Skip to main content

Topik Alkitab untuk Remaja: 10 Tema untuk Dipelajari Bersama Remaja

Mencari topik Alkitab yang substansial untuk dipelajari remaja? Maka 10 saran ini akan menjadi titik awal yang bagus. Saat memimpin studi Alkitab untuk remaja, Anda perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri. Persiapan memungkinkan Anda untuk mengajar lebih efektif dan menjawab pertanyaan siswa.

Pengantar topik Alkitab untuk remaja ini mengeksplorasi apa yang dapat Anda ajarkan kepada remaja di gereja Anda atau anak-anak Anda sendiri.

10 Topik Alkitab untuk Diketahui Remaja

1. Menghadapi Pencobaan

Setiap orang berurusan dengan pencobaan (1 Korintus 10:12-13). Bahkan, Yesus pun tidak kebal terhadap pencobaan iblis (Matius 4:3-11). Ketika mengajar tentang pencobaan, ingatkan anak-anak muda bahwa kita semua bergumul dengan pencobaan. Namun, jangan biarkan remaja berpikir bahwa hanya karena kita semua bergumul dengan itu maka menuruti pencobaan itu benar. Pencobaan bukanlah dosa, tetapi jika kita menyerah pada pencobaan, maka kita jatuh ke dalam dosa.

Alkitab mengajarkan proses pencobaan dan dosa dalam Yakobus 1:13-15. Dikatakan pencobaan tidak datang dari Allah. Pencobaan datang ketika nafsu kita sendiri menarik kita menjauh. Ini berarti setiap orang akan dicobai dengan cara yang berbeda pada waktu yang berbeda. Apa yang bukan pergumulan bagi saya dapat menyebabkan orang lain berbuat dosa. Oleh karena itu, kita harus peka terhadap orang lain dan tidak ikut serta dalam kegiatan yang dapat menyebabkan orang lain berbuat dosa. Ayat tersebut menambahkan bahwa ketika nafsu dibiarkan matang, itu mengakibatkan dosa dan akhirnya kematian.

Kita tidak harus menjadi budak pencobaan iblis. Dengan memfokuskan hidup dan pikiran kita pada firman Allah, kita diperlengkapi dengan lebih baik untuk berperang melawan pencobaan.

2. Belajar tentang Doa

Doa adalah seperti tali penyelamat bagi orang Kristen. Ini adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah. Allah memberi kita firman-Nya sehingga kita dapat melihat apa yang Dia ingin komunikasikan dengan kita. Melalui doa, kita dapat memiliki hubungan dengan-Nya.

Kata doa berarti meminta, memohon, bahkan meminta dengan sangat. Dan, Allah mengundang kita untuk melakukannya. Betapa menguatkan! Jangan merasa malu untuk datang kepada Allah dan meminta apa yang Anda butuhkan (Matius 7:7-8). Dia ingin memenuhi kebutuhan kita, tetapi Dia ingin kita percaya kepada-Nya. Jika kita menghabiskan waktu meminta teman, keluarga dan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan kita dan tidak pernah meminta kepada Allah, maka kita tidak melakukan doa dengan benar. Allah memiliki banyak dan akan memelihara anak-anak-Nya, tetapi tidak jika mereka tidak pernah berharap kepada-Nya untuk persediaan itu (Matius 6:25-34).

Pelajaran Alkitab yang bagus tentang doa untuk anak-anak muda dapat melibatkan penyelidikan mengenai berbagai doa di dalam Alkitab. Yesus sering berbicara tentang doa dalam empat kisah Injil. Jadi, telusurilah secara sistematis pengajaran-Nya tentang doa.

3. Cara Membaca dan Mempelajari Alkitab

Anak-anak muda perlu mengetahui nilai dari membaca Alkitab. Sering kali kita mendengar hal-hal seperti, "Kamu tidak boleh membaca Alkitab seperti buku lainnya." Namun, saya pikir kita sering kehilangan sebagian dari kekuatan Alkitab karena kita tidak membacanya seperti sebuah buku. Allah memberi kita wahyu-Nya dari awal waktu hingga awal keabadian. Dia menunjukkan rencana-Nya secara sistematis melalui sejarah. Namun, kita sering mengajar dan membaca Alkitab tanpa memperhatikan kapan peristiwa itu terjadi secara kronologis.

Bacalah Alkitab dari awal sampai akhir. Cari tahu bagaimana Allah mengungkapkan rencana-Nya sedikit demi sedikit. Jangan mengajar dan membaca Alkitab tanpa memperhatikan konteksnya.

Kemudian, tentu saja, kita perlu mempelajari Alkitab melalui cerita dan studi individu. Ada banyak cara hebat untuk mempelajari Alkitab. Mengajarkan berbagai metode studi Alkitab membantu anak-anak muda mendekati Alkitab untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.

4. Menjadi Murid Kristus

Apa artinya mengikuti Kristus? Itulah pertanyaan yang dijawab oleh Perjanjian Baru. Pelajarilah kehidupan Kristus dan para pengikut-Nya, tetapi jangan berhenti di situ dalam mempelajari bagaimana hidup untuk Tuhan. Tempat yang bagus untuk memulai adalah Roma 12. Anda mungkin ingin meninjau ringkasan yang diunggah di sini: Roma 12: Pelajaran Alkitab dan Ringkasan. Pasal ini, ditambah pasal-pasal Roma lainnya, membimbing murid-murid Yesus dalam kehidupan Kristiani yang praktis.

5. 10 Perintah

Pelajari 10 perintah dalam konteks serta apa artinya secara historis. Studi yang menarik bagi anak-anak muda adalah untuk mengetahui negara mana yang menggunakan 10 perintah atau hukum Musa sebagai bagian dari pendirian dan konstitusi mereka.

Hukum Allah, dan khususnya 10 perintah, adalah alat yang efektif untuk memenangkan jiwa. Kristus tidak meniadakan Hukum Taurat, tetapi Dia menggenapi Hukum Taurat (Matius 5:17). Hukum Taurat ada untuk menunjukkan kepada orang berdosa bahwa mereka membutuhkan seorang Juru Selamat (Galatia 3:23-24).

6. Karunia Rohani

Anak-anak muda harus belajar dan mengetahui tentang karunia rohani mereka. Dua perikop utama dalam Alkitab membahas tentang karunia rohani: 1 Korintus 12 dan Roma 8. Saat mempelajari atau mengajarkan tentang karunia rohani, miliki pemahaman yang baik tentang kedua perikop ini.

Orang dapat melakukan inventarisasi karunia rohani untuk membantu mengetahui karunia rohani mereka. Bahkan, tanpa ujian, seorang anak muda yang mengikuti Allah dan mematuhi orang tua dan otoritas lainnya mungkin sudah menggunakan karunia rohani tersebut. Doronglah perilaku itu pada remaja yang Anda ajar.

7. Mengendalikan Lidah

Alkitab sering berbicara tentang lidah sebagai kekuatan yang merusak (Yeremia 9:8). Mengendalikan lidah adalah hal yang sulit (Yakobus 3:6-8). Lidah dapat mencurahkan berkat dan kutuk (Yakobus 3:9-10). Adalah tidak wajar bagi sebuah sumur untuk mengeluarkan air yang manis dan asin, tetapi kita melakukannya dengan lidah kita.

Belajar mengendalikan lidah adalah tanda kedewasaan rohani. Dengan lidah, kita juga dapat menyembuhkan orang lain (Amsal 12:18; Amsal 15:4).

8. Mempertimbangkan Pernikahan?

Allah memberikan petunjuk yang jelas tentang pernikahan. Allah juga memberi tahu kita apa yang Dia harapkan dari kita sebagai pemimpin yang saleh di rumah kita. Pelajari bagian-bagian dalam Alkitab tentang bagaimana Allah ingin pria dan wanita hidup. Luangkan juga waktu untuk mempelajari hubungan yang seharusnya dimiliki pria dan wanita terhadap satu sama lain.

Sewaktu mempelajari hubungan dan pernikahan, ajarilah anak-anak muda bagaimana mereka hendaknya melakukan pendekatan terhadap pernikahan agar mereka dapat mempersiapkan diri bagi calon pasangan mereka.

9. Pengampunan

Alkitab sering berbicara tentang kita mengampuni orang lain karena pengampunan yang Kristus berikan kepada kita (Matius 6:12-15; Lukas 6:37). Yesus secara khusus memerintahkan kita untuk mengampuni orang lain sebelum kita meminta pengampunan dari-Nya (Markus 11:25).

Pengampunan seharusnya tidak munafik. Kita harus jujur ketika kita mengampuni orang lain (Markus 7:6). Ini juga tidak memungkiri bahwa ada masalah. Memaafkan belum tentu berarti melupakan. Alkitab berkata bahwa Allah "tidak mengingat" dosa-dosa kita, tetapi ini berarti Dia tidak menggunakannya untuk menentang kita (Yesaya 43:25; Ibrani 8:12). Kita mungkin tidak dapat melupakan tindakan orang lain pada masa lalu, tetapi kita tidak harus membiarkan dosa mereka itu memberikan pengaruh negatif dalam interaksi kita pada masa depan.

Pengampunan adalah salah satu topik Alkitab yang penting bagi remaja untuk dipelajari dan dipahami. Ini adalah masa-masa sulit dalam hidup mereka, ketika mereka akan menghadapi pencobaan. Namun, memaafkan tidak menjadi lebih mudah seiring bertambahnya usia. Remaja harus belajar mengampuni agar mereka dapat menjalani kehidupan Kristen yang berkemenangan.

10. Doktrin-doktrin Dasar Alkitab

Setiap orang muda Kristen harus mengetahui beberapa kepercayaan dasar Kristen. Jadi, luangkan waktu untuk meninjau kembali doktrin-doktrin dasar Alkitab di kelas sekolah minggu remaja dan kebaktian.

Sebagai permulaan, pertimbangkan untuk menelaah topik-topik dasar Alkitab yang bersifat doktrin ini:

  • Siapa Allah, Yesus, dan Roh Kudus.
  • Apa itu Alkitab dan mengapa Allah menulisnya untuk kita.
  • Mengapa Allah menciptakan manusia dan bagaimana Allah berencana untuk menyelamatkan umat manusia.
  • Apa gereja itu dan bagaimana hal itu sesuai dengan tujuan Allah.

Topik Alkitab apa lagi yang penting untuk dipelajari remaja?

(t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Church Leaders
Alamat situs : https://churchleaders.com/youth/443151-bible-topics-for-youth.html
Judul asli artikel : Bible Topics for Youth: 10 Subjects to Study With Teens
Penulis artikel : David Peach