Skip to main content
Submitted by admin on Thu, 03/29/2018 - 16:10
PA21 — Edisi 13 | Maret 2018
 
PA21 Alkitab & PA
Abad ke-21
Edisi 13 | Maret 2018
Kegiatan #Ayo_PA! :: Gerakan #Ayo_PA! untuk Persekutuan Alumni PERKANTAS Solo Alkitab Project Indonesia :: Video: Lukas 24 PA Bersama di YLSA :: Testimoni Staf SABDA tentang PA: Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah AlkiPEDIA / AlkiMedia :: Lukas 24: Kebangkitan Kristus Alkitab + Science :: Kubur Yesus Kristus Dibuka untuk Pertama Kalinya dalam 500 Tahun untuk Menyingkapkan Penemuan yang Ajaib di Dalamnya Artikel untuk PA21 :: Sepuluh Alasan untuk Menerima Kebangkitan Yesus sebagai Fakta Sejarah Berita PA21 :: Roadshow #Ayo_PA! April 2018 // Unduh Software SABDA 5.0

EDITORIAL

Salam kasih,

Kematian dan kebangkitan Yesus Kristus menggenapi nubuatan-nubuatan tentang sang Juru Selamat yang telah disampaikan oleh para nabi dalam Perjanjian Lama. Keselamatan dari Allah membuat kita dapat menikmati semua keistimewaan sebagai anak-anak Allah, termasuk keistimewaan untuk membaca, mendengar, dan melakukan firman Allah. Dengan demikian, kita dapat terus bertumbuh secara rohani untuk mengenal Kristus dan menjadi murid-murid-Nya yang sejati. Pertumbuhan rohani adalah salah satu alasan mengapa orang percaya harus melakukan pendalaman Alkitab. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh tim #Ayo_PA! dalam persekutuan alumni PERKANTAS Solo. Silakan Anda menyimak laporannya dalam kolom Kegiatan #Ayo_PA!.

Sehubungan dengan peringatan Paskah, dalam edisi ini, tim redaksi menyajikan berbagai bahan yang dapat menolong kita untuk semakin menghayati makna kematian dan kebangkitan Kristus. Kami berharap, setiap sajian menjadi berkat bagi Anda. Akhir kata, tim Redaksi PA21 mengucapkan, "Selamat Paskah 2018. Kiranya kita semakin mengasihi Tuhan dan firman-Nya hari lepas hari." Tuhan Yesus memberkati!

In Christ,

Davida

Staf Redaksi PA21,
Davida

KEGIATAN #AYO_PA!

GERAKAN #AYO_PA! UNTUK PERSEKUTUAN ALUMNI PERKANTAS SOLO

Pada Minggu, 4 Maret 2018, Ibu Yulia Oeniyati mendapat kesempatan untuk mengisi acara pada persekutuan Alumni PERKANTAS Solo, yang dihadiri oleh lebih dari 30 peserta. Sesuai dengan tema yang diberikan, yaitu Petrus, ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan gerakan #Ayo_PA! dengan melakukan studi tokoh Alkitab Petrus. Sebelum melakukan PA, Ibu Yulia terlebih dahulu menyampaikan tentang pentingnya PA dalam kehidupan para alumni PERKANTAS dan tutorial untuk menggunakan aplikasi-aplikasi Alkitab SABDA dalam melakukan PA.

Gambar: Gerakan #Ayo_PA! untuk persekutuan alumni PERKANTAS Solo

Sebagian besar peserta mendapatkan pengalaman baru ketika melakukan PA ala #Ayo_PA! ini dan peserta menjadi lebih antusias. Sebagai praktiknya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (masing-masing terdiri dari 4 orang), dan dalam kelompok tersebut, mereka melakukan PA serta berdiskusi sesuai dengan ayat-ayat yang diberikan untuk masing-masing kelompok. Untuk mengetahui hasil PA-nya, masing-masing kelompok mempresentasikannya kepada semua peserta. Meskipun terkendala oleh waktu yang sangat singkat dan belum semua peserta terbiasa melakukan PA dengan alat-alat biblika yang telah tersedia dalam gawainya, proses PA dapat berlangsung dengan baik. Kiranya dengan bekal alat dan pengalaman ber-PA ini, para alumni PERKANTAS di Solo semakin terdorong untuk setia belajar firman Tuhan sehingga mereka terus bertumbuh dalam Tuhan. Puji Tuhan!?

Mohon dukungan doa dari Pembaca PA21 untuk pelayanan tim #Ayo_PA! pada April 2018 yang cukup padat. Kiranya Tuhan Yesus menolong kami untuk mempersiapkan diri dan hati supaya pelayanan kami diberkati Tuhan dan menghasilkan buah. Sampai jumpa dalam laporan pelayanan kegiatan #Ayo_PA! selanjutnya.


API -- ALKITAB PROJECT INDONESIA

VIDEO: LUKAS 24

Setelah mengenal siapa Yesus dan masa-masa akhir pelayanan-Nya pada edisi lalu (dari dua video Markus dan Lukas 19-23), kali ini kita akan beranjak untuk mencermati sosok Yesus dalam tubuh kebangkitan-Nya. Video dari The Bible Project berjudul Lukas 24 akan mengantar kita melihat sosok Yesus yang telah bangkit dari antara orang mati. Pada bagian awal video ini, kita akan mendapatkan gambaran sekilas tentang kehidupan Yesus dari pasal-pasal sebelumnya, yang kemudian akan mengantarkan kita memasuki bagian puncak, yakni peristiwa kematian dan kebangkitan-Nya. Inilah bagian akhir sekaligus inti dari kabar sukacita dalam Injil.

Seperti video-video lain yang dibuat oleh The Bible Project, video ini tidak hanya menceritakan ulang kisah Alkitab, tetapi juga mengajarkan pesan-pesan teologis yang terkandung di balik setiap teks Kitab Suci. Sebagai contoh, video ini menjelaskan mengapa dua orang murid dalam perjalanan ke Emaus tidak dapat mengenali Yesus yang bercakap-cakap dengan mereka. Selain itu, dijelaskan juga pesan-pesan utama Yesus dalam pengajaran-Nya yang sering kali berlawanan dengan pola pikir dunia. Pengertian raja dalam konsep ilahi pun tidak sama dengan gambaran duniawi, demikian pula bentuk pemerintahan-Nya. Bukan hanya itu, terangkatnya Yesus ke langit ternyata juga memiliki makna tersendiri. Apakah itu? Semuanya akan diterangkan dalam video Lukas pasal 24. Silakan mengeklik tautan berikut untuk membukanya.

Video: Lukas 24

Video ini sangat direkomendasikan untuk melengkapi bacaan Alkitab Anda tentang kebangkitan Kristus. Besar harapan kami, konten yang disajikan tidak hanya mengantar kita melihat kembali peristiwa kebangkitan Yesus, tetapi juga mentransformasi cara pandang kita tentang Tuhan dan kehidupan. Selamat menyaksikan.


PA BERSAMA DI YLSA

TESTIMONI STAF SABDA TENTANG PA: DITETAPKAN UNTUK MENGHASILKAN BUAH

Oleh: N. Risanti

Apa definisi dari menjadi murid Kristus? Pertanyaan ini seharusnya menjadi pergumulan yang dibarengi dengan usaha serius kita yang mengaku sebagai pengikut Kristus. Mengetahui keberadaan Kristus berbeda dengan mengenal Kristus, dan tentu berbeda pula dengan menjadi murid Kristus. Ada begitu banyak usaha, harga, serta risiko untuk menjadi murid-Nya, yang berarti tidak hanya sekadar mengagumi dan mengakui kebenaran ajaran-Nya. Dunia tidak membutuhkan orang-orang yang bermoral dan berbuat baik semata, tetapi juga orang-orang yang memiliki pengenalan akan Kristus sebagai Juru Selamat dan kehidupan yang mengarah pada-Nya. Dengan tujuan untuk semakin menggumuli kehidupan sebagai murid, staf YLSA melakukan PA dengan bahan dari buku berjudul sama seperti judul blog di atas karya Michael Densmoor.

Gambar: Buku Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah

Sejak Januari 2018, melalui satu renungan yang didasari dengan satu ayat serta satu bagian bacaan, kami melakukan PA kelompok setiap hari. Meski masing-masing dari kami tidak memiliki bukunya, tetapi berkat kemudahan teknologi, setiap staf dapat mendapatkan bahan PA setiap hari melalui grup yang menggunakan aplikasi Telegram. Berkenaan dengan pengerjaan AYT, alokasi waktu untuk melakukan PA dengan bahan ini adalah kurang dari satu jam. Dengan keterbatasan tersebut, waktu untuk mempelajari firman Tuhan secara lebih mendalam tentu tidak bisa dilakukan. Kami hanya bisa mendiskusikan secara singkat apa yang kami dapat dari firman dan teks renungan, kemudian diskusi ditutup dengan doa. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan mengingat bahan dari buku ini sangat kaya untuk dikupas dan dibahas isinya secara lebih mendalam, terlebih karena topik pemuridan adalah topik yang sangat jarang kami dapat dari gereja. Sebagai catatan, karena materi dari renungan ini adalah materi yang cukup berat dan memerlukan waktu untuk bisa mengendap, maka ber-PA dengan bahan ini mungkin akan lebih baik dilakukan oleh orang-orang Kristen yang sudah cukup dewasa iman dan pemahamannya.

Secara pribadi, banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan melalui PA dengan bahan renungan Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah ini. Pertama, tentu saja saya diajar tentang bagaimana hidup sebagai murid agar dapat menjadi murid yang memuridkan. Kedua, ber-PA dengan menggunakan bahan ini mengajarkan banyak hal kepada saya mengenai kerendahan hati. Tanpa kerendahan hati, saya tidak akan mampu untuk mengenal, melayani, dan melakukan apa yang Tuhan kehendaki. Tanpa kerendahan hati, saya hanya akan hidup bagi diri dan tujuan-tujuan saya sendiri. Karena itu, untuk menjadi murid, saya harus selalu belajar untuk menundukkan diri dan mengikuti Dia setiap hari. Selamat ber-PA dan menjadi murid. Tuhan Yesus memberkati.


ALKIPEDIA / ALKIMEDIA

LUKAS 24: KEBANGKITAN KRISTUS

I. Dari AlkiPEDIA

Esensi Pasal:Kebangkitan Kristus. Pelayanan Kristus yang bangkit. Amanat-Nya untuk penginjilan. Kenaikan.

Ringkasan Pasal:

24:1 == Kebangkitan Kristus dinyatakan oleh dua malaikat kepada para wanita yang datang ke kubur-Nya.
24:9 == Hal ini disampaikan kepada murid yang lain.
24:13 == Kristus menampakkan Diri kepada dua murid yang pergi menuju Emaus;
24:36 == setelah itu, Dia muncul di tengah-tengah para murid-Nya dan menegur ketidakpercayaan mereka;
24:47 == memberi mereka tugas;
24:49 == menjanjikan Roh Kudus;
24:50 == kemudian naik ke surga.

Nama dan Tempat:
Allah, Anak Manusia, Tuhan, Yesus, Bait Allah, Kitab Suci, malaikat, Israel, Maria Magdalena, Yohana, Maria ibu Yakobus, Petrus, murid-murid, Betania, Emaus, Galilea, Kleopas, Magdala, Maria, Musa, Nazaret, Petrus, Simon, Taurat, Yakobus, Yerusalem.

Rangkuman Pasal: Yesus yang menderita segalanya dalam menggenapi tuntutan ilahi juga keluar dari kuasa kematian untuk menggenapi Kitab Suci yang sama. Dengan demikian, Dia diperlihatkan sebagai Anak Allah dengan kuasa, yang otoritas-Nya tidak pernah diragukan. Mereka yang mengetahui kuasa-Nya atas kematian dan kebangkitan pasti pergi dan memberitakan kepada dunia yang berdosa bahwa suatu tindakan penebusan telah melewati persetujuan kerajaan, yaitu semua yang percaya akan mendapatkan keuntungan darinya.

Fakta: ay. 49. Mereka yang harus menyatakan Injil supernatural ini perlu diberi hak dengan kuasa dari atas. Gereja Kristus tidak akan pernah bisa didirikan oleh kekuatan manusia, dan tidak akan dapat menyampaikan pesan dengan berhasil baik tanpa pembaptisan Roh Kudus yang sama. Sama seperti murid-murid tinggal sampai Pentakosta, demikianlah tidak ada usaha apa pun pada hari ini untuk menjadi duta besar sampai mereka menerima kuasa dari atas.

Storyboard:

Storyboard: Lukas 24

Selengkapnya: AlkiPEDIA Lukas 24

Aplikasi AlkiPEDIA

II. Dari AlkiMedia

Audio Lukas 24:

Video Lukas 24:

Video: Lukas 24

Infografis Lukas:

Infografis: Lukas 24

Selengkapnya: AlkiMedia Lukas 24

ALKITAB + SCIENCE

KUBUR YESUS KRISTUS DIBUKA UNTUK PERTAMA KALINYA DALAM 500 TAHUN UNTUK MENYINGKAPKAN PENEMUAN YANG AJAIB DI DALAMNYA

Selama berabad-abad, terjadi perdebatan yang berkecamuk tentang apakah Gereja Holy Sepulchre di Yerusalem benar-benar merupakan lokasi dari keajaiban yang paling terkenal itu. Tempat suci itu diyakini sebagai tempat terletaknya kubur tempat tubuh Yesus dibaringkan selama tiga hari setelah penyaliban-Nya. Kubur itu ditutup dengan batu marmer sejak setidaknya tahun 1555 -- dan mungkin beberapa abad lebih lama -- untuk melindunginya dari para peziarah yang terus mencuri bongkahan sebagai barang peninggalan suci/keramat.

Gambar: Kubur Yesus

Akan tetapi, setelah berabad-abad kemudian, gereja tersebut hancur dan dibangun kembali sebanyak beberapa kali sehingga sering terdapat keraguan mengenai apa yang terdapat di dalamnya. Sekarang, batu marmer penutup kubur itu dibuka untuk pertama kalinya selama 5 abad -- menyingkapkan penemuan yang ajaib. Setelah tidak terlihat selama setengah milenium, di situ didapati tempat pembaringan batu kapur tempat tubuh Kristus diperkirakan diletakkan. Para peneliti juga menemukan lempeng batu marmer abu-abu kedua yang tidak pernah diketahui ada di situ, yang padanya terdapat ukiran sebuah salib yang mereka yakini diukir pada abad ke-12 oleh orang-orang yang ikut dalam Perang Salib.

Selengkapnya: Kubur Yesus Kristus ...

ARTIKEL UNTUK PA21

SEPULUH ALASAN UNTUK MENERIMA KEBANGKITAN YESUS SEBAGAI FAKTA SEJARAH

Ketika saya meninggalkan pelayanan karena keraguan saya, salah satu faktor yang mendorong adalah mengenai keaslian dari teks Perjanjian Baru dan kebangkitan Yesus. Orang-orang dari Seminar Yesus membuat saya memiliki pemikiran lain tentang apakah saya bisa memercayai apa yang Perjanjian Baru katakan dan apakah saya bisa menerima secara harfiah kebangkitan tubuh Yesus dari Nazaret. Pada Juli 2005, hidup saya berubah. Saya masuk ke toko buku Kristen Lifeway di Winston-Salem, North Carolina dan membaca tiga buku yang mengubah hidup saya lebih dari buku apa pun, selain Alkitab. Saya menemukan buku The Case for Christ oleh Lee Strobel, The New Evidence that Demands a Verdict dan A Ready Defense oleh Josh McDowell. Saya menemukan banyak alasan untuk menerima kebangkitan Yesus dari Nazaret sebagai fakta sejarah.

Gambar: Salib dan Mahkota Duri

Selama bertahun-tahun, bukti keaslian sejarah dari kebangkitan Yesus semakin bertambah. Artikel ini akan menyajikan sepuluh argumen yang paling menarik mengenai kebangkitan Yesus dari Nazaret. Daftar argumen ini tidak akan dibahas secara mendalam, dan cara saya menyampaikan setiap argumen akan sangat singkat. Namun, saya harap daftar ini bisa memberikan titik awal bagi Anda dalam mempertimbangkan keaslian dari kebangkitan Yesus.

  1. Saksi-Saksi Mata Pertama Adalah Para Perempuan [...]
  2. Fakta Minimal Mengenai Kebangkitan [...]
  3. Transformasi Para Murid Mula-Mula [...]
  4. Bukti yang Memalukan Mengenai Kebangkitan [...]
  5. Bersedia Mati untuk Apa yang Diketahui [...]
  6. Bukti Dokumenter [...]
  7. Bukti Tidak Langsung [...]
  8. Ketiadaan Motif [...]
  9. Pembuktian Musuh atas Peristiwa Kebangkitan [...]
  10. Banyak Saksi Setelah Kebangkitan [...]
Selengkapnya: Sepuluh Alasan ...

BERITA PA21
  • Pada April 2018, tim #Ayo_PA! akan memberikan pelatihan PA dengan menggunakan HP di Yogyakarta, Solo, dan Sukoharjo. Ada tujuh pertemuan yang sudah terjadwal. Mohon dukungan doa dari Pembaca PA21.
  • Software SABDA versi 5.0 dapat diunduh dalam situs SABDA.Net. Dapatkan kemudahan belajar Alkitab secara luring melalui PC Anda dengan mengunduh Software SABDA Versi 5.0.
  • Bergabunglah dalam grup Facebook Anda Punya Waktu untuk membaca dan mendengarkan Alkitab Perjanjian Baru, dari Matius sampai Wahyu, selama 90 hari.
 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi PA21.
Redaksi: Aji, Davida, dan Yulia.
Kontak |  Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2018 -- Yayasan Lembaga SABDA
 
Tanggal Edisi

Mulai PA Online sekarang!

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.

Kegiatan #Ayo_PA!