudo)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : A Puritan's Mind
Alamat situs : https://apuritansmind.com/the-christian-walk/where-did-the-bible-come-from-a-timeline
Judul asli artikel : Where Did the Bible Come From? - A Timeline of the Bible
Penulis artikel : Dr. C. Matthew McMahon

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!