Skip to main content

Hanya sedikit orang yang senang membaca cetakan kecilnya. Saya menyesalkan bahwa referensi silang Alkitab diabaikan. Dikemas di tepi dalam font yang sangat kecil, bagi banyak pembaca modern mereka membosankan. Itu bukan alat yang paling mencolok, dibandingkan dengan aplikasi Alkitab yang menghargai pembacaan yang konsisten dengan coretan dan pencapaian, atau video yang menjelaskan bagian-bagian Alkitab.

Namun, referensi silang layak mendapatkan pujian lebih sebagai rekan dalam membantu kita menghargai Firman Allah. Berikut beberapa alasannya.

Anak Sungai Kebenaran

Referensi silang seperti anak sungai, yang menunjukkan kepada kita bagaimana ayat-ayat lain dalam Alkitab mengalir ke dan dari ayat yang kita baca. Mereka menarik kita dari atas kanopi ke langit terbuka, di mana kita dapat melihat ke bawah dengan takjub bagaimana tema, janji, dan peristiwa berkembang di dalam Alkitab. Mereka membantu kita untuk tidak melewatkan hutan hanya untuk pepohonan. Menyeberangi lanskap Alkitab, referensi ini mengingatkan kita bahwa rencana Allah tidak pernah ditinggalkan, atau janji-janji-Nya dikompromikan.

Saya takjub mengetahui bahwa air yang saya minum di California Selatan sebagian berasal dari pegunungan Wyoming dan Colorado, menempuh jarak ratusan mil melalui proses alami dan rekayasa manusia sebelum sampai ke keran saya. Demikian pula, ketika saya mencari referensi silang dan menemukan bagaimana Allah mengatur momen yang dicatat dalam Kitab Suci, atau memenuhi janji, saya terpesona oleh rencana pemeliharaan-Nya.

Sebagai contoh singkat, Yohanes 1:29 mencatat Yohanes Pembaptis menyatakan Yesus sebagai Anak Domba Allah. Sebutan ini bukan kebetulan -- itu adalah pengakuan akan harta sejarah dan teologi Perjanjian Lama.

Dengan melihat beberapa referensi silang untuk Yohanes 1:29 di Alkitab saya, saya diingatkan bahwa identifikasi Yesus sebagai "Anak Domba" terkait dengan kerelaan Abraham untuk mengorbankan Ishak (Kej. 22:8), penggambaran Yesaya tentang hamba yang menderita disembelih seperti anak domba (Yes. 53:7), dan paduan suara malaikat menyembah Kristus sebagai anak domba yang disembelih (Wahyu 5:12). Hubungan ini penting, dan referensi silang mengetuk ingatan teologis kita.

Eksplorasi Teks yang Tertambat

Referensi silang juga melatih kita untuk mempelajari Alkitab bagi diri kita sendiri, tanpa terlalu bergantung pada sumber eksternal. Seperti yang ditunjukkan Jen Wilkin, ketika sumber-sumber bahan renungan mengungkapkan penafsiran yang berat bagi kita, kemampuan kita untuk bergumul dengan makna teks berhenti berkembang (atau tidak pernah berkembang dengan benar).

Meskipun mempelajari Alkitab, komentar, video, dan khotbah sangat bermanfaat, mari belajar menyiapkan makanan rohani kita hanya dengan menggunakan bahan-bahan Alkitab. Dalam devosi atau persiapan pengajaran kita, mencari referensi silang membuat mata kita tetap tertuju pada teks, dan sering kali memberikan konteks dan kejelasan sebelum kita berkonsultasi dengan teolog-teolog favorit kita. Kita semua membutuhkan pertanggungjawaban dan kebijaksanaan dari orang-orang kudus yang hidup sebelum kita, tetapi tidak dengan mengorbankan menjelajahi Alkitab.

Belajar Berlama-lama

Penemuan membutuhkan disiplin. Sebagai orang yang mengandalkan pencari fakta digital yang efisien (Siri, Alexa, Google), kita kesulitan dengan ini. Kita mengharapkan hikmat disampaikan secara instan, dengan sedikit usaha, daripada hasil dari pengejaran yang sulit (Ams. 2:1-5; Mzm. 1:1-2).

Referensi silang membuat kita melambat, memicu refleksi dan pemikiran kritis, saat kita mengeksplorasi hubungan antar bagian. Itu adalah seperti tanda di peta yang menunjukkan di mana harta karun dapat digali -- tetapi penggalian itu diserahkan kepada kita. Sungguh tragis untuk memikirkan betapa banyak wawasan mendalam yang kita lewatkan karena kita terlalu terburu-buru untuk mengikuti jejak berkelok-kelok melintasi halaman-halaman Alkitab yang luas. Referensi silang dapat membantu kita bergumul untuk waktu yang lebih lama dalam Firman.

Tiga Tip Sederhana

Mencari referensi silang telah menyegarkan pembacaan Alkitab pribadi saya. Berikut adalah tiga kebiasaan sederhana yang telah saya kembangkan yang membuatnya menyenangkan dan bermanfaat.

1. Jumlah yang lebih sedikit bisa jauh lebih efektif daripada yang lebih banyak.

Mencari referensi silang mungkin tampak berlebihan -- apakah kita seharusnya menyediakan waktu berjam-jam untuk ini? Tidak, sebenarnya saya tidak pernah mencari setiap referensi di satu halaman Alkitab saya, saya juga tidak akan menyarankan ini kepada siapa pun yang baru memulai. Apa pun cara membaca Alkitab harian Anda, carilah satu atau dua referensi silang setiap hari. Mulailah dari yang sedikit.

2. Tambang Permata, Kejar Misteri

Bagaimana kita menyaring lusinan referensi silang yang dapat kita cari tanpa menyerah pada kelelahan pengambilan keputusan? Saya suka menambang permata -- dengan kata lain, ketika sesuatu dalam suatu bagian menonjol, menggerakkan saya, atau memicu minat, saya mencarinya. Mulailah dari sana. Jika ada sesuatu yang membingungkan atau memicu rasa ingin tahu, saya akan meluangkan waktu untuk memeriksa satu atau dua referensi silang.

Semua Kitab Suci adalah harta karun, tetapi Roh Kudus sering menerangi kata-kata atau ayat tertentu saat kita membaca. Jika ada sesuatu yang menonjol, carilah.

3. Tinggalkan Jejak

Seperti yang direkomendasikan Tony Reinke dalam "Lit!: A Christian Guide to Reading Books," saya suka menulis di Alkitab saya. Ketika saya mencari rujukan silang yang bermakna, saya sering menulis rujukan tepat di sebelah ayat tersebut. Dengan begitu, lain kali saya membaca ayat itu, catatan tulisan tangan saya melompat dari halaman untuk mengingatkan saya: "Jangan lupa apa yang Anda temukan! Ayat ini berhubungan dengan ayat itu."

Intinya, saya meninggalkan jejak catatan tulisan tangan di mana saya pernah berada, dan apa yang saya pelajari dari mengikat satu bagian Alkitab ke bagian lain. Ini melipatgandakan upaya saya, memungkinkan saya mengakses pembelajaran sebelumnya dengan mudah.

Seperti kata pepatah, terkadang hadiah terbaik datang dalam bungkusan kecil. Jangan abaikan tanda-tanda yang sangat kecil yang bertumpuk di sepanjang perbatasan halaman Alkitab Anda -- karena detektif sukarela itu adalah alat untuk menambah pengetahuan dan kegembiraan Anda. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : The Gospel Coalition
Alamat situs : https://thegospelcoalition.org/article/cross-references-unsung-heroes-bible-reading
Judul asli artikel : Cross References: Unsung Heroes of Bible Reading
Penulis artikel : Will Anderson

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!