Skip to main content

Literasi Alkitab -- Memperlengkapi Anak-Anak untuk Terampil Menelusuri Alkitab

Sebagai Pedang kita, firman Tuhan adalah alat yang harus kita ajarkan kepada anak-anak agar mereka dapat menggunakannya secara efektif dalam menjalani kehidupan yang Allah inginkan bagi para pengikut-Nya. Mengajarkan keterampilan literasi Alkitab harus menjadi bagian integral dari pelayanan kita terhadap anak-anak guna memperlengkapi mereka untuk hidup pada masa kini dan meletakkan dasar yang kukuh bagi masa depan mereka.

Ketika anak-anak berada di sekolah dasar, mereka bersemangat untuk mempraktikkan keterampilan baru yang mereka pelajari. Ini adalah waktu yang tepat untuk menanamkan cinta akan Firman pada anak-anak saat Anda mengintegrasikan keterampilan membuka Alkitab dalam pengajaran dan pelayanan Anda.

Saat Anda melangkah bersama anak-anak untuk membuka Alkitab, Anda akan membantu membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuka Alkitab mereka sendiri, sehingga mereka akan menjadi anak-anak Firman.

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Menemukan bagian-bagian dalam Alkitab adalah keterampilan penting yang harus dipelajari anak-anak kita. Untuk menemukan ayat dan perikop, anak-anak harus terbiasa dengan susunan Alkitab. Ketika kita melihat referensi seperti Yohanes 3:16, kita mengenali bahwa ini merujuk pada ayat 16 yang akan ditemukan dalam pasal tiga kitab Yohanes. Namun, banyak anak tidak mengerti bagaimana menafsirkan referensi Alkitab. Beberapa orang berpikir bahwa nomor tersebut merujuk pada nomor halaman di mana mereka akan menemukan ayat tersebut. Mereka bingung ketika mereka tidak menemukannya di sana.

Literasi Alkitab -- Melengkapi Anak-Anak untuk Terampil Menelusuri Alkitab

1. Ajarkan mereka tentang pembagian kitab, pasal, dan ayat.

  • Peragakan cara mencari sebuah ayat dalam Alkitab.
  • Bicaralah langkah demi langkah saat Anda mencari kitab, pasal, dan ayat tertentu.
  • Arahkan anak-anak ke daftar isi yang terdapat di bagian depan Alkitab mereka.
  • Bantu mereka memahami perincian pasal dan ayat dalam sebuah kitab.
  • Pastikan untuk menggunakan bahasa yang ramah anak ketika menjelaskan konsep-konsep ini (angka "besar" memberi tahu kita pasal dan angka "kecil" di bawahnya memberi tahu kita ayatnya).

2. Latihan, Latihan, Latihan!

Setelah mencontohkan prosesnya langkah demi langkah, beri waktu kepada anak untuk berlatih menemukan kitab-kitab tertentu dari Alkitab dan menemukan pasal dan ayat tertentu. Selama pembelajaran Alkitab, berikan waktu kepada anak-anak untuk menemukan bagian atau ayat yang Anda maksudkan. Membiarkan anak-anak terlibat dalam proses pencarian ini merupakan langkah penting untuk menjadikan mereka pengguna Alkitab yang terampil.

3. Jadikan Istimewa

Saat Anda mengajarkan keterampilan ini, terus tekankan pentingnya membaca Firman Tuhan. Bantulah anak-anak memahami betapa istimewanya Kitab Suci. Saat Anda melangkah bersama anak-anak untuk membuka Alkitab, Anda akan membantu membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuka Alkitab mereka sendiri, sehingga mereka akan menjadi anak-anak Firman. Seiring waktu, Anda akan senang melihat anak-anak menggali kebenaran untuk diri mereka sendiri. Dorong mereka dalam berusaha, dan Anda akan membantu menanamkan cinta dan rasa lapar akan firman Tuhan pada anak-anak sehingga mereka ingin mengonsumsinya sepanjang hidup mereka. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Church Leaders
Alamat situs : https://churchleaders.com/children/childrens-ministry-how-tos/158203-vanessa_small_equipping_children_to_navigate_the_bible.html
Judul asli artikel : Bible Literacy -- Equipping Children to Navigate the Bible
Penulis artikel : Greg Baird