Skip to main content

Lima Alasan Mengapa Alkitab Adalah Buku Yang Paling Penting Di Dunia

TEMUKAN KUASA FIRMAN ALLAH

Alkitab adalah satu-satunya buku terpenting yang pernah ditulis. Alkitab adalah catatan saksi mata tentang peristiwa-peristiwa sejarah yang begitu besar sehingga secara harfiah telah membentuk dunia tempat kita hidup. Tanpa buku ini, dunia Barat dan sebagian besar dunia Timur akan sangat berbeda saat ini dibandingkan jika peristiwa-peristiwa dalam buku ini tidak pernah terjadi.

Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini diklaim oleh sebagian besar orang yang pernah hidup di dunia ini sebagai peristiwa terpenting yang pernah tercatat dalam sejarah dunia. Buku ini merupakan dasar dari segala sesuatu yang akan diketahui atau dicapai oleh manusia. Buku ini secara langsung telah mendorong usaha-usaha besar dalam hal niat baik dan amal. Karena buku ini, proyek-proyek besar telah dilakukan, rumah sakit telah dibangun, banyak orang diberi makan dan pakaian dan panti asuhan didirikan.

Berikut adalah lima alasan utama mengapa Anda perlu membaca Alkitab. Artikel ini ditulis oleh Dan Buttafuoco, presiden dari Historical Bible Society.

ALASAN #1:

ALKITAB TELAH MENGUBAH DUNIA

Mustahil untuk mengaku sebagai orang yang terpelajar di dunia saat ini tanpa memiliki setidaknya sedikit pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa yang terkandung dalam kitab ini. Sebenarnya, semua peristiwa yang terkandung dalam buku ini harus diketahui oleh semua orang.

* Banyak orang di seluruh dunia yang membaca sebagian dari buku ini setiap hari. Buku ini merupakan salah satu buku yang paling banyak diterbitkan dan dicetak dalam sejarah dunia. Buku ini telah dicetak dalam hampir semua bahasa yang dikenal (termasuk braille) dan setiap tahun, sejak pertama kali ditulis, buku ini telah menjadi buku terlaris di dunia dari tahun ke tahun. Seiring berjalannya waktu, buku ini terus dicetak dalam lebih banyak bahasa. Para kolektor buku-buku langka sangat menghargainya dalam berbagai bentuk.

* Alkitab adalah buku pertama yang dicetak di mesin cetak. Orang yang pertama kali mencetaknya, Johannes Gutenberg, baru-baru ini terpilih sebagai orang paling penting yang pernah hidup dalam 1000 tahun terakhir!

* Banyak museum yang ada saat ini yang didedikasikan khusus untuk buku ini dan peristiwa-peristiwa yang terkandung di dalamnya.

* Alkitab tersedia di setiap sudut dunia, bahkan di tempat-tempat yang tidak memperbolehkan untuk memiliki atau membaca buku ini. Alkitab tersedia dalam format elektronik dan juga dalam bentuk CD. Anda dapat menemukannya di internet secara gratis. Aktor dan tokoh terkenal secara teratur mengutipnya. Buku ini dikutip oleh William Shakespeare berkali-kali dalam tulisannya.

* Organisasi dan asosiasi di seluruh dunia telah dibentuk karena buku ini dan pesannya, banyak di antaranya telah ada selama berabad-abad. Bersama-sama mereka mewakili beberapa ratus juta anggota.

ALASAN # 2

ORANG RELA MATI DEMI BUKU INI

Banyak orang yang telah mati dengan cara yang mengerikan hanya untuk mendapatkan akses ke buku ini. Anda mungkin, bahkan sekarang, berada di negara di mana buku ini tidak dianjurkan atau bahkan dilarang secara langsung. Di banyak negara, mendistribusikan atau bahkan memiliki buku ini adalah sebuah kejahatan.

* Buku ini telah dipuji, dikutuk, dibatasi, dilarang, dinodai, dibakar, dan diperebutkan. Orang-orang bersumpah atas nama dan terhadapnya.

* Beberapa orang telah mencoba untuk memusnahkannya. Semua yang telah mencoba telah gagal. Orang-orang telah mengalami siksaan yang luar biasa dan kehilangan kebebasan dan bahkan nyawa mereka karena mencetaknya. Hal ini telah terjadi baru-baru ini dan selama berabad-abad yang lalu. Hal ini, pada kenyataannya, merupakan kejadian yang biasa terjadi di dunia ini.

* Buku ini dibenci sekaligus dicintai. Setelah dibaca, mustahil untuk bersikap acuh tak acuh terhadapnya; karena klaim-klaimnya sangat monumental dan tidak bisa dibesar-besarkan. Buku ini memancing respons yang kuat baik ke arah positif maupun negatif; Anda akan menyukainya atau membencinya. Itu memang sudah dirancang demikian. Hal ini sangat kontroversial sehingga perang telah terjadi karena penafsirannya. Pemerintah telah digulingkan karenanya dan raja-raja telah digulingkan karenanya. Yang paling penting, kehidupan telah berubah secara dramatis untuk selamanya karena buku ini.

ALASAN #3:

ALKITAB ADALAH KITAB KUNO YANG PALING AKURAT

Alkitab adalah kitab kuno yang paling banyak disalin. Ditulis dalam kurun waktu sekitar 1.500 tahun, Alkitab selesai ditulis sekitar 2.000 tahun yang lalu. Akan tetapi, selama berabad-abad yang telah berlalu, tidak ada satupun dari isinya yang ditemukan tidak akurat.

* Telah diterjemahkan ke dalam bentuknya yang sekarang ini langsung dari bahasa aslinya dari sejumlah besar naskah kuno yang disaring oleh para pemikir terbaik dan cendekiawan yang paling kompeten pada zaman kita dan generasi sebelumnya. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam semua bahasa yang ada.

* Sangat akurat hingga ke detail terkecil. Isinya, seperti yang diterjemahkan, sedekat mungkin dengan kata-kata asli dari para penulisnya. Hanya beberapa kata dari keseluruhan buku (persentase yang sangat kecil dan tidak signifikan) yang diragukan keasliannya dan tidak ada satu pun teks yang diperdebatkan yang memengaruhi pesan dari buku ini. Selain itu, penemuan-penemuan baru dari naskah-naskah kuno yang sebelumnya tidak diketahui terus memberikan akurasi yang lebih besar terhadap isi kitab ini.

* Kitab ini telah disaring, dipelajari, dikomentari, dan dibedah lebih banyak daripada kitab manapun dalam sejarah. Berjilid-jilid buku telah ditulis tentangnya dan jika ditumpuk satu sama lain, maka akan mencapai langit.

* Di mana buku ini dapat diverifikasi oleh peristiwa-peristiwa eksternal seperti arkeologi, geografi, adat istiadat, politik, budaya, sejarah dunia yang dikenal dan tulisan-tulisan dalam teks-teks kuno lainnya, maka buku ini telah diverifikasi sedemikian rupa sehingga akurat dalam segala hal. Penemuan-penemuan baru selalu mendukungnya, tidak pernah sebaliknya. Tidak pernah sekalipun terbukti salah dalam satu detail atau fakta, meskipun banyak yang telah mencoba dan gagal.

ALASAN #4:

ALKITAB BERISI PESAN KEBEBASAN YANG MENGUBAH HIDUP

Alkitab telah membebaskan banyak orang dari penindasan dengan ajaran-ajarannya yang jelas. Alkitab mengangkat martabat dan hak-hak setiap manusia yang pernah dilahirkan. Alkitab benar-benar merupakan tulisan yang menakjubkan dan luar biasa. Di dalamnya terdapat ajaran yang jelas tentang nilai dan harga diri setiap individu. Ini akan membuat Anda tercengang dan terkejut dan mungkin membuat Anda meneteskan air mata.

* Buku ini telah membebaskan pikiran dan hati sepanjang sejarah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini telah menghasilkan lebih banyak karya seni yang hebat (dan beberapa yang tidak terlalu hebat, juga) dibandingkan dengan materi pelajaran lainnya dalam sejarah dunia. Semua museum di dunia, jika dijumlahkan, tidak akan mampu menampung semua karya seni yang terinspirasi oleh peristiwa-peristiwa dalam buku ini.

* Buku ini sendiri mewakili kebebasan sejati. Buku ini tidak pernah berada dalam pengawasan dan kendali satu kelompok orang, tidak seperti buku-buku penting lainnya. Buku ini adalah milik semua orang dan telah dimiliki oleh semua orang, setiap budaya dan setiap suku dan ras manusia. Membacanya akan menyentuh hati Anda secara langsung. Buku ini memiliki "cincin kebenaran" bagi semua orang yang mencintai hal yang sama.

* Buku ini berisi sebuah pesan pada intinya. Ini adalah pesan untuk semua orang di mana saja, di setiap periode waktu, yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Buku ini mengklaim sebagai firman Allah... sebuah klaim yang berani, pastinya. Terserah kepada Anda untuk memutuskan apakah Anda akan mempercayai pesan dari buku ini dan menerapkannya dalam kehidupan Anda sendiri.

* Jika sekarang Anda tidak tahu apa-apa tentang Allah, Anda akan tahu banyak tentang Allah setelah membaca buku ini. Jika Anda percaya bahwa Anda tahu banyak tentang Allah, Anda akan tahu lebih banyak lagi tentang Dia setelah membaca buku ini. Anda bahkan mungkin memutuskan untuk mengevaluasi kembali pengetahuan Anda tentang Allah setelah membacanya.

ALASAN #5:

BUKU INI MENGHUBUNGKAN ANDA DENGAN TOKOH YANG PALING PENTING DALAM SEJARAH

Anda mungkin pernah mendengar tentang "manusia Allah", Yesus dari Nazaret, yang juga disebut "Kristus" (yaitu "Yang Diurapi"). Anda bahkan mungkin berpikir bahwa Anda mengenal-Nya. Tetapi jika Anda belum membaca kisah yang disajikan secara langsung di dalam buku ini, pada dasarnya Anda tidak akan tahu apa-apa tentang Dia. Seluruh Perjanjian Lama menunjuk kepada kedatangan-Nya, dan seluruh Perjanjian Baru bersaksi tentang ajaran dan tindakan-Nya.

* Nama-Nya telah digunakan untuk memberkati orang-orang dan juga digunakan sebagai kata kutukan oleh mereka yang membenci-Nya. Banyak orang telah disembuhkan dan dibebaskan dalam nama-Nya. Satu hal yang pasti: ketika Anda bertemu dengan Yesus di halaman-halaman buku ini dan memahami siapa Dia, mustahil bagi Anda untuk tetap acuh tak acuh kepada-Nya.

Kitab ini berisi kebenaran yang murni tentang Allah, tentang kehidupan, sifat dasar manusia dan hati kita sebagai manusia.

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

* Kisah ini adalah penipuan terbesar yang pernah dilakukan terhadap umat manusia atau kisah ini menggambarkan Yesus seperti apa yang dia klaim: Tuhan dan Penguasa Tertinggi atas seluruh umat manusia dan Allah Pencipta Alam Semesta. Secara logika, ini adalah cerita puitis yang bagus yang dibuat dari fantasi dengan maksud untuk menipu Anda atau gambaran yang jelas dan akurat tentang Tuhan, yang adalah hakim kita (baik bagi saya maupun bagi Anda). Anda yang memutuskan. Jika Anda merasa sudah mengetahui tentang Allah, pertimbangkanlah sumber "pengetahuan" tersebut dan teliti apakah buku ini dapat menjadi sumber yang lebih baik untuk mendapatkan pengetahuan yang benar tentang Allah Pencipta yang menciptakan Anda dan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui.

* Orang bebas untuk menolak buku ini dan apa yang dikatakannya. Allah menjadikan kita "agen moral yang bebas" untuk memilih apa yang kita inginkan. Akan tetapi, orang yang melanggar ajaran dan hikmat dari kitab ini akan menanggung risiko sendiri.

* Karena tokoh utama dalam kitab ini adalah Yesus dari Nazaret, maka waktu dibagi menjadi dua zaman utama (SM "sebelum Masehi" dan Masehi "anno Domini" yang berarti "tahun Tuhan kita").

* Setiap tahun, lebih dari satu miliar orang merayakan kelahiran, kematian dan kebangkitan-Nya dari kematian.

* Yesus adalah satu-satunya pemimpin agama yang pernah membuat klaim bahwa ia telah bangkit dari kematian. Semua yang lain sudah mati dan dikuburkan. Abraham sudah mati. Musa sudah mati. Muhammad telah mati dan tetap mati, Buddha sudah mati, Gandhi sudah mati. Hanya Yesus yang mengaku masih hidup. Bahkan umat Islam menghormati Yesus sebagai orang suci dan nabi besar. Secara keseluruhan, sekitar separuh dari dunia saat ini menerima bahwa Yesus ini adalah seorang tokoh yang hebat dan luar biasa.

KESIMPULAN

Teruslah membalik halaman-halaman buku yang luar biasa ini. Bacalah dengan pikiran yang terbuka dan hati yang lapang. Kitab ini berisi kebenaran yang murni tentang Allah, tentang kehidupan, sifat dasar manusia dan hati kita sebagai manusia. Injil Yohanes adalah tempat yang baik untuk memulai, tetapi bacalah seluruhnya — Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Anda akan takjub dengan apa yang Anda temukan tentang Allah, dan tentang diri Anda sendiri.

Jika Allah ini benar-benar hakim Anda, yang suatu hari nanti akan mempertanggungjawabkan hidup Anda, maka sebaiknya Anda menyadari siapa Dia dan hal sederhana yang Dia minta dari kita sebelum waktu yang penting itu tiba. Pada intinya, buku ini akan membantu Anda untuk menghadapi peristiwa yang telah ditetapkan untuk kita semua. Berhati-hatilah: Anda tidak akan sama lagi setelah membaca buku ini.

(t/Jing-jing)

Diambil dari:
Nama situs : The Pocket Testament League
Alamat artikel : https://members.ptl.org/alive/whyscripture.php
Judul asli artikel : FIVE REASONS WHY THE BIBLE IS THE MOST IMPORTANT BOOK ON EARTH
Penulis artikel : Dan Buttafuoco