Skip to main content

The Bible Project, atau disingkat dengan TBP, adalah studio animasi yang memproduksi banyak animasi, tetapi bukan sembarang animasi. Animasi yang mereka buat sangat menolong kita untuk mempelajari Alkitab karena merupakan ringkasan dari pengantar kitab-kitab dalam Alkitab yang dikemas sedemikian rupa menjadi video-video animasi yang sangat singkat. Kita bisa belajar pengantar Matius, misalnya, hanya dalam waktu 5 sampai 8 menit untuk mengetahui garis besar seluruh buku. TBP juga membagikan bahan-bahannya secara gratis, sehingga kita bisa mengakses bahan-bahan mereka dengan mudah. Selain pengantar kitab-kitab, TBP juga membuat sumber-sumber bahan Alkitab lain, seperti tema-tema. Kemudian, mereka juga membuat seri untuk mendalami setiap buku dalam Alkitab. Inti dari video-video yang mereka buat adalah menjelaskan kisah-kisah Alkitab yang merupakan satu kisah terpadu. Satu kisah besar dengan satu benang merah, yaitu tokoh utama kita, Yesus. Jadi, ini adalah satu kerinduan yang luar biasa untuk melihat Alkitab bukan hanya sebagai buku, tetapi untuk melihat Kristus yang ada dalam setiap buku di Alkitab. Jadi, video-video TBP bersifat sangat Christo centris.

TBP memilili visi yang mereka nyatakan sebagai berikut: "Kami percaya bahwa Alkitab adalah satu kisah terpadu yang mengarahkan kepada Yesus." Jadi, walaupun di dalam Alkitab terdapat 66 kitab, tetapi masing-masing kitab itu tidak berdiri sendiri-sendiri. Ada satu benang merah yang menghubungkan seluruh 66 kitab itu, yaitu Yesus. Dan, mereka percaya bahwa pesan-pesan Yesus yang terdapat di dalam kisah-kisah Alkitab itu akan mentransformasi individu dan seluruh komunitas. Misi TBP sangatlah "biblical" (alkitabiah) dan juga sangat dekat dengan hati Kristus. Tujuan mereka adalah agar setiap orang yang melihat video-video TBP akan sampai pada pengenalan kepada Kristus. Dan, Alkitab yang mereka lihat, entah dari buku/kitab apa pun, pasti memiliki pesan Kristus di dalamnya. Karena itulah, maka buku-buku itu bisa mentransformasi individu dan seluruh komunitas.  Kita percata Alkitab itu memang akan mengubah, sehingga misi mereka adalah menstransformasi individu lewat pesan-pesan Kristus di dalam Alkitab.

Yang membedakan TBP dari pelayanan lainnya adalah pelayanan TBP dilakukan itu secara visual dalam bentuk grafis. Pendiri TBP, Tim Mackie, adalah seorang pendeta dari sebuah gereja di Amerika, yaitu gereja pintu pengharapan (Door of Hope). Dia juga merupakan dosen dari sebuah seminari di kota Portland di Amerika. Jadi, basecamp mereka ada di Portland. Dia tidak sendiri menjalankan pelayanan ini, ada satu orang lain bernama Jonathan Collins. Dia adalah pendiri Epipheo, perusahaan yang bergerak dalam wilayah studi grafis. Dua orang ini sangat luar biasa. Berteman sejak mahasiswa, mereka bertemu ketika bersama-sama studi dalam universitas yang sama pada tahun 2014. Dua orang ini punya hal yang berbeda yang Tuhan berikan untuk mereka berkolaborasi. Tim memiliki pengetian yang sangat mendalam tentang Alkitab. Dia menguasai bahasa Ibrani dan Yunani. Sedangkan, Jonathan memiliki keterampilan bercerita secara visual (story telling) lewat grafis (gambar-gambar). Dari dua orang ini maka terjadilah sinergi luar biasa yang Tuhan pertemukan sehingga mereka mulai membuat video-video.

Tim dan Jonathan melihat Alkitab sering mengintimidasi orang karena ketebalannya karena banyaknya teks yang ada di dalamnya. Banyak orang menjadi segan atau malas membaca Alkitab karena itu buku yang tebal, memiliki banyak kitab, dan tampak kuno. Sementara mereka tahu -- karena mereka sendiri sudah diubahkan oleh Alkitab -- bahwa Alkitab itu sangat berkuasa. Meskipun itu adalah sebuah buku kuno, tetapi itu masih relevan sampai hari ini dan akan relevan sampai selama-lamanya. Karena itu, mereka berdua memikirkan cara (brainstorming) bagaimana menyajikan Alkitab dengan cara yang sangat mudah sehingga orang-orang tidak takut membaca Alkitab dan menikmatinya. Akhirnya, mereka pun membuat dua video. Video yang pertama mereka pasang tahun 2014, dan ternyata lima tahun kemudian mereka bisa bekerja sama dengan banyak orang dan mendapatkan banyak sekali supporter (donatur). Mereka akhirnya bisa membuat 140 video hanya dalam waktu lima tahun. Selain itu, juga mereka membuat banyak sekali podcast, sampai lebih dari 200 podcast.

Bahan-bahan mereka ini dibagikan secara gratis. TBP benar-benar tidak mengambil keuntungan untuk video-video mereka. Tidak ada yang mereka jual. Demikian juga dengan podcastnya, semuanya dibagikan secara gratis. Namun, untuk masalah pendanaan, mereka memiliki donatur-donatur. Sehingga, pelayanan mereka benar-benar hidup dari iman dari donatur-donaturnya. Saat ini, TBP sudah memiliki lebih dari 10 juta viewer dari berbagai negara. Ada 200 negara yang sudah dapat mengakses video-video mereka. Dan, subscriber (pelanggan) mereka sudah berjumlah lebih dari satu juta. Mereka berkembang sangat luar biasa dalam waktu yang sangat cepat.

Berikut adalah pembagian kategori dan video TBP dalam bahasa Inggris. Ada 4 kategori video, yaitu:

1. VIdeo Kitab per kitab.
Dalam kategori ini, mereka menjelaskan gambaran besar setiap kitab dalam Alkitab di dalam struktur dan rancangan yang indah dari para penulisnya (penulis Alkitab). TBP memiliki lebih dari 65 video untuk kategori ini, baik dari Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.

2. Video dengan tema.
Video dengan tema ini bertujuan untuk melihat seluruh Alkitab dalam tema utama yang tersebar dari awal sampai akhir Alkitab. Jadi, ada tema-tema utama yang selalu muncul berulang dalam setiap kitab. Mereka melihat itu sebagai tema utama Alkitab, lalu membuat video untuk menjelaskan tema-tema itu. Saat ini, terdapat sekitar 22 tema Alkitab dalam 22 video TBP. Tema-tema dalam video ini di antaranya adalah holyness, sacrifice, justice, redemption, image of God, dsb.

3. Video berseri.
TBP juga membuat video-video berseri, di mana satu seri bisa terdiri dari lima, sembilan, empat, atau pun tiga seri. Seri-seri ini menunjukkan kitab-kitab dalam Alkitab yang dibuat agar pemirsa melihatnya dengan cara berseri (bersambung). Jadi, misalnya untuk kitab Lukas, terdapat  5 seri video yang dibuat TBP. Kita bisa melihat per chapter yang dibahas untuk kitab Lukas ini dalam lima seri video, dan dari ke-5 video tersebut kita dapat melihat "overview" yang sangat bagus sekali untuk seluruh kitab Lukas. Ada 45 video seri yang dibuat oleh TBP, di antaranya Wisdom series, Character of God series, dsb.

4. Video dengan studi kata.
Salah satu pendiri TBP, Tim, memiliki pengetahuan yang dalam tentang Alkitab. Dia menguasai bahasa Ibrani dan Yunani serta suka melakukan studi kata. Jadi, video TBP untuk studi kata ini menjelajahi kata kunci yang terdapat dalam Alkitab dalam bahasa Ibrani danYunani. Video-video untuk studi kata ini sangat bagus, dan kita akan sangat diperkaya dengan kata-kata penting (kunci utama) dalam Alkitab yang Tuhan pakai. Ada 16 video yang dibuat untuk studi kata, di antaranya shema, love, peace, dsb.

Selain video saja, seperti yang tadi sudah dikatakan sebelumnya, TBP juga membuat podcast. Produk yang terakhir ini sangat banyak diakses di Amerika pada masa pandemi ini. Lalu, TBP juga membuat satu produk yang baru bernama Church at home. Ini adalah bahan yang dibuat untuk melakukan studi Alkitab bersama keluarga di rumah atau dalam kelompok kecil. Ada 19 pelajaran yang sudah mereka buat, dan itu akan terus bertambah. Semua produk TBP ditampilkan dalam berbagai platform dan channel, yaitu situs, apps, YouTube, fimeo, dll.

Ada puluhan negara yang ingin sekali menikmati video-video TBP dalam bahasa mereka, termasuk Indonesia. Puji Tuhan, saat ini TBP tengah menerjemahkan video-video mereka ke dalam bahasa Indonesia, sehingga bahan-bahan mereka bisa dinikmati dalam bahasa lokal kita, khususnya bagi mereka yang tidak menguasai bahasa Inggris. Jadi, kita sudah dapat mengakses video-video TBP dalam bahasa Indonesia, walaupun belum untuk semua video. Ada 29 video dari Kitab Perjanjian Lama yang sudah selesai dalam bahasa Indonesia, yaitu semacam read scripture (baca Alkitab) pengantar kitab-kitab. Kemudian, ada 31 video dari Perjanjian Baru dan 10 video yang bertema. Kemudian, untuk video seri ada 12 video. Sementara untuk video studi kata, belum ada yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Saat ini, total video TBP dalam bahasa Indonesia sudah ada 28 video. Kita doakan mereka akan terus menerjemahkan video-video ini ke dalam bahasa Indonesia, sebab mereka juga dapat melihat antusiasme dari viewer TBP di Indonesia.

Saat ini, kita dapat mengakses bahan-bahan bahasa Indonesia dari TBP melalui dvd.sabda.org. Selain itu, kita juga dapat mengakses semua bahan-bahan TBP dalam berbagai situs yang disediakan oleh SABDA. Bahan-bahan TBP ini juga terdapat di Alkitab SABDA yang sudah terintegrasi dengan Alkitab SABDA situs, Alkitab mobi, aplikasi android, komik apps bagian komik zone, SABDA.net, juga di situs sabda.org.

Selain bahan-bahan berupa video, TBP juga mengeluarkan poster, yang dapat kita sebut sebagai poster infografik TBP. Infografis ini merupakan pengantar yang perlu kita ketahui sebelum membaca satu kitab dan akan sangat menolong kita dalam memahami garis besar kitab. Infografik ini ada untuk seluruh kitab PB, sementara untuk kitab PL baru sampai Hosea. Kita terus berdoa supaya mereka bisa melengkapi infografik ini ke depan.

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!