Skip to main content

Anak membutuhkan cara asyik dalam membaca Alkitab. Dalam teori belajar, gaya belajar terbagi menjadi 3, yaitu: gaya visual, gaya auditori, dan gaya kinestetik. Kadang, anak belajar tidak difasilitasi dengan gaya belajar yang kita sampaikan. Biasanya, anak-anak hanya disuruh baca Alkitab. Jika anak memiliki gaya belajar visual, dia pasti senang kalau diminta membaca Alkitab. Namun, anak yang bergaya belajar auditori jika diajak membaca, itu menjadi suatu siksaan bagi mereka, seperti sebuah paksaan. Sebab, dia mengumpulkan informasi lewat telinga, tetapi mengapa harus membaca begitu. Apalagi anak-anak yang kinestetik, dia mempelajari suatu pembelajaran dengan melakukan, dia menyerap informasi dengan mengalaminya sendiri. Kalau anak yang kinestetik disuruh duduk diam membaca Alkitab setiap hari, anak kinestetik pasti akan gelisah. Bagaimana mengajak anak belajar sesuai gaya belajarnya?

1. Visual

Anak bergaya belajar visual senang diajak membaca Alkitab. Ajak mereka untuk melihat huruf di Alkitab. Dengan langsung melihat hurufnya atau dengan mencoret-coret bagian yang penting, menunjukkan bahwa dia memiliki interaksi dengan bacaan itu. Ketika anak-anak melihat huruf, dia membangun ingatan ketika membaca. Bagi anak-anak yang memiliki cara belajar secara visual, maka cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan gambar. Gambar dan peta yang mendukung bacaan Alkitab. Bagaimana cara kita mendapatkan gambar dan peta yang mendukung? Gambar-gambar tersebut bisa kita dapatkan di sweetpublishing. Kita bisa gunakan di mana saja secara gratis, alamatnya sudah saya tulis di bagian presentasi saya. Kita tinggal mencari bagian yang kita inginkan. Sweetpublishing sudah membagi gambar sesuai kitab, Kejadian, Keluaran, Imamat, Ulangan, dan kita tahu nama-nama kitab dalam bahasa Inggris. Kemudian, pembagian juga ada dalam Perjanjian Baru Matius, Markus, Lukas dsb.. Ada cukup banyak, kita bisa memakai ini gratis. Selain itu, kita bisa memanfaatkan futsal.com. Kita ketik saja, misalnya kata "Petrus", maka akan bisa menemukan banyak gambar mengenai Petrus. Jika ingin memakai untuk komersial, harus berbayar. Namun, untuk pengajar, kita lebih baik menggunakan ini saja meski ada watermark futsal.com. Meski ada watermark, gambar cukup bagus, menarik, dan lengkap. Ada juga Pinterest, yang adalah mesin pencari khusus untuk gambar. Gambar apa saja yang kita inginkan ada di sini. Selain itu, peta.

SABDA memiliki situs yang menyajikan gambar-gambar tentang peta, yaitu alkitab.sabda.org/map. Situs ini menyediakan pustaka peta yang cukup lengkap. Kita bisa mencarinya dengan membaginya menjadi beberapa kelompok besar, misalnya dunia bapa leluhur. Sekitar Abraham dan ke bawahnya, kemudian Keluaran dan tanah kedua belas suku dan pembagian tanah di Kanaan. Masa kerajaan Daud dan Salomo dan masa nabi-nabi, masa kejatuhan orang Israel, masa pengasingan, dan Yerusalem pada zaman Yesus dsb.. Kemudian, di bagian bawah juga terdapat banyak peta yang bisa kita pakai, termasuk peta perjalanan Paulus 1, 2, 3, dan peta perjalanan Paulus ke Roma. Dengan peta, kita bisa mengajak anak dengan bertanya di mana letak Yerusalem, Israel, dan itu akan membuat mereka menjadi "excited". Anak-anak yang visual akan senang sekali mencari yang visual. Misalnya, anak-anak disuruh mencari peta Mesir ke tanah Kanaan, kita bisa menggunakan nomor 1, 2, dan 3. Anak-anak diminta untuk mengisi angka satu mana, angka 2 mana, dan seterusnya. Jadi, perjalanannya seperti ini, jika anak-anak disuruh membayangkan sepertinya akan sulit sekali. Bagaimana bangsa Israel dari Mesir ke Kanaan harus berputar jauh ke bawah ke Selatan, dan ketika sudah akan sampai di tanah Kanaan, mereka diajak berputar lagi ke padang gurun 40 tahun lamanya, baru bisa masuk ke tanah perjanjian.

Anak-anak akan senang sekali untuk tahu di mana letaknya Padang Gurun Hitam, Padang Gurun Sur, Padang Gurun Sinai, Padang Gurun Aran, itu banyak sekali disebutkan dalam Alkitab. Kita bisa tahu posisi Hebron, Kanaan, dsb.. Selain sabda.org dan knowing bible.org, kemudian ada bible story dari peta-peta Alkitab. Selain dengan peta, anak-anak juga senang diajak dengan panggung boneka bagi yang kelas kecil. Cara membuat boneka dengan cepat tidak butuh waktu yang banyak. (Pemutaran video) Itulah cara membuat boneka. Jadi, dengan membuat boneka secara cepat, anak-anak langsung ingat pelajarannya. Anak-anak mendapat informasi dengan mata (visual), maka anak-anak akan lebih menyukai Alkitab.

2. Auditif

Bagaimana dengan anak yang bergaya belajar auditif atau telinga? Untuk anak-anak yang auditif, ajak anak-anak membaca dengan bersuara keras. Ketika dia bersuara, dia memberikan asupan informasi ke telinganya. Dengan begitu, dia bisa mendapatkan informasi dan dia bisa memahami apa yang dia baca. Jadi, dengan membaca, sebenarnya dia memberi makanan kepada telinganya. Selain membaca Alkitab, bisa juga dengan pantun atau membuat puisi.

Kitab yang bersyair, Mazmur, Amsal, Ayub dibaca berbalas-balasan bersama orang tua. Bisa juga berupa cerita drama. Kita bisa memanfaatkan Alkitab Suara di SABDA. Di dalamnya, ada pelayanan Alkitab Suara. Apabila tidak memiliki koneksi internet, bisa minta SABDA dalam bentuk CD. Anak-anak bisa menyimak sambil membaca Alkitab. Ada juga Alkitab Suara untuk anak di Youtube, tetapi sayang program ini sudah berhenti. Namun, masih ada beberapa bagian yang bisa dipakai untuk anak-anak. Lalu, ada beberapa cerita yang sudah dibuat nyanyian oleh Kak Yeni di Youtube. Ini audio untuk SABDA, bahkan bahasa-bahasa suku kita bisa download. Bagi anak auditif ini seperti surga bagi mereka, ada betapa banyak yang contoh Terjemahan Baru, ini juga sudah ada. Nanti, kakak bisa langsung ke ke sini. Lalu di sini ada form permohonan jika ingin meminta. Di sini juga ada Alkitab suara untuk anak-anak. Playlistnya da di sini, sayangnya cuma sampai ada di Nuh. Nah, kemudian channel Kak Yeni, ada cukup banyak lagu-lagunya yang bisa kita pake. Selain, itu kita bisa mengajak anak-anak untuk berpantun secara sederhana. Untuk anak-anak auditif, kita bisa mengajak anak untuk membuat karya. Tentu anak-anak akan senang sekali karena mereka ikut aktif di video.

3. Kinestetik

Untuk anak-anak yang kinestetik, apa yang perlu kita siapkan? Anak-anak bergaya belajar kinestetik akan suka jika diajak bergerak. Kita bisa membuat gim. Gim mencari benda dalam Alkitab. Kita yang sering melakukannya dalam pelayanan akan berhasil. Kita akan mencari benda dalam Alkitab, lalu kita berikan ayatnya, dan anak-anak yang akan mencari benda itu. Misalnya "batu" ada di kitab mana, ayat berapa, lalu anak-anak pergi mencari bendanya. Kemudian kata "bunga", anak-anak mencari dan menunjukkannya kepada kita. Untuk mencari benda-benda, kita tinggal mencari di aplikasi SABDA Alkitab. Lalu, kita ketikan kata bendanya bisa berupa baju, makanan, atau roti, dsb.. Teknologi mempermudah untuk memperlengkapi pelayanan kita.

Bisa juga dengan cerdas tangkas Alkitab, dengan menebak kata-kata yang tepat. Anak kinestetik suka diberi tantangan. Kita bisa mendapatkan bahan secara online, lalu menggunakannya untuk membuat materi kuis, untuk mengetahui bagaimana belajar memanfaatkan materi di internet. Yang pertama, manfaatkanlah education.com. Materi ini untuk menarik hubungan yang sama, misalnya kucing, lalu anjing; buah, misalnya pepaya dengan nanas. Jadi, kita bikin satu kategori yang sama, misalnya lauk pauk, tempe dengan tahu. Materi ini bisa di-download sehingga anak-anak dapat kita minta untuk menghubungkan kata-kata yang sama. Anak-anak akan menghubungkan kucing dengan anjing di sini. Kita bisa pakai kategori dalam Alkitab, misalnya sungai, Sungai Yordan dan Sungai Kerit. Gunung Sion dengan Muria, kota Yerusalem dengan kota Betlehem. Nanti, anak-anak tinggal menghubungkan.

Jika anak-anak sudah mengerjakan ini, kita dapat men-download answer key atau jawabannya dan dapat membagikannya dalam bentuk PDF. Kemudian, Word Search berfungsi untuk mencari kata dalam susunan di kanan. Misalnya, Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Korintus, Filemon, kemudian create. Sudah muncul huruf, kata-kata yang harus dicari di sini. Dengan demikian, kata-kata akan dikirim di sini. Kita tidak perlu susah-susah untuk menyusun dengan photoshop dsb.. Teka-teki, caranya dengan mengetikkan jawabannya, dulu kemudian koma, kemudian jawaban dulu. Ini saya sudah mengetikkan seperti ini Betlehem, kota Roti. Betlehem itu jawabannya, lalu pertanyaannya ini. Gabriel, nama malaikat dsb.. Agustus, nama Kaisar dsb.. Jadi, kita bisa membuat TTS dalam sekejab, hanya dalam hitungan detik kita bisa. Ke bawah kota Roti (Betlehem), kemudian mendatar jawabannya. Lalu, kita bisa gunakan maza (labirn) kita masukkan angka-angkanya, lalu kita generate. Jika terlalu rumit, kita bisa membuat 10 saja. Lalu, kita generate new, untuk jawaban klik sheet answer.

Di atas ada Tuhan Yesus dan di bawah ada 2 orang buta, coba kamu carikan jalan supaya orang buta ini ketemu Tuhan Yesus. Coba kamu cari jalan membimbing orang buta kepada Tuhan Yesus! Yang terakhir, jika kakak-kakak tidak ada materi untuk online. Jadi, ada 2 roda yang lebih kecil dan lebih besar. Dalam bahasa Jawa, menggunakan kata "benik ceplas" -- kancing baju yang dijadikan satu. Ini bisa diputar. Ini bisa ayat Alkitab kita ubah. S=N, kalau kata-katanya ada C, kita bisa ganti dengan O. Kalau ada kata-katanya B, kita ganti dengan A. Kalau kata-katanya W, kita ganti dengan huruf G. Kalau ada huruf G, kita akan ganti dengan huruf W. Jadi seperti itu.

Sandinya kita bisa ganti lagi H=W, J=E, dsb.. Anak-anak diberi ini, kita kirim lewat WA dan bisa kirim di WA secepatnya. Kita bisa menggunakan cara ini selama yang kita mau. Nah, saya kira, saya sudah menyampaikan semua. Ketika kita ingin mengajak anak-anak belajar, Kita kenali dulu cara belajar apakah secara visual, auditif, kinestetik. Kadang kita harus melakukannya dengan bervarian. Jika si anak belajar dengan visula, buakan berarti saya tidak mendengar, bukan berati saya tidak bergerak. Dan belajar dengan cara melihat. Jika anak-anak di fasilitasi dengan gaya belajar,. Dia akan mencintai yang dia pelajari dan lakukan dengan variasi. Nah, saya kira itu dari saya.

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!